Wednesday, August 8, 2012

Komodo vs Birokrat

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
       Pada sebuah konperensi internasional yang membahas tentang kerjasama antar birokrat sedunia di Swiss baru-baru ini, ada sesi pemaparan tentang lambang fauna kebanggaan tiap masing-masing negara peserta. Setiap delegasi harus bisa mendiskripsikan sifat-sifat hewan tersebut sebagai gambaran kinerja para birokrat di negaranya masing2. Pas saat itu giliran utusan dari Rusia.

       Utusan Rusia;" Anda semua sudah tahu kalau negeri kami terkenal sebagai negeri Beruang Merah. Beruang Merah sangat kuat, agresif dan lincah. Hal ini menggambarkan sistem birokrasi kami yang jemput bola, menangani segala permasalahan dengan lincah dan mampu mengawal reformasi negeri kami dengan baik. So...kami dapat segera bangkit dari keterpurukan setelah era Glasnot dan Perestroika!".
Seluruh hadirin pun bangkit untuk memberikan standing applause.

       Berikutnya tampak utusan dari China maju ke depan.
Utusan China;" Terimakasih....kami bangsa China sangat bangga dengan binatang Panda raksasa. Kebesaran panda itu menggambarankan hegemony negeri kami. Warnanya yang tegas hitam-putih menggambarkan bahwa tiap birokrat harus selalu memperhatikan perjanjian2 hitam diatas putih yg telah dibuat sebelum mengeluarkan kebijakan2. Makanan Panda yang hanya berupa pohon bambu mencerminkan kesederhanaan para pemimpin birokrat kami...bahkan bila ada birokrat yang korup maka kami tak segan-segan untuk menghukum mati!."
Standing applause pun bergemuruh mengiringi utusan China yang meninggalkan mimbar pidato dan kembali ke kursinya semula.

       Tiba giliran delegasi Arab;" Seperti yang telah kalian tahu tentang binatang Unta, ia mampu berjalan jauh menembus keringnya gurun karena menyimpan cadangan air dalam punuk (punggungnya). Demikian gambaran birokrat kami dalam mengelola sumber daya alam terutama minyak agar pemanfaatannya bisa lebih efisien dan lama sampai ke anak cucu kami." kata delegasi Arab lumayan singkat.

"Berikutnya utusan Indonesia!"; teriak salah seorang panelis yang duduk di meja depan menghadap para peserta konperensi.

       Rupanya utusan dari Indonesia terlambat datang dan barusan masuk ruangan konperensi ketika dia dipanggil para panelis. Dengan tergesa-gesa tanpa persiapan dan belum begitu menguasai situasi agenda sidang hari ini dan tanpa duduk di tempat yg telah disediakan, ia pun langsung meloncat ke mimbar dengan penuh semangat.
Utusan Indonesia;" Well...seperti yang telah banyak diketahui...dengan bangga kami persembahkan Komodo sebagai new 7 wonders. Mungkin diantara hadirin belum banyak yang tahu seperti apa gambaran binatang ini. Okey..hewan ini memang sangat eksotik, ia selalu menjilat kesana-kemari dengan menjulurkan lidahnya yang panjang. Kepalanya kecil yang tentu saja kapasitas otaknya juga kecil, namun memiliki mulut yang sangat lebar!. Ia mampu memakan mangsanya yang ukurannya lebih besar sehingga perutnya gendut sampai menyentuh tanah. Komodo-komodo ini biasanya bergerak sangat lamban kecuali anda memasang umpan untuknya, maka ia kan mampu bergerak cepat sekali. Mereka akan berebut umpan dan dengan cakar-cakarnya yang kuat, mereka akan menepis dan menyikut komodo2 lain yang ada di sampingnya."
Hampir seluruh hadirin terdiam dan delegasi Indonesia itupun makin bersemangat mengira keheningan ruangan itu karena seluruh peserta antusias mendengarkan pemaparannya.
"Well..", delegasi itupun melanjutkan pidatonya;"...salah satu tabiat unik dari binatang ini yang jarang dimiliki binatang lain adalah, bila ia berhasil menggigit calon mangsanya yang masih hidup, ia tidak serta merta langsung melahapnya. Ia akan biarkan mangsa itu selama beberapa hari hingga mati teracuni karena air ludah Komodo banyak mengandung bakteri yang mampu membusukkan daging dari mangsa yang telah ia gigit. Ya...lebih serunya lagi...binatang ini lebih suka melahap mangsa yang sudah membusuk daripada yang masih segar...he he he....aneh kan?".

Delegasi Indonesia itupun hendak melanjutkan kata2nya sebelum Ketua Sidang yang mulai gelisah menyela-nya, "Saya kira cukup Tuan....sekarang silahkan Anda gambarkan sifat2 yang mana saja dari binatang itu yang akan diambil untuk menggambarkan birokrasi di negri Tuan?"
Delegasi Indonesia;"????????????????????????????."

Photos by: Dr. Kal Muller
best regards,



Anekdot ini saya buat sebagai bentuk keprihatinan saya pada sistem birokrasi yang tidak lebih baik dari orde-orde sebelumnya meskipun negara telah menaikkan gaji dan memberikan renumerasi, tapi sifat dan kelakuannya malah lebih buruk dibanding masa lalu. Kata kuncinya adalah 'keserakahan'-Heru Notodirjo.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.