Kamis, 24 Oktober 2013

Bahaya Gizi Buruk Saat Hamil

Hal yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan adalah asupan gizi. Asupan gizi yang baik akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan juga perkembangan janin. Hal ini tidak boleh disepelekan, mengingat banyak kejadian yang mengalami gizi buruk saat hamil ketika melahirkan mengalami keguguran. Peristiwa tersebut merupakan salah satu yang mungkin terjadi bagi ibu hami yang mengalami gizi buruk.


Terpenuhinya gizi saat hamil bukan hanya sekedar untuk menjaga kesehatan fisik saja, melainkan juga berpengaruh pada kesehatan janin, persiapan melahirkan, pemulihan setelah melahirkan, sampai persiapan menyusui. Gizi baik dan seimbang pada ibu hamil akan terhindar dari berbagai resiko yang sering terjadi selama masa kehamilan sampai persalinan.

Dampak Gizi Buruk 

Mengalami gizi buruk saat hamil akan menimbulkan berbagai resiko pada janin, kehamilan dan saat melahirkan. Resiko yang ditimbulkan pada janin, akan mengalami keguguran, berat badan rendah, cacat, anemia pada bayi, bahkan dapat menyebabkan bayi mati. Selain itu pula, pada saat persalinan atau melahirkan resiko yang ditimbulkan akan mengalami pendarahan, dan kelahiran prematur. Bahkan ibu hamil akan terasa sulit melahirkan normal karena keadaannya sangat lemah dan kurang tenaga ketika melahirkan.

Tanda-Tanda Gizi Buruk Pada Ibu Hamil

Keadaan ibu hamil yang mengalami gizi buruk, itu dapat dilihat dengan kondisi berat badan. Apabila berat badan tidak mengalami penambahan selama masa kehamilan, maka pertanda kalau ibu hamil kekurangan gizi.

Biasanya kenaikan berat badan bagi ibu hamil pada trimester pertama normalnya 1-2 kilogram atau sekitar 350-400 gram per minggu. Sementara pada trimester kedua dan ketiga, kenaikan berat badan bertambah sekitar 0,34-0,50 kilogram, silahkan anda baca tips hamil sehat untuk ibu kurus dan gemuk.

Gizi buruk saat hamil juga berpengaruh dengan kurangnya nafsu makan, apabila kejadian ini terus berlanjut maka akan mengakibatkan pendarahan. Selain itu, gizi buruk saat hamil akan berakibat kondisi badan terasa lemah dan loyo serta kepala akan terasa pusing.

Memperhatikan gizi selama kehamilan hingga melahirkan perlu anda lakukan sejak dini -silahkan baca gizi ibu hamil yang diperlukan- agar terhindar dari bahaya dan resiko yang terjadi pada janin dan juga ibu hamil.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.