Senin, 30 Desember 2013

MEMBANTU MENAFSIRKAN MAKNA CIAMSIE

MEMBANTU MENAFSIRKAN MAKNA CIAMSIE

Ivan Taniputera
30 Desember 2013

Seorang teman meminta saya membantu menafsirkan ciamsie yang diperolehnya sebagai berikut:



Saya menafsirkan makna ciamsie tersebut sebagai berikut.

1.Tamu datang bawak keuntungan besar (tamu datang membawa keuntungan besar).

Secara harafiah ini berarti bahwa akan datang tamu (客, ke) atau seseorang yang mendatangkan keuntungan bagi Anda. Tamu ini mungkin saja tidak terduga, sehingga dapat pula diartikan bahwa Anda akan memperoleh suatu keuntungan yang tidak terduga. Kemungkinan Anda telah memendam suatu keinginan semenjak lama dan inilah saatnya mendapatkan apa yang Anda dambakan tersebut tanpa diduga sebelumnya. Kendati demikian, agar seorang tamu dapat masuk ke rumah Anda, tentunya Anda harus membuka pintu rumah. Apabila pintu rumah dalam keadaan tertutup, maka tamu tersebut tidak dapat masuk ke rumah Anda. Dengan demikian, bait ini menyarankan agar Anda senantiasa membuka diri dan senantiasa bersiap dalam menerima tamu tersebut. Jangan menutup diri atau bersikap membangun pagar di sekeliling diri Anda, namun harus tetap waspada.

2.Orang djangan kaget djaga baik tidak ada kuatiran.

Ini menandakan bahwa Anda tidak perlu terkejut dalam menghadapi sesuatu yang tidak diduga tersebut. Tentu saja itu merupakan hal baik, sebagaimana disebutkan dalam bait pertama. Tidak ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

3.Seperti di dunia mesti madju mundurnja.

Maju dan mundur adalah prinsip keseimbangan di muka bumi ini. Anda harus mengetahui kapan maju dan kapan mundur. Meskipun kondisi sedang baik, tetapi Anda harus mengetahui saat dan situasi yang tepat. Kendati seorang jenderal sedang berada di puncak keberuntungannya, jika ia maju terus dan tidak tahu kapan waktunya mundur, maka kekalahan sudah di ambang pintu. Artinya dalam pekerjaan tidak boleh gegabah. Pindah tempat kediaman atau ke luar kota juga tidak boleh gegabah. Harus diteliti terlebih dahulu baik dan buruknya. Jika Anda menanyakan pindah tempat kediaman atau pindah ke luar kota, maka ini belum menandakan adanya lampu hijau. Anda masih harus menelaah dan mempertimbangkan kembali rencana tersebut.

4.Rembulan keluar terang sudah hari wadjahnya.

Rembulan memancarkan sinarnya yang paling terang saat purnama, yakni hanya tanggal 15 menurut penanggalan candrasengkala. Jika belum waktunya rembulan tidak akan purnama. Kini waktunya telah tiba, sehingga ini menandakan sesuatu yang baik. Apabila menanyakan mengenai perjodohan, maka hal tersebut mulai terbuka. Hanya saja agar dapat menikmati sinar bulan purnama, Anda tidak bisa berdiam diri saja. Anda harus ke luar rumah agar dapat menikmati sinar bulan purnama.


Untuk artikel-artikel menarik lainnya silakan bergabung dengan https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.