Kamis, 20 Maret 2014

CANDI RAMBUT MONTE

Oleh: Ferry Riyandika

Candi Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. bahan candi terbuat dari batu Andesit. Ukuran candi ini, panjang 375 cm, lebar 290 cm. Candi Rambut Monte telah runtuh. Bangunan yang ada sekarang merupakan susunan baru. Susunan aslinya diperkirakan hanya 4-5 lapis batu bagian bawah. Pada sisi barat terdapat sisa-sisa tangga naik, sehingga diperkirakan candi ini menghadap ke barat.


Di samping candi terdapat umpak, batu candi, kepala kala, kepala naga yang bermahkota, sebuah tugu yang mirip lingga berlandaskan bunga padma, tiga buah bunga padma, relief bunga teratai (Padmasana).Umpak berbentuk segi empat, ukuran terbesar adalah 50 cm x 50 cm bagian bawah, 40 cm x 40 cm bagian tengah, 30 cm x 30 cm bagian atas , dan tingginya 35 cm. Umpak yang paling kecil berukuran 32cm x 32 cm bagian bawah, 28 cm x 28 cm bagian tengah, 24 cm x 24 cm bagian atas , dan tingginya 35 cm.


Pada bagian samping utara depan candi terdapat dua batu candi yang berdempetan. Pada balok batu yang sebelah utara memiliki ukuran panjang 84 cm, lebar 37 cm, dan tinggi 20 cm. Pada batu kedua berukuran panjang 64 cm, 42 cm, dan tinggi 20 cm.


Di sebelah utara candi terdapat delapan buah umpak dan satu buah lumpang terbalik. Di belakang candi yang berada di sebelah timur terdapat satu buah umpak dan batu candi yang berukuran panjang 22 cm, lebar 18 cm, dan tingginya 20 cm.


Di sebelah selatan terdapat tiga belas umpak dan delapan batu candi yang ukurannya sama dengan ukuran batu candi di bagian samping utara depan candi yang paling utara. Di dinding depan atau sebelah barat candi terdapat batu yang berelief kepala naga yang bermahkota berlatar belakang tumbuhan yang distilir. Dibawahnya terdapat kepla kala dengan tangannya diletakkan dibawah kepalanya yang kemungkinan memegang suatu benda dengan latar belakang tumbuhan yang distilir, kepala kala ini sangat menarik karena sangat jarang terdapat model kepala kala seperti ini di bangunan candi lainnya. Di bawah kepala Kala terdapat tugu batu atau lingga bahkan kemungkinan ini adalah sebuah stamba yang tinggal setengah kebawah. Tugu batu ini berlandaskan bunga Padma (teratai) dan terdapat sabuk dengan hiasan ditengahnya seperti hiasan tumbuhan yang menjalar kebawah.


di Candi ini terdapat sebuah relief lepas yang menggambarkan seorang yang duduk bersila (Danardhana, 1997: 25). namun sekarang keberadaan relief tidak dapat dijumpai lagi. Kemungkinan berada di tumpukan candi tersebut. mengingat candi tersebut ditata ulang kembali. Diatas dinding candi terdapat 3 buah bunga Padma yang dipahatkan disebuah batu andesit. Di dinding utara candi di pojok barat terdapat ornament bunga Padma.


Di sebelah utara candi terdapat sumber mata air yang sangat besar yang didalamnya terdapat ikan yang sangat besar, orang setempat menyebutkan ikan tersebut dengan nama Rambut Monte karena sisiknya mirip dengan rambut kriting (rambut Buddha), namun menurut juru kuncinya bahwa nama ikan tersebut adalah ikan Sengkaling. Disekitar area situs Candi Rambut Monte banyak ditemukan potongan-potongan batu candi yang bertebaran.


Denah Candi Rambut Monte

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.