Senin, 02 Februari 2015

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Dan Cara Mengobatinya

Apa itu kelenjar getah bening ? pengertian kelenjar getah bening adalah bagian yang terpenting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar getah bening membantu tubuh Anda mengenali dan melawan kuman, infeksi, dan zat-zat asing lainnya.

Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi sebagai akibat dari paparan bakteri atau virus. Ketika kelenjar getah bening bengkak yang disebabkan oleh infeksi, ini dikenal sebagai limfadenitis. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat terjadi karena kanker.

Fungsi kelenjar getah bening Anda memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk melawan virus, bakteri dan penyebab lain dari penyakit. Lokasi kelenjar getah bening bengkak yang umum pada beberapa tempat di tubuh Anda, yaitu pembengkakan kelenjar getah bening di leher Anda, pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak Anda, di bawah dagu Anda, juga di pangkal paha Anda.

Pengobatan kelenjar getah bening yang bengkak tergantung pada penyebabnya.

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Dan Cara Mengobatinya


Sistem limfatik Anda terdiri dari jaringan organ, pembuluh darah dan kelenjar getah bening yang terletak di seluruh tubuh Anda. Sebagian besar kelenjar getah bening Anda berada di kepala dan di leher Anda. Kelenjar getah bening yang sering membengkak berada di area ini, serta di ketiak dan area selangkangan.

Pembengkakan kelenjar getah bening adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah di suatu tempat di tubuh Anda. Ketika gejala getah bening Anda membengkak pada awalnya, Anda mungkin dapat melihat dan merasakan, ciri ciri penyakit kelenjar getah bening pada awal pembengkakan yaitu:
  • Lembut dan menyakitkan.
  • Benjolan kelenjar getah bening yang mungkin seukuran kacang polong atau kacang tanah, atau bahkan lebih besar.

Tergantung pada penyebab kelenjar getah bening Anda bengkak dan gejala penyakit kelenjar getah bening Anda, tanda-tanda dan gejala lain yang mungkin Anda alami antara lain:
  • Pilek, sakit tenggorokan, demam dan indikasi lain dari infeksi saluran pernapasan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening umumnya dapat terjadi di seluruh tubuh Anda - yang dapat menunjukan infeksi, seperti gejala HIV atau mononukleosis, atau gangguan kekebalan tubuh, seperti lupus atau rheumatoid arthritis
  • Tungkai bengkak, mungkin menunjukkan penyumbatan sistem getah bening yang disebabkan oleh pembengkakan di kelenjar getah bening terlalu jauh di bawah kulit Anda
  • Mengeras dan pembengkakan berkembang cepat, menunjukkan kemungkinan tumbuhnya tumor kelenjar getah bening
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari

Beberapa pembesaran kelenjar getah bening dapat kembali normal ketika kondisi yang mendasarinya, seperti infeksi kecil. Namun, temui dokter umum kelenjar getah bening Anda jika Anda khawatir atau jika pembengkakan kelenjar getah bening Anda sebagai berikut :
  • Telah muncul tanpa sebab yang jelas
  • Terus membesar atau telah muncul selama dua sampai empat minggu
  • Terasa keras atau kenyal, atau terasa sakit saat Anda menekannya
  • Disertai demam terus-menerus, berkeringat di malam hari atau penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya
  • Disertai dengan sakit tenggorokan atau kesulitan menelan dan bernafas

Definisi kelenjar getah bening

Benjolan kelenjar getah bening yang bentuknya kecil, bulat atau seperti kacang, merupakan sekelompok sel yang tertutup seperti oleh sebuah kapsul jaringan ikat. Sel-sel ini adalah kombinasi dari limfosit - yang menghasilkan partikel protein yang menangkap virus dan makrofag, yang memecah materi yang diambil. Limfosit dan makrofag menyaring cairan limfatik Anda karena berjalan melalui tubuh Anda dan melindungi Anda dengan menghancurkan bakteri atau virus.

Kelenjar getah bening berada dalam kelompok, dan setiap kelompok berada di area tertentu dari tubuh Anda. Anda cenderung dapat untuk melihat pembengkakan di daerah-daerah tertentu, seperti pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan Anda, di bawah dagu Anda, di ketiak dan di pangkal paha. Area dari radang kelenjar getah bening dapat membantu mengidentifikasi penyebab yang mendasari.

Penyebab penyakit kelenjar getah bening pada umumnya adalah infeksi, terutama infeksi virus, seperti flu biasa. Namun, ada jenis lain dari infeksi kelenjar getah bening, termasuk kemungkinan penyebab adalah parasit dan bakteri, dan lain-lain. Ini termasuk:

Infeksi umum
  1. Radang tenggorokan
  2. Campak
  3. Infeksi telinga
  4. Gigi yang terinfeksi (abses)
  5. Mononukleosis
  6. Infeksi kulit atau luka, seperti selulitis atau erisipelas
  7. Human immunodeficiency virus (HIV) - virus yang menyebabkan penyakit AIDS

Infeksi yang jarang
  1. Tuberkulosis
  2. Infeksi menular seksual tertentu, seperti sifilis
  3. Toksoplasmosis — infeksi parasit yang dihasilkan dari kontak dengan kotoran kucing yang terinfeksi atau makan daging kurang matang

Gangguan sistem kekebalan
  1. Lupus - infeksi penyakit kronis yang dapat menargetkan sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru
  2. Rheumatoid arthritis - infeksi penyakit kronis yang menargetkan jaringan yang melapisi sendi (sinovium)

Kanker
  1. Limfoma - kanker yang berasal dalam sistem limfatik Anda
  2. Leukemia - kanker jaringan pembentuk darah tubuh Anda, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik
  3. Kanker lain yang telah menyebar (metastasis) menjadi kanker kelenjar getah bening

Mungkin, tapi jarang Penyebab lainnya adalah obat-obat tertentu, seperti anti kejang obat fenitoin (Dilantin), dan obat-obat pencegahan malaria, bukan obat untuk penyakit kelenjar getah bening.

Jika infeksi adalah penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening dan tidak diobati, komplikasi ini mungkin terjadi:
  • Pembentukan abses. Abses adalah kumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi. Nanah berisi cairan, sel darah putih, jaringan mati dan bakteri atau penyerang lainnya. Abses mungkin memerlukan pengobatan drainase dan antibiotik. Abses dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan jika terjadi pada organ vital.
  • Infeksi aliran darah (bakteremia). Infeksi bakteri di mana saja di tubuh Anda dapat berkembang menjadi sepsis, yang disebabkan oleh infeksi berat dari aliran darah. Sepsis dapat menyebabkan kegagalan organ dan kematian. Pengobatannya dengan rawat inap dan antibiotik intravena.

Jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, Anda mungkin mulai dengan terlebih dahulu  menemui dokter. Namun, ketika Anda menelepon untuk laporan, Anda mungkin disarankan untuk mencari perawatan medis segera jika Anda mengalami gejala berat seperti kesulitan bernafas atau menelan.

Untuk mendiagnosa apa yang menyebabkan pembengkakan dan bahaya kelenjar getah bening Anda yang bermasalah, dokter Anda perlu:
  • Riwayat kesehatan Anda. Selain itu, dokter ingin tahu kapan dan bagaimana tentang kelenjar getah bening Anda berkembang dan apakah Anda mengalami tanda-tanda atau gejala lainnya.
  • Pemeriksaan kelenjar getah bening pada fisik. Dokter Anda juga akan memeriksa kelenjar getah bening di dekat permukaan kulit Anda. Letak kelenjar getah bening dan tanda-tanda lain serta gejalanya akan memberikan petunjuk penyebab yang mendasari.
  • Tes darah. Tergantung pada dokter apa yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening Anda, tes darah tertentu dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi atau mengecualikan kondisi yang dicurigai. Tes khusus akan tergantung pada penyebab yang dicurigai, tetapi kemungkinan besar akan mencakup perhitungan darah lengkap, yang membantu mengevaluasi kesehatan Anda secara keseluruhan dan mendeteksi berbagai gangguan, termasuk infeksi dan leukemia.
  • Studi pencitraan. Sebuah sinar-X atau pemeriksaan computerized tomography (CT) dari posisi kelenjar getah bening yang terkena dapat membantu menentukan potensi sumber infeksi atau menemukan tumor.
  • Biopsi kelenjar getah bening. Jika dokter Anda tidak dapat melakukan diagnosis, mungkin akan membantu untuk menghilangkan sampel dari kelenjar getah bening atau bahkan seluruh kelenjar getah bening untuk pemeriksaan mikroskopis. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan biopsi eksisi. Jenis biopsi ini juga disebut biopsi bedah yaitu menghapus sebagian atau seluruh kelenjar getah bening melalui insisi untuk analisis. Seorang ahli bedah melakukan prosedur ini saat menggunakan anestesi lokal atau umum.


Cara mengobati kelenjar getah bening yang bengkak

Pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh virus dapat kembali normal setelah resolve infeksi virus. Antibiotik tidak berguna untuk mengobati infeksi virus. Penyakit kelenjar getah bening dan pengobatannya tergantung pada penyebabnya:
  • Infeksi. Pengobatan yang paling umum untuk pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah antibiotik. Jika penyakit kelenjar getah bening Anda karena infeksi HIV, Anda akan menerima pengobatan untuk kondisi itu.
  • Gangguan kekebalan tubuh. Jika pembengkakan kelenjar getah bening Anda adalah hasil dari kondisi tertentu, seperti lupus atau rheumatoid arthritis, pengobatan diarahkan pada kondisi yang mendasarinya.
  • Kanker. Pembengkakan disebabkan oleh kanker akan memerlukan pengobatan untuk kanker. Tergantung pada jenis kanker, pengobatan untuk penyumbuhan kanker kelenjar getah bening mungkin melibatkan operasi kelenjar getah bening, radiasi atau kemoterapi.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.