Minggu, 03 Juli 2016

Deskripsi Batuan Beku Gabro


Deskripsi Megaskopis :
Warna              : Hitam
Struktur           : masif
Tekstur
Derajat Kristalisasi    : Holokristalin
Granularitas               : Fanerik
Bentuk Kristal           : Euhedral
Hubungan Antar Kristal : equigranular
Komposisi : olivine, piroksen, plagioklas

Deskripsi Komposisi :
·         Olivine berwarna kehijaunan dengan transparansi trasnparan, kilapnya kilap kaca karena kilap yang dimilikinya sama dengan kilap yang dimiliki kaca, kekerasannya 6,5 dapat digores dengan paku baja tetapi tidak dapat digores dengan kaca. Kelimpahan pada batuan berkisar sekitar 16%,
·         Piroksen berbentuk prismatic pendek dengan warna hitam dan dapat digores dengan kaca, kilapnya kilap kaca karena kilap yang dimilikinya sama dengan kilap yang  dimiliki kaca, kelimpahannya pada batuan sekitar  32%.
·         Plagioklas berwarna putih dengan kilap kaca dengan kekerasan 6 dapat digores dengan paku baja tetapi tidak dapat digores dengan kaca. Ceratnya berwarna putih  dan kelimpahannya pada batuan sekitar 40%.

Petrogenesa     :
Berdasarkan komposisi batuannya yang banyak mengandung olivine dan piroksen dapat diketahui bahwa jenis batuan ini termasuk batuan beku basa yang  berarti batuan ini terbentuk dari magma encer yang bersifat basa. Berdasarkan derajar kristalisasinya yang holokristsalin dapat diketahu bahwa batuan ini terbentuk jauh di dalam kerak bumi pada zona plutonik, batuan yang membeku pada zona ini membeku dengan sangat lambat sehingga kristal-kristalnya dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat berukuran besar-besar seperti pada peraga. Hubungan antar kristal yang equigranular menandakan bahwa pada saat prosen pembekuan magma berjalan secara sempurna tidak mengalami gangguan sehingga semua kristalnya dapat tumbuh dengan baik.
Foto Batuan :


Nama batuan  : Gabro

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.