Saturday, April 20, 2013

ANTARA JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR : JANC** vs AS*

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
  Ada yang bilang seperti ini: Jawa Timur:
- Karakter orangnya lebih keras.
- Intonasi bicara lebih keras.
- blak-blakan.
- Kata kasar otentik: J**ncuk

Jawa Tengah/DIY
- karakter orangnya lebih lembut
- intonasi bicara lebih lembut
- tidak blak-blakan (basa-basi)
- Kata kasar otentik: As* seringnya diplesetkan jadi Asem
- Jawa tengah ke barat (banyumasan) bahasanya agak berbeda, biasa disebut jawa ngapak. Mirip2 parto, cici tegal cs itulah...
- Dari segi makanan orang jawa banyumasan makanannya lebih pedas dari yang jawa tengah/DIY. Contoh makanan banyumasan: warteg
- Budaya kejawennya lebih terasa 
Emang bener gitu?Emm..menurut aku sendiri (sebagai orang jawa tengah) itu tergantung yaa...Tergantung oragnnya..Hehe..Tapi kalau soal KATA KASAR OTENTIK nya,, aku SETUJU. JANCUK memang menjadi andalan orang jawa timur dalam bidang PERMISUHAN, sebagaimana ASU dijagokan di JAWA TENGAH,,:PAgak membuat saya tersenyum juga mengenai JANCUK DAN ASU ini..Sebagai orang Jawa Tengah yang hanya mengenal ASU sebagai DIKSI dalam acara misuh yang paling TINGGI.....Pastinya selalu anggap  ASU itu sesuatu yang WOOw DAN PANTANG diucapkan...tapi apa yang terjadi dengan disini?( Malang Jawa Timur) KATA ASU itu ternyata tidak kasar dan hanya setara dengan kata GOBLOK.. Bahkan lebih kasar KIREK daripada ASU...?????????HWAKAKKAKA......Kesempatan banget, saat teman saya disini bilang kalau ASU itu biasa aja dan gak misuh dalam SKALA besar..(kesempatan buat apa?) : MISUHJujur,, setelah mengetahui bahwa ASU disini hanya dalam level rendah untuk misuh...SAYA SERING SMS TEMAN SAYA MENGGUNAKAN KATA ASU...hwakakak... ASU!!!!!!!!!!!!!!!! sirahku mumet..Teman saya yang dirumah KAGET..Sebenarnya saya juga kaget sih, kenapa sih saya gitu banget,, segitu pinginnya ngomong ASU...Tapi buru-buru saya RALAT : maaf ya sayang,,,,,,,,, kalau disini ASU itu biasa aja, seperti misalnya aku bilang kalau kamu bodoh, itu aja..Nah.. dengan perasaan penuh penyesalan aku bernafas lega...Haduhhh. Ya gini nih,,enaknya TAU KONTEKS BICARA YANG SANGAT BERAGAM.. :)Dan yang lebih lucu lagi.. Kalau dirumah, saya dan adik saya yang masih kecil itu SUKA BANGET NGOMONG JANCUK!!!Beneran,,Sebenarnya tau kalau jancuk itu SARU (kata-kata kasar untuk misuh)TAPI KAN GAK BERLAKU DIRUMAH ATAU DI DAERAH SAYA..SO..??itu gak ngefekkk tau gak.. Biasanya saya itu kalau GOJEG,,(guyonan) ma adiku selalu bilang "jancukk jancukk jancukk jancukk,,, JANCUKK kon,Jancokk kon"DENGAN GAYA JAWA TIMURAN...gIMANA> KEREN kan???HWAKAKKAKA........ Dengan adanya beda presepsi ini saya bisa menyimpulkan bahwa SESUATU DIANGGAP KASAR, MISUH, GAK BAIK, TABU SARU ATAU GAK ILOK. berdasarkan BUDAYA, DAN KEBIASAAN MASING-MASING///iya kan??? Berarti Fuck itu gak misuh banget kalau orang yang kita ajak ngobrol gak  paham apa maksudnya..dan itu gak menyakitkan kalau buat saya,,,:pSAYA JARANG MISUH DENGAN KATA-KATA permisuhan yang sesuai dengan TEMPAT DAN BUDAYANYA...itu untuk menghindari suatu GAK ILOK'an.. Kalau dirumah ya,, paling sering bilang : FUCK!!! DAMN!!!gitu2 aja, ke adikku, ke teman... Gak ngaruhh......
Karena itu siasat cari AMAN SAJA... bisa disimpulkan DALAM MISUH SAYA INI GAK LOSS BANGET LAH.. (masih malu-malu tapi mau) KALAU MEMANG GUE PEMISUH SEJATU HARUSNYA ngomong ASU kalau dirumah dan JANCUK kalau di JATIM.. Bukan dibalik.... Yah,, namanya juga lucu-lucu AN aja..Daripada pingin MISUH gak keturutan.. YA GAK sehh....... JANCUKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK.... (aku membayangkan ngomong ini dirumah:p) ASUUUUUUUUUUUUUUU......(aku ngomong ini ke temen saya LInda disini)  PUAS: )  
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.