Sunday, February 1, 2015

Penyebab Varikokel Dan Cara Mengobati Varikokel Yang Tepat

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Apa itu varikokel ? Pengertian varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di dalam skrotum, kantong kulit longgar yang menahan testikel anda. Varikokel mirip dengan varises vena yang dapat terjadi pada kaki Anda.

Umumnya penyebab varikokel adalah karena produksi sperma yang rendah dan penurunan kualitas sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas. Namun, tidak semua varikokel mempengaruhi produksi sperma. Varikokel juga dapat menyebabkan testis menyusut.

Kebanyakan varikokel berkembang dari waktu ke waktu. Untungnya, sebagian besar varikokel mudah untuk mendiagnosa dan banyak yang tidak memerlukan pengobatan. Jika varikokel menyebabkan gejala, sering dapat diatasi melalui pembedahan.

Gejala Varikokel

Varikokel sering tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala. Jarang, dapat menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit dapat :
  • Bervariasi dari ketidaknyamanan
  • Meningkat selama duduk, berdiri atau keluar tenaga fisik, terutama dalam waktu lama
  • Memburuk selama beberapa hari
  • Merasa lega ketika Anda berbaring dengan posisi telentang
Penyebab Varikokel | obat varikokel | Cara Mengobati Varikokel

Seiring waktu, varikokel bisa membesar dan menjadi lebih terlihat.

Karena penyakit varikokel biasanya tidak menimbulkan gejala, sering tidak memerlukan pengobatan. Varikokel dapat ditemukan selama evaluasi kesuburan atau pemeriksaan fisik yang rutin.

Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau bengkak di skrotum atau Anda menemukan massa pada skrotum Anda, hubungi dokter. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan massa skrotum atau sakit testis, beberapa di antaranya memerlukan perawatan.

Penyebab Varikokel

Tali spermatika membawa darah dari testis Anda. Ini tidak diketahui apakah menyebabkan varikokel, tetapi banyak ahli percaya terbentuknya varikokel ketika katup dalam pembuluh darah di tali mencegah darah mengalir dengan baik. Cadangan yang dihasilkan menyebabkan pembuluh darah melebar (membesar).

Varikokel sering terbentuk selama masa pubertas. Ciri-ciri varikokel biasanya terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis yang kiri. Namun, varikokel dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma pada kedua testis.

Tampaknya tidak menjadi faktor risiko yang signifikan dapat mengembangkan varikokel. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko.

Varikokel dapat menyebabkan:
  • Penyusutan testis yang terkena dampak (atrofi). Sebagian besar testis terdiri dari tubulus yang memproduksi sperma. Ketika rusak, seperti dari varikokel, testis menyusut. Tidak jelas apa yang menyebabkan testis mengecil, tetapi katup yang rusak memungkinkan darah dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah dan paparan racun dalam darah yang dapat menyebabkan kerusakan testis.
  • Infertilitas. Tidak jelas bagaimana varikokel mempengaruhi kesuburan. Pembuluh darah testis mendinginkan darah di arteri testis, membantu untuk mempertahankan suhu yang tepat untuk produksi sperma yang optimal. Dengan menghalangi aliran darah, varikokel dapat menjadikan suhu terlalu tinggi, yang mempengaruhi pembentukan sperma dan gerakan (motilitas).

Perawatan Dan Cara Mengobati Varikokel

Pengobatan varikokel mungkin tidak diperlukan. Namun, jika varikokel Anda menyebabkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas, Anda mungkin ingin menjalani perbaikan varikokel. Tujuan operasi varikokel adalah untuk menutup vena yang terkena dampak untuk mengarahkan aliran darah ke dalam pembuluh darah normal. Namun, efek perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas.

Meskipun varikokel biasanya berkembang pada masa remaja, itu kurang jelas apakah Anda harus menjalani pengobatan varikokel pada waktu itu. Indikasi untuk penyembuhan varikokel pada masa remaja meliputi atrofi testis progresif, sakit atau hasil analisis air mani yang abnormal.

Perbaikan varikokel terdapat relatif sedikit risiko, yang mungkin termasuk:
  • Penumpukan cairan di sekitar testis (hidrokel)
  • Kambuhnya varikokel
  • Kerusakan arteri

Metode perbaikan meliputi:

Operasi terbuka. Perawatan ini biasanya dilakukan secara rawat jalan, dengan menggunakan anestesi umum atau anestesi lokal. Biasanya, dokter bedah Anda akan mendekati vena melalui pangkal paha (transinguinal), tapi juga dimungkinkan membuat sayatan di perut atau di bawah pangkal paha.

Perbaikan varikokel telah menyebabkan pengurangan komplikasi pasca operasi varikokel. Penggunaan mikroskop bedah, yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat area perlakuan yang lebih baik selama operasi. Satu lagi adalah penggunaan USG Doppler, yang membantu memandu prosedur.

Nyeri setelah operasi ini umumnya ringan. Dokter mungkin meresepkan obat varikokel atau obat nyeri selama dua hari pertama setelah operasi. Setelah itu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan obat tradisional varikokel atau obat penghilang rasa sakit, untuk meringankan ketidaknyamanan.

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak melakukan hubungan seks selama satu sampai dua minggu. Anda harus menunggu tiga atau empat bulan setelah pembedahan untuk mendapatkan analisis air mani untuk menentukan apakah perbaikan varikokel berhasil dalam mengembalikan kesuburan Anda.

Operasi laparoskopi. Dokter bedah Anda membuat sayatan kecil di perut Anda dan memasukan alat kecil melalui sayatan untuk melihat dan memperbaiki varikokel. Prosedur ini memerlukan anestesi umum.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.