Jumat, 14 Maret 2014

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi - sering kali orang bertanya tentang cara mengatasi jika gigi mereka sedang sakit. Banyak cara dilakukan mulai dari pergi ke dokter hingga menggunakan bahan tradisional. Sakit gigi memang hal yang sangat mengganggu, oleh karena itu kita harus mengobatinya dengan segera.

http://3.bp.blogspot.com/-oDE7PhtZI7o/UdQXvaJljVI/AAAAAAAAAII/khzCE22bXQk/s300/Cara+Menyembuhkan+Sakit+Gigi.jpg

Cara Mengatasi Sakit Gigi


1. Dengan Kunyit
Tumbuhan kecil tetapi sangatlah bermanfaat bagi tubuh, yup itu adalah kunyit, kunyit mempunyai (berguna) untuk menghilangkan lumayan banyak penyakit, salah satunya yaitu untuk menghilangkan sakit gigi. 
Cara penggunaannya yaitu dengan membakar kunyit, lalu setelah itu tumbuk kunyit hingga halus dan olehkan kepada gigi yang sakit.

2. Bayam
Bayam kaya akan zat-zat bergizi, ternyata bayam juga bisa menghilangkan rasa sakit gigi secara alami nih sob, caranya:  sobat siapkan beberapa lembar daun bayam yang masih segar lalu kunyah daun tersebut.

3. Es Batu
Yuhuuu, biasanya es batu yang menyababkan sakit nyeri pada gigi, tetapi es batu dapat membuat bagian tubuh mati rasa, hal ini bermanfaat baik untuk mematikan rasa sakit pada gigi sobat. Cara pengobatan menggunakan es batu: siapkan es batu kemudian gosokkan ke bagian gigi yang sakit selama yang sobat tahan, hehehe.

4. Mentimun 
Buah mentimun selain bergunsi untuk menghilangkan seperti mata panda dan berguna untuk bagian kulit lainnya, ternyata mentimun ini juga bisa mengobati rasa sakit gigi sobat dengan alami, caranya cukup mudah yaitu sobat tinggal iri kecil2 selanjutnya masukan irisan tersebut ke gigi yang sakit.

Selain cara mengatasi di atas, ada pula menggunakan bahan yang lebih mudah ditemukan. Apa saja itu? Siimak di bawah ini

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami


1. Menggunakan Garam
Selain berfungsi sebagai penyedap masakan, garam juga berfungsi sebagai obat penyembuh sakit gigi. Caranya yaitu dengan melarutkan garam dengan air hangat, selanjutnya gunakan untuk berkumur. Perlu di ingat bahwa air tersebut jangan ditelan.
2. Menggunakan Bawang putih
Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.
3. Menggunakan Bawang Merah
Selain bawang putih, bawang merah juga sangat baik untuk mengobati sakit gigi, karena bwang merah memiliki kandungamn anti microba. Cara mengobati sakit gigi dengan mengunakan bawang merah juga sangat mudah, siapkan satu siung bawang merah lalu memarkan, letakan bawang merah tersebut di bagian gigi yang sakit, setelah selesai maka tinggal berkumur-kumur.
4. Menggunakan Sereh
Sereh (bukan sirih) dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.
5. Menggunakan Merica
Sejak dari dulu mungkin merica sudah dikenal menjadi salah satu obat tradisional untuk mengobati sakit gigi, dan ini sepertinya sudah menjadi warisan para leluhur. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan merica ini sangat mudah, yaitu cukup mencampurkan merica dengan garam. Berikan beberapa tetes air pada campuran merica dan garam tersebut hingga akhirnya terbentuk menjadi pasta. Oleskan semua campuran tersebut pada bagian gigi yang sakitb dan diamkan selama beberapa menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, cara ini bisa dilakukan setiap hari selama gigi masih sakit.
6. Menggunakan Daun Cengkeh
Cengkeh biasanya digunakan dalam baha pembuatan rokok, selain itu daun cengkeh cengkeh juga bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya : cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.
7. Menggunakan Minyak cengkih
Sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 menemukan, minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi.
Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Jika menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.
8. Menggunakan Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh memiliki kandungan zat antibakteri yang bisa mengobati sakit gigi, caranya cukup mengunyah belimbing wuluh dengan dicampur sedikit garam. Dan lebih baik gunakan gigi yang tengah sakit untuk mengunyah campuran ini, pada awalnya akan terasa sakit yang luar biasa dan setelah itu rasa sakitnya perlahan akan hilang.
9. Menggunakan Teh Hangat
Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

Nah, itulah cara mengatasi sakit gigi yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa share ke facebook maupun sosial media lainnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.