Tuesday, January 17, 2012

Fakta Unik Tentang Amphibi

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

Artikel e-Learning Biologi ini berisi tentang fakta-fakta menarik  seputar Amphibi, informasi lainya mengenai keunikan karakteristik amphibi, siklus hidup dan sejarah evolusionernya.

FAKTA : Amphibi terbagi kedalam tiga kelompok besar, yaitu Newt dan Salamander, Katak dan Kodok, dan Caecilia

  1. Newt dan Salamander adalah amphibi bertubuh ramping yang memiliki ekor  dengan empat buah kaki. Newt biasanya ditemukan hidup didaratan namun mereka akan turun ke air ketika telah tiba waktunya untuk bereproduksi. Sebaliknya, Salamander menghabiskan seluruh hidupnya di habitat air.
  2. Katak dan Kodok bisa dikatakan merupakan amphibi terbesar dalam hal ukuran tubuh, katak dan kodok dewasa memiliki empat buah kaki dan mereka tak memiliki ekor.
  3. Caecilia tidak mempunyai lengan ataupun tungkai kaki, ia hanya memiliki sebuah ekor pendek. Bentuk tubuhnya justru lebih mirip dengan ular, cacing ataupun belut namun sebenarnya Caecilia sangat berbeda.


FAKTA : Moyang Amphibi pertama kali dipekirakan muncul pada jaman Devonian sekitar 370 juta tahun yang lalu.
Selama periode jaman Devonian, sekelompok ikan bersirip gemuk yang dikenal dengan nama crossopterygians berkembang menjadi amphibi pertama yang ada di dunia. Mereka menjadi kelompok hewan vertebrata pertama yang mendiami habitat daratan. Kehidupan amphibi pertama tentu jauh berbeda dengan keturunannya yang ada saat ini. Saat itu tak terdapat burung, mamalia, dan reptile yang hidup di daratan. Yang ada hanya beberapa hewan invertebrate dan sejumlah kecil tumbuhan prasejarah seperti lumut, lumut hati, dan paku-pakuan. Ichtyostega adalah fosil amphibi pertama yang ditemukan, ia memiliki empat tungkai sebagai alat gerak dan organ paru-paru untuk bernafas.

FAKTA : Amphibi adalah hewan vertebrata berkaki empat pertama.
Empat alat gerak Amphibi pertama berkembang dari  dua pasang tungkai bersendi  milik ikan bersirip gemuk. Oleh karena itu amphibi adalah hewan berkaki empat pertama, hewan bertulang belakang yang memiliki empat alat gerak. Bentuk tungkainya memungkinkannya untuk bergerak bebas di habitat daratan. System pernapasan amphibi saat ini adalah hasil adaptasi evolusioner amphibi  terhadap lingkungan barunya di daratan, mereka bernapas dengan udara dan permukaan kulitnya, itu sebabnya kulit amphibi harus tetap lembab.

FAKTA : Dibandingkan dengn vertebrata lainnya amphibi memiliki struktur tubuh paling sederhana.
Kebanyakan amphibi dewasa memiliki empat buah tungkai dengan masing-masing memiliki empat jari di sepsang tungkai depan dan 5 jari untuk tungkai belakang (kecuali Caecilia yang tidak memiliki tungkai sebagai alat gerak).  Umumnya katak dan kodok memiliki kepala yang besar, kaki belakang yang berotot dan tidak memiliki ekor. Salamander memiliki tubuh memanjang dan memiliki ekor, pada beberapa spesies  terjadi pereduksian jumlah jari.  Amphibi hanya memiliki tulang rusuk yang pendek .

FAKTA : Amphibi memiliki kulit tubuh permiabel dan lembab.
Kulit tubuh amphibi selalu lembab dan tidak dilindungi oleh sisik (seperti pada reptil) ataupun rambut (Seperti pada mamalia). Kulit amphibi dapat ditembus oleh air, seluruh permukaan kulitnya terdapat kelenjar mucus yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulitnya. Semua amphibi memiliki kelenjar beracun di bawah permukaan kulitnya, berfungsi sebagai alat pertahanan diri, pada beberapa spesies racun ini bersifat mematikan.

FAKTA : Salamander kelompok Plenthodontids tidak memiliki paru-paru
Plenthodontids juga dikenal sebagai salamander tanpa paru-paru, karena itu mereka harus menyerap oxygen melalui permukaan kulitnya. Kelompok Plethodontids memiliki jumlah spesies yang cukup besar, terdapat sekitar 376 spesies. Habitatnya dapat ditemukan di daerah utara amerika, amerika tengah, amerika selatan, eropa selatan, Sardinia, dan Korea.

FAKTA : Kebanyakan Amphibi memiliki siklus hidup yang terdiri dari tiga tahapan.
Kebanyakan amphibi melalui tiga tahapan dalam siklus hidupnya, yaitu telur, larva dan dewasa. Transisi dari larva menuju dewasa dikenal sebagai Metamorphosis. Umumnya amphibi meletakkan telurnya di air (namun ada beberapa spesies yang meletakkan telurnya di daratan). Telur amphibi tidak memiliki cangkang keras , malahan telurnya hanya dibungkus oleh massa gelatin yang melindungi telur dari kekeringan. Siklus hidup katak dan kodok adalah contoh terbaik dari siklus hidup amphibi, dengan berudu sebagai tahapan larva.

FAKTA : Amphibi terbesar adalah Salamander Raksasa dari China
Merupakan salamander terbesar didunia, dapat tumbuh hingga ukuran 6 kaki.  Ampibhi berukuran besar lainya adalah Salamander Raksasa dari Jepang dan Katak Goliath.

FAKTA : Populasi Amphibi di dunia terus menurun .
Data dari IUCN , sekitar satu – tiga dari seluruh spesies amphibi terancam dan bahkan punah. Sejumlah besar spesies yang terancam punah terdapat di Kolombia, Mexico, dan Ekuador. Amphibi di daerah Karibia juga mulai mengalami ancaman kepunahan. Beberapa tahun terakhir, ilmuwan dan konservasionis bekerja keras memperingatkan masyarakat akan bahaya penurunan populasi amphibi di dunia.

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.