Senin, 24 Desember 2012

Sst, Jadi Bos Membuat Orang Merasa Lebih Tinggi

Memegang jabatan penting di kantor ternyata tak hanya membuat orang berpikir dia lebih “tinggi” secara intelektual dibanding koleganya. Sebuah studi membuktikan, jabatan penting memang benar-benar membuat orang berpikir dia lebih tinggi secara fisik.

Studi itu, yang dilakukan sekelompok peneliti Cornell University, mengaitkan berbagai peranan kekuasaan dengan perasaan seseorang tentang tinggi badannya. Hasilnya, ternyata orang merasa memiliki tinggi badan lebih ketika menduduki jabatan penting.

Ini adalah riset pertama yang menunjukkan adanya semacam pengalaman fisik terkait perasaan berkuasa seseorang, ujar Jack Goncalo, pembantu profesor di Cornell’s School of Industrial Labor Relations.

“Meski banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang berpostur tinggi lebih mungkin meraih jabatan, ini adalah riset pertama yang menunjukkan bahwa mereka yang berkuasa memang merasa memiliki tinggi badan yang lebih dari sebenarnya,” tulis Goncalo dalam Psychological Science. 

Menurut Goncalo, riset ini meliputi berbagai pertanyaan, antara lain apakah orang-orang bertubuh pendek berusaha mencapai kekuasaan dengan, secara fisik, menempatkan dirinya di posisi lebih tinggi dibanding yang lain.

Riset ini juga menjajaki kemungkinan menyemangati seseorang dengan cara memberikan ruang kerja di lantai puncak sebuah gedung.
 
Sumber: kabar24.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.