Selasa, 18 Desember 2012

Tentang Penjelasan Ciam Sie

Tentang Penjelasan Ciam Sie

Ivan Taniputera
19 Desember 2012



Saya beru mendapatkan buku Penjelasan Perihal Ciam Si yang dikeluarkan oleh Pesarean Panembahan "mBah Junggo" (Gunung Kawi). Jumlah ciam sie itu beraneka ragam tergantung kelenteng dan dewa atau dewinya; misalnya 36, 60, 64, 100, dan lain sebagainya.  Buku Ciam Sie yang saya punyai ini menggunakan sistim 60 ciamsie, yang dinamai seturut Jiazi (Hokkian: Ka Cu). Berikut ini adalah penjelasan ciamsie nomor 1, yang disebut Ka Cu (Jiazi):

SAIRNYA

Matahari terbit kutabrakan awan dan angin,
Sinar yang terang dimuka bumi ada menerangi,
Jalannya ada menghadap terus dilapangan yang dingini,
Beribu perkara tinggal selamat dirinya akan dilindungi.

ARTINYA INI CIAM SI

Itu pertanyaan ada didapat waktunya yang kebetulan baik. Segala perkara tiada kuatir. Kalau bersero dagang ada dapat untungnya sedikit. Buat mau tanya pindah kelain tempat ada baiknnya! Akan mau gerakkan suatu pekerjaan, bisa ada buat bermula tapi buat kemudian tiada punya buntut. Kalau ingatan buat mau dapat uang boleh dapat sedikit tapi diwaktu malam keluarnya ini Ciam Si itu maksud tiada beruntung.

Buat mau tahu seperti orang sakit, tiada ada kekuatiran. Sedang sesuatu perkara yang terjadi bisa diharap selesai. Tapi kalau suatu barang yang hilang, itu susah mau cari keterangannya. Silang selisih, akan menjadi setuju.

Seperti suatu perjodohan ada susah bisa kejadian, tapi kalau kejadian ada kebaikannya.

Kalau ini perempuan yang hamil, mau tahu ia punya kejadian, ia ada didalam selamat sampai melahirkan.

INI CIAM SI NAMANYA PAUW LIONG TO SIM BUN THIO SE TIN.

Diumpamakan seperti suatu cerita dijaman dulu, Pauw Bun Cim lagi periksa suatu perkara pada Thio Se Tin, perkara yang gelap sampai jadi terang.

Menariknya, berdasarkan keterangan di atas, ternyata bahwa makna suatu ciam sie juga tergantung waktunya juga. Apabila dikeluarkan malam hari, maka artinya menjadi tidak baik. Selain itu, sama seperti ciam sie lainnya, biasanya dibuka dengan syair empat baris. Selanjutnya penafsiran diberikan berdasarkan pertanyaan yang mungkin diberikan, misalnya mengenai peruntungan dalam bisnis, perkara hukum, usaha, pindah rumah, perjodohan, dan lain sebagainya.

Jika memerlukan foto kopi buku ciam sie ini silakan menghubungi saya, lewat inbox atau SMS 0816658902.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.