Sabtu, 26 Januari 2013

Ciri ciri penyakit diabetes dan gejala penyakit diabetes serta cara mengatasi diabetes


 Ciri ciri penyakit diabetes 

Ciri ciri penyakit diabetes dan gejala penyakit diabetes serta cara mengatasi diabetes
Diabetes adalah suatu kondisi umum yang disebabkan oleh tubuh anda tidak mampu untuk memecah glukosa dan menggunakannya secara efektif. Glukosa berasal dari karbohidrat terpecah ke bawah, terutama ditemukan dalam makanan seperti roti, nasi, makanan bergula, buah dan produk susu. Glukosa sangat penting untuk penyediaan energi untuk segala macam hal dalam tubuh, seperti gerakan, atau memperbaiki kerusakan pada tubuh. Karbohidrat biasanya dipecah oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, tetapi untuk orang dengan diabetes ada masalah dengan proses ini. Entah insulin yang mereka hasilkan tidak mampu untuk memecah karbohidrat, atau tubuh mereka tidak menghasilkan insulin. Ini berarti bahwa mereka mengalami kesulitan mendapatkan glukosa yang mereka butuhkan untuk digunakan dalam tubuh mereka.

Ada dua tipe diabetes, diabetes tipe 1 dan  diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh tubuh tidak cukup mampu menghasilkan insulin atau menggunakan glukosa, biasanya karena sel yang memproduksi insulin telah hancur. Penghancuran ini diperkirakan disebabkan oleh virus. Ini berarti glukosa yang dapat membangun dalam aliran darah. Diabetes tipe 1 sangat umum pada mereka yang umur di bawah 40, terutama anak-anak.

Dibandingkan dengan orang-orang dengan diabetes tipe 1, orang-orang dengan diabetes tipe 2 masih dapat memproduksi insulin di pankreas. Namun, ini bisa membuktikan menjadi tidak cukup insulin, atau insulin yang tidak bekerja seperti seharusnya dilakukan. Hal ini dikenal sebagai Insulin Resistance. Akibatnya, glukosa dalam tubuh hanya rusak sebagian, dan dapat membangun dalam aliran darah. Diabetes tipe 2 selalu lebih umum pada mereka yang berumur lebih dari 40, meskipun dapat ditemukan pada usia berapa pun. Diabetes tipe 2 juga merupakan bentuk paling umum dari diabetes, terhitung sekitar 85-95% dari semua orang yang memiliki diabetes.


Gejala penyakit diabetes

Terutama bagi mereka dengan diabetes yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati, ada beberapa gejala diabetes yang bisa dicatat. Ini karena membangun glukosa dalam darah. Gejalanya sangat umum dari diabetes menggunakan toilet lebih dari biasanya yang anda lakukan, gejala yang biasanya sering terjadi di malam hari. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba untuk menghapus keluar kelebihan glukosa dalam aliran darah dengan melewati urin. Gejala umum lainnya termasuk merasa haus, merasa lelah, dan penurunan sebagian besar tenaga.

Gejala lain dicatat hanya beberapa orang saja. Hal ini termasuk penglihatan kabur, yang disebabkan oleh pengeringan pada lensa mata anda. Anda juga mungkin mengalami kram, atau sembelit. Akhirnya, anda mungkin menemukan bahwa daerah sekitar penis atau vagina menjadi gatal,. Ini adalah gejala yang kurang umum dari pada yang tercantum di atas.


Jika anda penderita diabetes, ada risiko bahwa sebagian besar glukosa dapat membangun dalam aliran darah anda karena tidak digunakan atau rusak secara efektif oleh insulin tubuh. Hal ini dikenal sebagai hiperglikemia A. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, gejalanya umum seperti gejala diabetes yang tercantum di atas tetapi muncul lebih kuat dan cepat. Ini termasuk merasa sangat haus, kaburnya penglihatan, merasa lelah dan mengantuk, merasa sering untuk buang air kecil dan mulut kering. Adalah penting bahwa jika anda mengalami gejala ini anda mencari perawatan atau bantuan medis. Hiperglikemia A biasanya mudah untuk mengobati, tetapi jika tidak diobati bisa menjadi lebih serius dan menyebabkan ketoasidosis diabetik. Ini adalah ketika tubuh mulai memecah lemak dalam tubuh karena tidak ada glukosa untuk digunakan, menyebabkan terbentuknya asam dalam aliran darah yang dapat menyebabkan ketidaksadaran dan, jika sangat serius, bahkan kematian.

Berbeda dengan hiperglikemia, satu hipoglikemia, atau "hypo" untuk jangka pendek, adalah ketika tubuh mengalami sesak Glukosa dalam aliran darah, yang disebabkan jika insulin dalam tubuh anda menghilangkan terlalu banyak insulin. Gejala-gejala hypo yang termasuk merasa lemah, lapar, berkeringat, kesemutan pada bibir anda, dan merasa tersinggung pada diri sendiri. Jika tidak diobati, hypo yang dapat menyebabkan bicara cadel dan pingsan, dan bantuan medis harus diminta. Namun, hypo dalam jangka pendek dapat diobati dengan mudah dan cepat dengan mengonsumsi beberapa makanan manis.


Gejala-gejala diabetes tipe 1 sering ditemukan lebih cepat dan serius dari pada tipe 2 yang sering lebih moderat dan berkembang dari waktu ke waktu. Jika anda merasa mengalami gejala diabetes, penting bahwa anda membicarakan hal ini dengan dokter dan mulai memperlakukan diri sendiri dengan baik. Hal ini sangat penting untuk mencari bantuan medis jika anda mengalami sakit perut, panas, mual, sakit perut, dan berbau dalam nafas anda (berbau kuku remover pernis atau tetes pair). 

 Faktor Risiko Diabetes
 

Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah glukosa untuk digunakan dalam tubuh, baik karena tidak ada insulin untuk melakukan hal ini (Diabetes tipe 1) atau karena insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya (Diabetes tipe 2). Tapi apakah risiko orang yang terserang penyakit itu?

Seperti kebanyakan penyakit, ada faktor-faktor tertentu yang telah ditemukan pada beberapa orang. Salah satu faktor tersebut adalah jika salah satu keluarga dekat anda mengidap diabetes. Keluarga dekat biasanya digolongkan sebagai orang tua atau saudara, tetapi jika anda memiliki garis kerabat, seperti sepupu dan orang tua mereka, yang telah menderita diabetes, mungkin layak menguji diri anda untuk melihat apakah anda memiliki penyakit juga.

Diabetes tipe 2 umumnya berkembang pada orang kulit putih ketika umur mereka lebih dari 40, dan layak menguji diri anda jika anda jatuh ke dalam kedua kategori tersebut hanya untuk memastikan bahwa anda tidak memiliki penyakit ini, terutama karena gejala diabetes tipe 2 dapat berkembang secara perlahan dan mungkin tidak begitu jelas.


Mereka yang kelebihan berat badan beresiko terkena diabetes. Anda harus menguji diri sendiri untuk diabetes jika anda seorang wanita dan memiliki pinggang berukuran lebih dari 31 inci, atau jika anda adalah seorang dari Asia dan memiliki pinggang berukuran 35 inci atau lebih. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dan riwayat masalah jantung atau serangan jantung juga harus diuji untuk diabetes, sebagaimana seharusnya mereka yang telah mengalami stroke.
  
Cara mengatasi diabetes


Ciri ciri penyakit diabetes dan gejala penyakit diabetes serta cara mengatasi diabetes
Untuk cara mengatasi diabetes, diberitahu bahwa anda penderita diabetes mungkin merasa seperti ada perubahan besar dalam hidup anda, dan tentunya diabetes perlu diperlakukan dengan hati-hati dan mungkin memerlukan perubahan tertentu harus diatur dalam gaya hidup anda. Namun, cara mengatasi diabetes biasanya mudah. Dokter akan mendiskusikan perawatan yang ia merekomendasikan secara rinci dengan anda, tetapi di sini kita menguraikan beberapa perawatan yang tersedia untuk diabetes.

Ada berbagai perawatan yang tersedia, yang bervariasi tidak hanya tergantung pada apakah anda telah menderita diabetes tipe1 atau diabetes tipe 2,. Mereka penderita dengan diabetes tipe 1 akan menemukan bahwa dokter mereka merekomendasikan beberapa suntikan insulin setiap hari, karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin sendiri. Akibatnya rezim pengobatan diabetes tipe 1 sangat ketat dan membutuhkan kerjasama penuh. Anda juga dapat menemukan bahwa dokter merekomendasikan diet dengan makanan tertentu dan aktivitas fisik. Akhirnya, orang-orang dengan diabetes tipe 1 harus memperhatikan kadar glukosa darah mereka, dan karena itu perlu untuk menguji diri beberapa kali setiap hari untuk memastikan bahwa mereka berada pada tingkat yang sehat.


Cara mengatasi diabetes tipe 2, Dokter mungkin malah fokus pada menegakkan diet sehat atau aktivitas fisik secara teratur, terutama jika anda kelebihan berat badan. Mereka dengan diabetes tipe 2 juga perlu memeriksa kadar glukosa darah mereka di rumah untuk memastikan bahwa mereka sehat, dan dalam beberapa kasus akan menggunakan insulin, baik melalui suntikan atau dalam bentuk lisan.

Dokter akan merencanakan pengobatan yang akan bekerja dengan cara terbaik bagi anda untuk menjaga kadar glukosa darah di normal atau mendekati normal. Ini berarti bahwa anda perlu untuk tetap pada rencana pengobatan ini untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika anda mendengar nasihat yang bertentangan dari tempat lain, atau tidak merasa nyaman dengan rencana pengobatan yang ini, penting bahwa anda membicarakan masalah anda dengan dokter sebelum anda membuat perubahan.
 


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.