Friday, February 8, 2013

BEBERAPA KASUS ANALISA BAZI (八字) SOME CASES IN EIGHT CHARACTERS ASTROLOGY (CHINESE ASTROLOGY)

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

BEBERAPA KASUS ANALISA BAZI (八字)
SOME CASES IN EIGHT CHARACTERS ASTROLOGY (CHINESE ASTROLOGY)

(Indonesian-English Edition)

Ivan Taniputera
8 Februari 2013

Saya belakangan ini mendapatkan pertanyaan dari beberapa orang teman mengenai bazinya. Ada dua kasus menarik yang saya hendak bagikan di sini. Kasus pertama adalah sebagai berikut:

Recently, I got questions from friends about their bazi. I will share you two interesting cases below. The first case is as following:



Pemilik diagram bazi di atas adalah kawan penulis (pria). Berdasarkan diagram Bazi di atas, maka elemen diri adalah api yin. Di sini api agak lemah; sehingga untuk menguatkan elemen api diperlukan api dan kayu. Pribadi yang bersangkutan merupakan orang yang memiliki jiwa idealis dan dalam hatinya memiliki keinginan berbagi pengetahuan dengan orang lain atau mengajarkan nilai-nilai yang dianggapnya baik pada sesama. Pekerjaan yang baik adalah yang ada kaitannya dengan elemen api dan kayu. Pada saat sekarang sedang bekerja pada perusahaan alat telekomunikasi. Pada dasarnya alat telekomunikasi juga berunsur api, sehingga boleh dikatakan bahwa pekerjaannya saat sudah selesai.

The owner of bazi chart above is my friend. According to his bazi chart, the day master is FIRE YIN. The power of day master is weak. To sthrengthen it, fire and wood are needed. His characteristic according to bazi reading:

"Having an idealistic spirit and motivate to share his knowledge and values to other people."

My friend said this is true. His suitable occupation should be related to fire and wood element. Nowadays he works in a telecommunication company. Basically telecommunication device can be categorized as fire element. We can say that his job is already suitable for him based on bazi calculation.

Meskipun demikian, pemilik diagram Bazi di atas masih merasakan kurang puas dengan kondisi pekerjaannya saat ini. Apakah yang membuatnya tidak puas? Mari kita cermati bersama. Jika kita saksikan, maka pada diagram bazi di atas, Zhengguan dan Qisha merupakan elemen buruknya. Oleh karenanya, ini menandakan hubungan dengan atasan kurang harmonis. Juga bisa berdampak pada relasi dengan rekan-rekan sekerja. Pada kenyataannya, memang hubungannya dengan atasan kurang baik, terutama pada masalah komunikasi. Berdasarkan diagram di atas, pemilik bazi kurang dapat menyampaikan gagasannya dengan baik. Hal ini jelas sekali merupakan pengaruh shangguan dan shishen pada diagram Bazi di atas. Shangguan dan Shishen berpotensi menguras kekuatan elemen diri yang kurang kuat pada diagram Bazi tersebut. Teman penulis itu juga membenarkannya, yakni bahwa memang permasalahannya terletak pada komunikasi dengan atasan.

However, the owner of Bazi chart above is not satisfied with his job condition today. What is made him not satisfied? Let we analyse together. In the Bazi chart above, Zhengguan and Qisha (elements which conquers day master) are his bad elements. It means that the relation with his boss is not in harmony. The effect can also be seen in his relation toward working partners. In fact, his relation with his boss is not good. According to the Bazi chart above, he can not relate his opinions well. Clearly this is the effect of shangguan and shishen in his Bazi chart above. Shangguan and Shishen can dry the power of day master, which is already weak. My friend confirmed this. He said that the problem is  to be found in the communication matters with his boss.

Lalu bagaimanakah solusinya? Secara umum, buku-buku yang ada menganjurkan kita agar memperkuat elemen kayu dan api. Menurut buku-buku yang ada, misalnya adalah dengan mengenakan baju berwarna merah dan hijau. Bisa juga tidur dengan kepala mengarah ke selatan atau timur. Seluruh saran-saran tersebut boleh saja dicoba. Kendati demikian, kita juga perlu kreatif dalam menciptakan solusi. Dengan kata lain, kita tidak hanya terpaku pada buku semata. Cara lain misalnya adalah dengan memasang lilin atau pelita di tempat ibadah agama masing-masing. Lilin dan pelita boleh diumpamakan sebagai elemen api. Boleh juga dengan rajin menanam pohon. Beberapa waktu yang lalu ada gerakan penanaman bakau di kawasan pantai dalam rangka pelestarian lingkungan dan penghijauan. Pemilik bazi boleh turut serta pada kegiatan semacam itu. Kegiatan tersebut juga sangat bagus dilakukan karena merupakan upaya pelestarian lingkungan. Dari sisi Fengshui bisa memperkuat sektor timur dan selatan.Selanjutnya berdasarkan intuisi yang diperoleh dengan menganalisa lebih dalam diagram Bazi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rumah kediamannya juga bermasalah dengan elemen air; misalnya saluran air suka buntu, air suka tidak keluar, dan lain sebagainya. Juga di bagian utara yang melambangkan elemen air, kemungkinan juga ada "cacat" secara Fengshui. Pada kenyataannya, saluran air di wastafel dapur kerap mengalami kebuntuan. Di depan rumah (sektor utara) jalannya lebih tinggi. Tentunya ini kurang baik jika dibandingkan dari sisi Fengshui.

What is the solution? Commonly, books about Four Pillars Astrology teach us to sthrengthen wood and fire; for exampe wearing read and green clothes. We are also advised to sleep with our head toward south or west. We may try to do all suggestions already mentioned. But we should also be creative in create other kind of solutions. It means that we can not incline just toward books. The other solutions is lighting candle or lamp in praying house base on our own religions and beliefs. Candle and lamp can be categorized as fire element. We can also deliberately planting trees. Last years, there was social activity in replanting mangrove in endangered beach area. This is a kind of green activities in preservation of our environment. So this is really a very excellent activity. The Bazi chart owner may join such enviromental activities. According to Fengshui can vitalize the eastern and southern area. Moreover, based on my intuition in analyse further his chart, I conclude that his house has also problems with water element; for example water pipe is clogged, water doesn't run, etc. Besides that, northern part is also a representation for water element. This northern part of his house may be defective based on Fengshui. In fact, water pipe in his kitchen's sink is clogged very often. The street in front of his house (northern sector) is higher than his house. This is also bringing not very good Fengshui.

MENCARI JAM KELAHIRAN YANG SUDAH TIDAK DIKETAHUI LAGI
FINDING BIRTH HOUR WHICH IS ALREADY NOT KNOWN

Kasus kedua adalah rekan penulis (pria) yang hanya mengetahui tanggal kelahirannya saja tetapi tidak mengetahui jamnya. Penulis diminta menemukan jam kelahirannya. Namun kali ini harus melibatkan Ziweidoushu dan Astrologi sebagai alat bantunya. Data awal adalah diagram Bazi sebagai berikut:

Second case is my client who only knows his birthdate but not the hour. I was asked to find his birthhour. But in this occasion, we should also use Ziweidoushu and Western Astrology as helping device. The Bazi input without hour pillar is as following:



Setelah mencermati diagram Bazi di atas. Kita coba mencocokkannya dengan kehidupan rekan penulis tersebut:
1.Rekan penulis itu merupakan pemilik perusahaan dengan ratusan karyawan.
2.Terlahir di keluarga kaya pemilik perusahaan cukup terkenal.

After pondering to Bazi chart above, we can compare it to his real life:

1.He is the owner of a company with many workers.
2.Born in a rich family. His father is an owner of quite famous company.

Pilar dekade 1 ditempati oleh Zhengcai dan Shishen. Karena terlahir di keluarga kaya, maka seharusnya elemen dirinya termasuk kuat. Selain itu karena memiliki banyak karyawan. Zhengguan dan Qisha harusnya bagus. Jika Zhengguan dan Qisha bagus, maka tidak boleh ada Zhengyin dan Pianyin pada batang langitnya. Kita kemudian memeriksa  jam yang berbeda-beda bagi tanggal kelahiran di atas.

The first decade contents Zhengcai and Shishen. Because he was born in a rich family, we may suggest that his day master is strong. Besides that, he has many workers. It means Zhengguan and Qisha should be his fortune element. If Zhengguan and Qisha are fortune elements, in his heavenly stems we shouldn't find Zhengyin and Pianyin. We then check all birth hours for this birthday and analyse them.

Jam Zi dapat kita buang, karena akan menghasilkan Zhengyin/ Pianyin di batang langit, walaupun masih termasuk elemen diri kuat.
Jam Chou dapat kita buang karena akan menghasilkan Zhengyin/ Pianyin di batang langit, walaupun masih termasuk elemen diri kuat.
Jam Shi dan Wu juga dapat dibuang, karena elemen diri akan menjadi lemah.
Jam Xu dan Hai juga dapat dibuang, karena menghasilkan Zhengyin/ Pianyin di batang langit, walaupun masih termasuk elemen diri kuat.

Zi hour is imposible, because it has Zhengyin/Pianyin as heavenly stems, eventhough this still makes the day master strong.
Chou hour is imposible, because it has Zhengyin/Pianyin as heavenly stems, eventhough this still makes the day master strong.
Shi and Wu hours are also imposible, because it can result a weak day master.
Xu and Hai hours are also imposible, because  they have Zhengyin/ Pianyin as heavenly stems, eventhough they still make the day master strong.

Jadi masih tersisa kemungkinan jam 03-05, 07-09, 13-15, 15-17, dan 17-19. Lalu jam yang manakah?

The hours that are still available: 03-05, 07-09, 13-15, 15-17, and 17-19. So which hours?

Kini kita dapat menggunakan astrologi Barat dengan melihat ciri fisik dan penyakit yang diderita oleh rekan penulis itu.

Then we should look into western Astrology and consider physical form of his body and illness that he has.

Rekan penulis memiliki tubuh tinggi kurus dan menderita penyakit di bagian kulit. Oleh karenanyanya kemungkinannya ada dua:

My client has a tall and thin body. He has an illness in his skin. So there are two posibilities:

1.Saturnus (Duxing) berada di rumah pertama.
2.Capricornus merupakan Ascendant.

1.Saturn (Duxing) is in the first house.
2.Capricorn as Ascendant.

Kemungkinannya semakin mengerucut. Kedua kriteria astrologis di atas dipenuhi pada kurang lebih jam 06.00 pagi dan jam 17.00. Periksa juga kondisi-kondisi astrologis lainnya.

We have narrowed our choice. Two astrological criterias above are fulfilled at about 06.00 and 17.00.

Kini kita menggunakan bantuan Ziweidoushu, yakni dengan mengamati bintang apa yang masuk pada sektor jiwa (minggong) pada kedua jam di atas.

Now we are seeking help from Ziweidoushu. We notice which star is in his self sector (minggong) for the two hours we already mentioned above.

Pada jam 06.00 pagi, minggong ditempati oleh Qisha
Pada jam 17.00, minggong ditempat oleh Wuqu.

At 06.00, there is Qisha in self sector (minggong).
At 17.00, there is Wuqu in self sector (minggong).

Penulis membacakan sifat masing-masing bintang di atas. Ternyata rekan penulis menyatakan bahwa yang mendekati sifat dirinya adalah bintang Qisha.

Then, I tell him the characteristics of each star. My client told me that Qisha is closer to him.

Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa rekan penulis itu lahir jam 06.00.

So, we decide that he was born at about 06.00.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan ulang kembali dengan Bazi. Hasilnya cocok dengan pergerakan dekadenya.

Then we compare again his luck pillars using Bazi. His life was quite close with these luck pillars.

Demikianlah, jam yang sudah tidak diketahui lagi dapat ditemukan kembali dengan bantuan Bazi, Ziweidoushu, dan astrologi.

Based on this method, we can find again birthour which is not known.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.