Sabtu, 16 Maret 2013

MERAMAL NASIB NEGARA DENGAN MUNDANE ASTROLOGY: ITALIAN SOCIAL REPUBLIC (REPUBLIC SALO) DAN MANCHUKUO SEBAGAI CONTOH KASUS


MERAMAL NASIB NEGARA DENGAN MUNDANE ASTROLOGY: ITALIAN SOCIAL REPUBLIC (REPUBLIC SALO) DAN MANCHUKUO SEBAGAI CONTOH KASUS

Ivan Taniputera
16 Maret 2013

Astrologi memiliki salah satu cabang yang disebut mundane astrology. Kemungkinan sedikit di antara kita yang pernah mendengarnya. Kegunaannya adalah menelaah peristiwa-peristiwa dunia dan juga kenegaraan. Secara prinsip hampir mirip dengan astrologi bagi perorangan, hanya saja ini diterapkan bagi peristiwa dunia dan negara. Masing-masing rumah, juga ditafsirkan berbeda dalam mundane astrology. Sebagaimana halnya, masing-masing orang yang hidup di muka bumi ini, negara juga memiliki bagan kelahiran astrologis. Pada kesempatan kali ini, kita akan menelaah mengenai negara berumur pendek bernama Republik Sosial Italia yang berumur pendek. Sebelumnya kita akan mengulas secara singkat apa yang disebut Republik Sosial Italia ini.

Ulasan lengkapnya dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Italian_Social_Republic. Republik Sosial Italia adalah negara boneka yang dibentuk oleh rezim Nazi Jerman di Italia. Pada tanggal 24 Juli 1943, pasukan Sekutu telah berhasil mendarat di Sisilia. Itulah sebabnya, Dewan Fasis Agung Italia lantas mengajukan mosi tidak percaya para Raja Viktor Emanuel III agar memecat dan menangkap Mussolini. Dengan demikian, berakhir sudahlah kekuasaan Mussolini, yang pernah sangat berkuasa di Italia. Marsekal Pietro Badoglio lantas membentuk pemerintahan yang baru dan merundingan secara rahasia dengan Sekutu mengenai penyerahan Italia.

Rezim Nazi lantas mengirim penerbang handalnya guna membebaskan Mussolini. Di daerah Italia utara yang masih dikuasai Jerman, Nazi lantas membentuk negara boneka pada tanggal 23 September 1943, dengan Mussolini didudukkan sebagai kepala negaranya. Negara ini tidak berumur panjang dan berakhir pada tanggal 25 April 1945. Mussolini ditangkap kaum partisan dan ditembak mati.


Bendera perang Republik Sosial Italia (sumber: wikipedia.org)

Berikut ini adalah bagan astrologis bagi Republik Sosial Italia yang juga dikenal sebagai Republik Salo. Kita memperkirakan bahwa proklamasi pembentukan republik ini adalah sekitar pukul 10.00 pagi, terkecuali ada sumber yang dapat memberikan jamnya secara pasti.



Terlepas dari jamnya benar atau salah. Kita menyaksikan bahwa bagan kelahiran di atas banyak memiliki aspek berupa square (tantangan). Oleh karenanya, tidak mengherankan bila negara boneka ini tidak berumur panjang. Nampak adanya Mars, Uranus, dan Saturnus di rumah kedelapan. Ini dapat ditafsirkan bahwa negara ini didirikan melalui kerja sama dalam peperangan, namun tak memiliki kemantapan. Wilayahnya setapak demi setapak semakin berkurang seiring dengan kemajuan sekutu.

Kini kita akan beralih pada Manchukuo, keduanya sama-sama merupakan negara boneka. Hanya saja Manchukuo dibentuk oleh Jepang.  Uraian lengkap dapat dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/Manchukuo.

Manchukuo ini diproklamirkan pada tanggal 18 Februari 1932 di Changchun. Sebagai kepala negaranya diangkat Henry Puyi, kaisar Qing terakhir. Negara ini berakhir pada tanggal 15 Agustus 1945, dimana Puyi lalu ditangkap oleh pasukan Uni Sovyet.

Bendera Manchukuo (sumber: wikipedia.org)

Bagan astrologis Manchukuo adalah sebagai berikut, kita juga mengasumsikan Manchukuo diproklamirkan pukul 10.00.



Kita menyaksikan bahwa pada bagan tersebut juga banyak mengandung aspek tak menguntungkan berupa square dan oppostion. Sebagai contoh, terdapat aspek Mars (peperangan) opposition Yupiter (hukum). Ini menandakan bahwa pendirian Manchukuo merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional saat itu, dimana Jepang mencaplok wilayah tersebut dari Tiongkok.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.