Senin, 20 Mei 2013

Sembilan Manfaat Buah Asam Jawa


image
ASAM JAWA (tamarindus indica) dikenal sebagai salah satu buah atau rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Daging buahnya terdapat di dalam cangkang rapuh, dan bertekstur berserat lengket dengan warna cokelat dan memiliki biji besar.
Asam jawa mengandung gula invert, asam tartrat, asam sitrat, asam asetat, asam malat dan asam suksinat. Buah berbentuk polong yang rasanya sangat masam ini efektif mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

1. 
Mengatasi rasa sakit saat haid
Salah satu manfaat asam jawa adalah untuk mengatasi rasa nyeri untuk perempuan yang sedang menstruasi. Caranya, bersihkan asam dan beberapa ruas kunyit, kemudian masukkan dalam air dan rebus. Hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali selama haid.
2. Asma
Ambil dua potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum air rebusan dua kali sehari.

3. Sakit Panas
Ambil dua polong buah asam jawa yang telah masak. Seduh dengan segelas air panas, tambahkan sedikit garam, kemudian disaring. Lalu diminum dua kali sehari. Catatan: ibu hamil tidak dianjurkan meminum resep ini.
4. Rematik
Kandungan yang dimiliki di dalam asam jawa memiliki manfaat yang ampuh untuk mengatasi rematik. Ambil satu genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu). Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang sakit.
5. Alergi/biduren
Ambil 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua, 1/4 sendok makan kapur sirih, garam secukupnya. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tinggal dua gelas, saring. Air rebusan diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

6. Sariawan
Bagi Anda yang sering mengalami sariawan, Anda pun bisa menggunakan manfaat asam jawa untuk mengatasinya. Caranya, ambil dua polong buah asam jawa, dua rimpang temulawak sebesar ibu jari, satu potong gula kelapa. Semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring. Diminum seperlunya hingga sariawan hilang.
7. Eksim dan Bisul
Ambil satu genggam daun asam jawa yang masih muda, dua rimpang kunyit sebesar ibu jari. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Tempelkan pada bagian yang sakit.
8. Mencegah rambut rontok
Ambil beberapa biji asam jawa, tumbuk halus, pijatkan pada kulit kepala, lalu bersihkan dengan sampo.
9. Batuk kering
Ambil dua potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum air rebusan dua kali sehari.

#Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.