Minggu, 02 Juni 2013

SOUW LIAN ENG: BUKU CERITA DETEKTIF JADUL BERBAHASA MELAYU TIONGHOA


SOUW LIAN ENG: BUKU CERITA DETEKTIF JADUL BERBAHASA MELAYU TIONGHOA

Ivan Taniputera
3 Juni 2013




Judul: Souw Lian Eng (Tjerita Politie-Resia Di Tiongkok)
Jumlah halaman: 61

Saya tidak mengetahui apakah yang diriwayatkan dalam buku ini sungguh terjadi atau tidak, tetapi yang pasti lokasi peristiwanya dijelaskan secara terperinci, sebagaimana yang dapat kita baca di halaman 3:

"Djikaloe orang doedoek kreta-api poenjanja Gouvernement Tiongkok brangkat dari Sianghay djam 8.30 pagi, adalah djam 8.50 orang nanti sampe di Loenghoa, di mana ada keliatan satoe tjandi jang dibikin di djeman keradja'an kaoem Han; djam 10.40 ia sampe di station kota Fengking dan djam 3.10 lohor ia sampe di station Tjingtai dari kota Hangtjioe, jang sebagimana pembatja taoe, pernanja ada di provincie Tsekian atawa Tjiatkang."

Tokoh dari kisah ini adalah seseorang bernama Ho Biauw Tjay yang biasa memecahkan kasus-kasus kriminal belum dapat diungkapkan oleh polisi:

"Di ini roema ada tinggal saorang Tionghoa terpladjar, jang dale pergaoelan sahari-hari biasa diseboet Mr. Ho, tapi sabenarnja ia ada bernama Ho Biauw Tjay. Ini orang ada seorang jang loear biasa, sebab kendati ia ada terpladjar tinggi dan soeda bebrapa taon balik dari Amerika, ia tiada maoe pegang pekerdja'an apa-apa. Kesoeka'aanja jang teroetama adalah aken tjampoer taoe perkara-perkara gelap, jang oleh politie tiada sanggoep dibikin terang."

Lalu kisahnya ini dibuka dengan kasus aneh yang menimpa seseorang bernama Jo Pek. dimana ia katanya dikejar-kejar oleh seorang wanita sudah meninggal:

"He, begimana bisa djadi begitoe kabetoelan. Ini pagi Jo Pek sianseng telah dateng ka sini dan minta pertoeloengankoe, sebab ia kata, ia sedeng dioedak-oedak oleh saorang prempoean jang ia tinggalken dan jang ia taoe telah mati."
-"Orang mati oedak-oedak orang?"

Bagaimana kelanjutan kisah menarik ini dapat diketahu dari buku ini.

Bila berminat kopi silakan hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.