Kamis, 22 Agustus 2013

HARTA PUSAKA AMERIKA YANG HILANG

HARTA PUSAKA AMERIKA YANG HILANG

Ivan Taniputera
22 Agustus 2013

Saya pada kurang lebih pukul 17:30 menonton tayangan bertajuk "American Lost Treasures" di National Geographic TV. Tayangan tersebut sangat bagus sekali dan temanya adalah penentuan keaslian sebuah benda bersejarah. Di antara benda-benda terbukti keasliannya, akan dipilih satu benda yang akan dipamerkan di musium milik National Geographic.

Salah satu benda yang ditampilkan pada tayangan ini adalah sebuah gigi ikan paus yang diukir permukaannya sehingga membentuk gambar.







Meskipun demikian, akhirnya terbukti bahwa gigi ikan paus bergambar tersebut adalah palsu. Pertama-tama koordinat pada gigi ikan paus ternyata mengacu pada salah satu tempat di Zambia, sehingga tidak bersesuaian dengan gambarnya yang seolah-olah menampilkan suasana di Karibia. Kedua, pembuatannya terlalu rapi, sehingga "gigi ikan paus" tersebut sesungguhnya terbuat dari plastik. Dengan demikian, ia menjadi gugur.

Berikut ini adalah contoh gambar hiasan gigi ikan paus yang asli:



Menurut penjelasan pada tayangan tersebut, para pemburu ikan paus mengukir gigi semacam itu, saat sedang menunggu hasil tangkapannya yang tidak selalu ada. Presiden John F. Kennedy merupakan salah seorang kolektornya.

Benda berikutnya yang dipertandingkan adalah pistol yang konon pernah dimiliki Jesse James. Jesse James (1847-1882) adalah seorang penjahat dan kepala gangster di Amerika. Pakar tentang Jesse James yang juga menjadi guide di rumah tempat Jesse James dilahirkan, dimana rumah tersebut kita dijadikan musium mengatakan bahwa benda tersebut memang berasal dari kurun waktu Jesse James, namun tidak ada kepastian bahwa pistol itu adalah miliknya. Ibu Jesse James yang bernama Zeralda juga memiliki banyak pistol.




Benda yang juga menarik adalah tas manik-manik Indian Apache. Konon tas tersebut pernah digunakan oleh Geronimo.





Selain itu terdapat juga panggangan daging  abad ke-18 dan buku undang-undang Kansas edisi pertama yang langka.

Yang masuk final adalah tas manik-manik dan buku undang-undang Kansas edisi pertama, namun pemenang akhirnya adalah tas manik-manik tersebut.

Tayangan ini sangat menarik karena kita dapat mempelajari sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.