Minggu, 22 September 2013

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Tentunya setiap ibu menginginkan bayinya sehat pada saat dia dilahirkan. Berbagai cara yang dilakukan demi kesehatan jaban bayi kita, entah itu dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang mungkin jarang Anda lakukan ketika belum mengandung ataukah mengkonsumsi makanan yang kita anggap itu baik buat janin Anda, kesemuanya itu kita lakukan demi buah hati kita. Tapi perlu kita sadari tidak semua makanan yang dikonsumsi itu baik buat janin, Anda perlu mengetahui makanan yang sehat untuk ibu hamil.


Bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat itu sangatlah penting khususnya bagi pertumbuhan janin. Janin yang ada dalam kandungan membutuhkan asupan gizi yang cukup, sehingga bayi yang keluar akan sehat dan itu tergantung dari ibunya yang mengandung, apabila dia ingin anaknya sehat tentunya harus memperhatikan makanan yang baik bagi dirinya terlebih lagi terhadap janinnya. Sebenarnya banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa kita dapatkan tapi alangkah baiknya untuk konsultasikan hal itu kepada ahli gizi. Seputar kehamilan akan menguraikan beberapa makanan yang sehat untuk ibu hamil.

Berikut Adalah Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Telur
Untuk hal ini telur memiliki peranan yang penting bagi janin yang ada dalam kandungan. Terdapat sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral yang terkandung dari telur. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein yang sangat banyak serta kaya akan kolin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan otak bayi nantinya. Karena tanpa kandungan tersebut akan timbul kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi, oleh karena itu sebagai ibu sedang hamil atau mengandung untuk senangtiasa melakukan pencegahan dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi telur. Banyak diantara ibu-ibu hamil kurang memperhatikan hal ini padahal telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.


Memang telur memiliki kolesterol yang tinggi dan biasanya ini sangat dihindari, tapi telur juga memiliki lemak jenuh yang rendah. Sarannya untuk mengkonsumsi telur cukup 1-2 butir sehari dan tidak perlu lebih, karena untuk mengimbangi proses diet dengan rendah lemak jenuh pada telur.

Kacang
Terdapat berbagai jenis kacang yang kita jumpai. Kacang merupakan salah satu jenis sayuran dan diantaranya adalah kacang merah, kacang panjang, buncis dan lain sebagainya. Buncis contohnya, buncis jenis kacang terbaik karena memiliki kandungan serat dan protein yang sangat banyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Serat ini akan membantu dan mencegah terjadinya sembelit atau wasir, biasanya ibu hamil sangat sulit untuk buang air besar apalagi pada saat usia kehamilannya semakin bertambah dan perut juga semakin besar. Makanan yang mengandung serat itu kaya akan gizi dan inilah yang membuat kacang menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Selain itu pula didalam biji terdapat sumber yang baik yaitu zat besi, folat, kalsium dan seng.

Ikan Salmon
Sebagian wanita hamil kurang suka dengan makanan yang berbau ikan selain karena baunya yang amis mungkin juga karena jumlah merkury yang cukup tinggi. Jumlah merkury yang tinggi kurang baik bagi ibu hamil karena dapat membahayakan proses system saraf. Beda halnya dengan ikan salmon yang memiliki merkury yang sangat rendah jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Dan ini sangat cocok dikonsumsi bagi ibu hamil, tapi untuk mengkonsumsinya jangan terlalu berlebih demi mengurangi dampak dari merkury tersebut. Cukup mengkonsumsi sekitar tidak lebih dari 12 ons tiap minggu. Mengkonsumsi ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan proteinnya berkualitas.

Itulah tadi beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang pada umumnya banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Walaupun sebenarnya masih banyak jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang belum kami sebutkan. Mungkin Anda bisa mencari referensi lainnya ataukah konsultasikan langsung dengan dokter ahli gizi tentang hal makanan sehat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.