Selasa, 24 September 2013

Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dihindari

Setiap ibu hamil tentunya menginginkan kelahiran bayinya nanti dalam keadaan selamat dan sehat. Jangan sampai kecerobahan kita selama masa kehamilan akan berdampak buruk pada bayi kita nantinya. Ibu hamil membutuhkan asupan gizi lebih dan itu sudah kami bahas di gizi ibu hamil yang diperlukan, silahkan dibaca. Di masa kehamilan merupakan masa yang rawan apabila kita tidak menjaganya dengan baik, bisa-bisa terjadi keguguran. Kebiasaan buruk yang dilakukan pada masa kehamilan sebaiknya ditinggalkan, siapa tahu itu merupakan pantangan ibu hamil yang harus dihindari.


Beberapa pantangan ibu hamil akan berujung merugikan bagi dirinya sendiri terlebih lagi terhadap bayinya. Oleh karena itu, untuk pembahasan seputar kehamilan kali ini akan mengulas tentang pantangan ibu hamil.

Pantangan Ibu Hamil

Sebenarnya pantangan ibu hamil sangat banyak, ada pantangan yang ternyata hanyalah sebuah mitos dan ada juga yang memang betul-betul pantangan yang harus kita hindari. Dan itu sudah dijelaskan oleh sebagian orang. Namun kami akan memberikan yang merupakan pantangan ibu hamil yang sebenarnya.

Faktor Makanan
Kadang kita biasa mendengarkan sebagian orang banyak tentang ibu hamil dilarang memakan jenis makanan itu dan itu. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya salah, memang ada jenis makanan yang perlu ibu hamil hindari. Seperti contoh minuman berkafein seperti kopi atau teh, dan jenis minuman yang bersoda maupun ber-alkohol. Semuanya itu kurang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pantangan ibu hamil lainnya yakni makanan yang menggunakan pemanis buatan dan juga kalengan. Hampir semua jenis makanan ini mengandung bahan kimia yang sangat membahayakan perkembangan otak bayi, dan dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu mentah dan jangan juga yang terlalu masak. Makanan yang masih mentah biasanya menyisakan bakteri-bakteri dan makanan yang terlalu masak akan mengurangi nutrisi yang dikandung oleh makanan tersebut, padahal ibu hamil memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup bahkan lebih.

Faktor Kebiasaan
Pantangan ibu hamil yang terkait masalah kebiasaan sangat banyak. Diantaranya adalah agar tidak menggunakan sepatu yang tinggi, karena itu bisa menambah beban pada kaki ibu. Bagi ibu yang mempunyai kebiasaan merokok agar segera dihentikan, sebagaimana kita ketahui bersama merokok dapat merusak organ tubuh dan juga berdampak pada perkembangan bayi. Kemudian kebiasaan lainnya yang harus dihindari adalah mandi dengan air hangat, karena dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

Itulah tadi beberapa pantangan bagi ibu hamil yang harus kita waspadai semua. Semoga info yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan solusi bagi kita semua.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.