Minggu, 06 Oktober 2013

Betulkah Susu Kedelai Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Banyak dari kalangan ibu hamil beranggapan bahwa mengkonsumsi susu kedelai dapat berdampak buruk pada janinnya. Padahal kandungan yang terdapat pada susu kedelai begitu banyak. Apakah memang betul dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat berbahaya bagi ibu dan juga janin, dan bahkan bisa mengakibatkan keguguran? Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar, mengkonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil itu tidak dilarang. Tapi sebaiknya pada kehamilan trimester pertama untuk membatasi mengkonsumsi susu kedelai jangan sampai keseringan. Karena kandungan phytoestrogen yang terdapat pada susu kedelai berasal dari tumbuhan sehingga estrogen diproduksi oleh tubuh. Estrogen inilah yang dianggap berbahaya karena dapat memicu kontraksi pada rahim dimana perekat janinnya belum sempurna yang dapat berakibat keguguran.


Namun setelah anda melewati masa trimester pertama, maka anda dapat mengkonsumsi susu kedelai dengan jumlah yang wajar. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi susu kedelai dikarenakan perekat janin sudah kuat. Sebenarnya susu kedelai memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil asalkan dikonsumsi dengan tepat. Seputar kehamilan akan mencoba memberikan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Berikut ini yang perlu Anda ketahui mengenai manfaat susu kedelai bagi ibu hamil:

Kandungan Vitamin
Kandungan vitamin A, B dan E yang terdapat pada susu kedelai berguna menjaga kondisi ibu hamil untuk sehat.

Lemak Nabati
Tak jarang juga sebagian dari ibu hamil mengalami kolesterol tinggi. Dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat berguna memerangi kolesterol jahat yang berada dalam tubuh, sehingga kolesterol terkontrol dengan baik dan terhindar dari masalah kehamilan.

Karbohidrat
Kandungan karbohidrat merupakan salah satu asupan tambahan bagi ibu hamil dan menjadi sumber kekuatan untuk mengatasi kelelahan yang sering terjadi semasa kehamilan. Dengan demikian kandungan karbohidrat yang terdapat pada susu kedelai membuat energi bertambah dan terpenuhi.

Asam Folat
Ibu hamil sangat membutuhkan yang namanya nutrisi. Nutrisi yang mengandung asam folat terdapat juga pada susu kedelai. Kandungan asam folat sangat penting, karena dapat membantu perkembangan janin dan juga sel saraf.

Protein
Susu kedelai memiliki kandungan protein yang dapat membantu menjaga organ dalam tubuh selama masa kehamilan. Selain itu juga bermanfaat dalam membantu perkembangan janin secara optimal.

Sekarang Anda sudah tahu, apakah betul kalau susu kedelai berbahaya buat ibu hamil? Jawaban sudah jelas, dan tak perlu lagi khawatir dengan mitos-mitos kehamilan mengenai susu kedelai.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.