Jumat, 11 Oktober 2013

Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil, mungkin pernah dialami oleh setiap ibu hamil. Gejala ini masih terbilang wajar-wajar saja, karena berat badan yang bertambah saat hamil membuat beban kaki juga kian bertambah. Namun itu tak perlu dikhawatirkan, karena dokter sudah menyatakan hal demikian bahwa saat masa kehamilan kaki bengkak akan pasti dialami oleh setiap ibu hamil.


Adapun penyebab terjadinya kaki bengkak saat hamil, itu dikarenakan kecenderungan tubuh menahan cairan. Cairan tertimbun atau macet sehingga kaki jadi bengkak. Belum lagi keberadaan rahim yang semakin besar, aliran pembuluh darah yang mengalir dibagian kaki tergencet, akibatnya aliran darah balik ke jantung menjadi terganggu. Masalah kaki bengkak saat hamil biasa terjadi disaat usia kehamilan trimester tiga atau 7 bulan keatas.

Terus, bagaimana mengatasi bengkak? Paling tidak mengurangi bengkak yang terjadi pada kaki. Seputar kehamilan kali ini akan mencoba berikan beberapa tips yang perlu dicoba dalam mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  1. Saat anda tidur, sebaiknya posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung. Anda dapat mengganjal kaki dengan bantal, hal ini dilakukan untuk menjaga sirkulasi darah mengalir dengan baik.
  2. Disaat tidur pula, sebaiknya juga tidur dalam keadaan posisi miring ke arah kiri ataupun kekanan. Hal ini membuat tekanan terhadap tubuh menjadi berkurang.
  3. Berdiri terlalu lama juga merupakan faktor kaki jadi bengkak. Oleh karena itu, dimasa usia kehamilan tersebut untuk tidak terlalu membebankan dengan pekerjaan terlalu berat. Perlu istirahat yang cukup dalam menjaga kehamilan.
  4. Berjalan pada dasar kolam renang, akan membuat perederan darah sejenak berjalan normal. Anda dapat melakukan hal tersebut untuk mengatasi kaki bengkak.
  5. Melakukan olahraga ringan, berjalan adalah olahraga ringan yang baik dilakukan oleh ibu hamil. Lakukanlah dipagi hari saat kehamilan sudah masuk trimester tiga.
  6. Jangan memakai sepatu yang bertali, justru akan menghambat peredaran darah.
  7. Anda dapat melakukan kompres pada kaki yang lagi bengkak.
Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.