Kamis, 03 Oktober 2013

Keluhan-Keluhan Kehamilan Trimester Kedua

Fase kehamilan trimester kedua dikatakan fase yang membahagiakan buat ibu hamil, karena difase ini usia kehamilan sudah mencapai 4 - 6 bulan dimana perkembangan janin sudah membentuk. Rasa mual dan muntah yang sering dialami pada trimester pertama kini mulai berkurang, dan kondisi badan mulai terasa lebih nyaman.


Namun keluhan-keluhan tetap saja ada pada trimester kedua ini. Kehamilan yang semakin besar membuat sang ibu akan terasa sesak saat bernafas meskipun tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat. Hal ini sering terjadi dan dianggap wajar-wajar saja karena kehamilan yang membesar membuat paru-paru terdesak, sehingga menyulitkan untuk bernafas. Untuk mengatasinya, ibu hamil sering melakukan latihan yoga untuk melatih pernapasan serta menjaga kondisi badannya.

Selain itu, pada kehamilan trimester kedua sering kali terjadi gangguan pada pencernaan. Dimana ibu mengalami kesulitan buang air besar, sebaiknya dalam keadaan seperti ini untuk perbanyak minum air putih, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar, silahkan baca infonya buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi.

Biasanya gairah seksual pada kehamilan trimester kedua meningkat, dikarenakan produksi hormone estrogen mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tapi anda perlu hati-hati saat melakukan hubungan, jangan sampai perut yang sudah besar itu terpencet.

Sebaiknya setiap ibu untuk senangtiasa menjaga menjaga kehamilannya dan hindari aktifitas-aktifitas yang dapat berdampak pada kandungan dan juga sang ibu. Adapun yang perlu diperhatikan dan dihindari pada kehamilan trimester kedua adalah sebagai berikut:
  • Hindari dari kebiasaan mengambil barang dalam keadaan membungkuk, karena akan membuat perut anda tertekan. Sebaiknya anda mengambil dalam keadaan jongkok.
  • Jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat, cukup dengan melakukan gerakan yang ringan saja.
  • Hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba atau spontan, seperti membalikkan badan dengan cepat. Hal ini akan dapat membahayakan janin anda.
  • Perbanyak istirahat agar organ tubuh seperti jantung, hati dan paru-paru tidak bekerja terlalu keras.
  • Mulailah untuk membiasakan memijat dengan lembut payudara anda agar menghasilkan ASI yang cukup buat sang bayi nanti.
  • Hindari memakai sepatu atau sandal hak tinggi.
  • Posisi pada saat anda tidur sebaiknya menyamping agar kandungan terjaga dengan baik.
  • Menggunakan bra yang bagus dan pas ukuran sehingga dapat menyangga payudara ibu dengan baik.
  • Jangan berdiri terlalu lama karena dikhawatirkan nanti pingsan atau terjadi pembekakan pada kaki.
  • Jangan terlalu banyak berpikir yang kadang membuat orang stress atau depresi.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.