Minggu, 06 Oktober 2013

Mengenai Kehamilan 7 Bulan

Pada kehamilan 7 bulan telah memperlihatkan perubahan yang pesat pada janin dimana zat lemak bernama verinix menutupi kulit janin, dan membuat janin tidak basah dari cairan amnion sehingga tubuhnya akan terus merasa hangat. Perkembangan fungsi otak pada janin mulai memperlihatkan perubahan. Disekitar permukaan otak akan berkerut yang menandakan ada perkembangan selanjutnya. Lama proses pengerutan lima hari, maka setelah itu, sel-sel saraf mulai terlapisi dengan lapisan lemak. Hal ini akan mempercepat dan mempermudah proses penyampaian rangsangan dari ujung sel-sel saraf.


Pada minggu ke 25 berat janin sekitar 700 gram dan panjang mencapai sekitar 22 cm dari kepala hingga ke bokong. Kemudian jarak puncak hingga simfisis pubis mencapai 25 cm. Sebaiknya untuk selalu melakukan pemeriksaan USG rutin 2 kali seminggu, supaya diketahui perkembangan janinnya dikhawatirkan terganggu atau tidak. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari adanya indikasi medis seperti hipertensi atau preeklampsia.

Perkembangan janin ketika sudah memasuki minggu ke 26 darah akan mulai mengalir melalui pembuluh darah kapiler yang berada dibawah jaringan kulit janin. Kulit akan berubah, kalau sebelumnya keriput kini perlahan-lahan menjadi halus dan licin. Mata mulai terbentuk dan telinga mulai merasakan pendengaran. Ukuran kepala mulai menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya.

Berat janin di usia ini sekitar 850 gram dengan panjang sekitar 23 cm dari kepala sampai bokong. Denyut jantung mulai kita rasakan dan didengar, biasanya terjadi 120-160 denyut permenit itu normalnya. Pada masa ini pula keluhan-keluhan akan mulai bermunculan seperti nyeri pinggang, nyeri pada tulang rusuk, kram kaki dan sakit kepala. Rasa nyeri pun dirasakan pada perut bagian bawah dikarenakan saat bayi bergerak. Tekanan yang terjadi pada organ tubuh yaitu usus kecil dan kantung kemih diakibatkan rahim semakin membesar. Sehingga ibu hamil akan sering bolak balik masuk toilet karena beser.

Memasuki minggu ke 27, beratnya sudah mencapai 1000 gram dan panjangnya 34 cm. Mata mulai bisa melihat, kelopak mata terbuka secara perlahan-lahan. Mulai bernafas diambil dari air bukan udara, sehingga sangat baik untuk paru-parunya.

Pada minggu ke 28 perkembangan janin semakin mulai terasa, dimana gerakannya yang begitu kuat ditambah lagi denyut jantung mulai jelas terdengar. Berat badan pada usia ini tidak terlalu meningkat hanya sekitar 1100 gram dan panjangnya 35-38 cm. Tapi tubuhnya sudah kelihatan berisi dikarenakan bertambah jumlah lemak. Jaringan otak akan juga meningkat jumlahnya. Rambut mulai tumbuh dan bertambah panjang, kelopak matanya mulai terbentuk begitu pula dengan alis. Juga hilangnya selaput yang menutupi bola mata.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.