Jumat, 04 Oktober 2013

Mengenal Kehamilan Trimester

Mari kita untuk lebih mengenal lagi kehamilan trimester. 40 minggu masa kehamilan dan kelahiran dibagi menjadi trimester kehamilan. Masing-masing tiga periode terakhir sekitar tiga bulan. Membagi periode kehamilan sembilan bulan dengan cara ini membantu dokter melacak perkembangan selama kehamilan. Hal ini juga lebih mudah bagi ibu untuk melacak perubahan dalam tubuhnya jika merujuk berdasarkan jadwal trimester. Dibawah ini, seputar kehamilan akan membahas masing-masing perkembangan yang terjadi selama tiga trimester kehamilan.


Trimester Satu 

Trimester pertama berlangsung dari waktu Anda hamil dua belas minggu kehamilan. Morning sickness merupakan hal yang mungkin sering dialami pada trimester ini. Kelelahan, pusing, dan kepekaan terhadap lingkungan juga umum terjadi selama ini. Perubahan hormonal membuat indera penciuman yang sangat tajam, sehingga Anda menjadi sensitif terhadap bau yang kuat. Makanan tertentu dapat menyebabkan mual. Anda mungkin merasakan hasrat untuk makanan lain dan menyehatkan, silahkan baca makanan sehat untuk ibu hamil. Karena sistem pencernaan dipengaruhi karena perlambatan keseluruhan dalam metabolisme, Anda mungkin akan mengalami masalah gangguan pencernaan dan sering mulas.

Anda dapat memerangi semua gejala ini dengan makan makanan kecil, makan kerupuk dan makanan ringan, dan menghindari merokok dan minuman berkafein. Pastikan untuk menjaga kebersihan dan minum banyak air. Ini juga merupakan waktu yang baik untuk mulai mempertahankan jurnal kehamilan . Sebuah jurnal membantu Anda melacak kemajuan kehamilan dan perubahan fisik yang Anda jalani.

Trimester Dua 

Kehamilan trimester kedua merupakan masa dimana tingkat kejenuhan mulai berkurang dibanding pada trimester pertama. Anda dapat bersantai, karena mual dan kelelahan tidak akan seburuk mereka selama trimester pertama. Bayi tumbuh lebih cepat selama tahap ini. Dokter Anda akan dapat memonitor detak jantung bayi selama trimester kedua. Perubahan suasana hati bisa menjadi perhatian. Hal ini dapat diatasi dengan makanan yang baik dan olahraga. Jika Anda merasa tertekan secara konsisten , konsultasikan dengan dokter Anda .

Trimester Tiga 

Janin tumbuh dan berkembang sepenuhnya selama trimester ini. Anda mungkin merasa kram selama tahap ini. Kelelahan juga kembali setelah trimester kedua. Jantung, paru-paru, dan mata bayi berkembang sepenuhnya selama tahap ini. Perkembangan otak dan kepala menjadi lebih besar pada bayi. Bayi memperoleh berat karena timbunan lemak di bawah kulitnya. Kemudian lemak ini membantu dirinya tetap hangat di dunia luar.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.