Rabu, 23 Oktober 2013

PENEMUAN MENARIK TENTANG PERILAKU MANUSIA

PENEMUAN MENARIK TENTANG PERILAKU MANUSIA

Ivan Taniputera
23 Agustus 2013
 
Tayangan Aircrash Investigation hari ini mengenai pesawat yang terbakar mesinnya. Namun hal paling menarik bagi saya adalah penelitian mengenai perilaku manusia. Saat asap tebal mulai memasuki pesawat dan kebakaran semakin bertambah dashyat, para penumpang saling dorong mendorong, sehingga akhirnya justru terjepit di pintu ke luar. Inilah yang disebut dengan fenomena leher botol (botol neck). Akibatnya, terjadi kemacetan yang menghambat evakuasi. Masing-masing orang mengerahkan segala cara demi menyelamatkan dirinya. Padahal jika mereka berbaris dengan tertib tentunya lebih banyak yang selamat.

Helen Muir seorang ahli ilmu kejiwaan terkemuka lantas mengadakan penelitian mengenai perilaku manusia saat terjadinya kebakaran di pesawat tersebut dengan menggunakan para sukarelawan. Kondisi dalam pesawat saat berlangsungnya kebakaran hendak direka ulang dengan menggunakan sukarelawan yang berperan sebagai penumpang. Tentu saja, dalam penelitian ini tidak perlu menciptakan kebakaran sungguhan, karena sangat berbahaya. Oleh karenanya, Muir menggantinya dengan uang. Barangsiapa yang berhasil keluar terlebih dahulu akan memperoleh hadiah berupa uang. 

Benar saja, terjadilah peristiwa yang sama dengan saat kebakaran. Bedanya, saat kebakaran yang mereka kejar adalah nyawa mereka sendiri; sedangkan saat simulasi yang diperebutkan adalah uang. Berdasarkan kenyataan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam kondisi genting atau ekstrim, manusia hanya akan mengingat dirinya sendiri atau orang yang dicintainya, dan sulit sekali mengingat nasib orang lain. Mereka dorong mendorong demi menyelamatkan dirinya sendiri atau mendapatkan uang. 

Rekacipta dengan menggunakan perangsang berupa uang itu merupakan gagasan yang luar biasa cerdas. Saya mulanya tidak menduga bahwa akan digunakan uang. Saya sebelumnya bertanya-tanya bagaimana merekayasa suatu kondisi yang mirip dengan kebakaran di pesawat tersebut. Inilah yang menjadikan serial kali ini mengesankan. Bukan hanya masalah teknis, melainkan juga perilaku manusia yang ditelaah.

Akhirnya, direkomendasikan agar membuat pintu yang lebih lebar guna mencegah kemacetan saat evakuasi dan desain bagian dalam pesawat yang lebih aman.
Informasi lebih lanjut silakan pelajari di http://en.wikipedia.org/wiki/British_Airtours_Flight_28M

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.