Kamis, 10 Oktober 2013

Waspadalah Terhadap Kelahiran Prematur

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kelahiran normal itu terjadi pada usia kandungan 38-42 minggu. Dibawah dari pada itu, maka kelahiran tersebut adalah prematur. Bayi yang lahir dalam keadaan prematur dibutuhkan segera perawatan intensif, terkait dengan organ paru-parunya masih belum terbentuk sempurna. Maka dengan itu bayi akan diberikan alat ventilator yang berguna untuk membantu bisa bernafas.


Kelahiran prematur pada bayi juga mempengaruhi suhu tubuhnya, sehingga bayi mengalami hipotermi atau kedinginan karena tidak mampu menjaga suhu tubuh normal. Selain itu pula bayi yang lahir prematur akan berdampak pada kesehatannya. Seperti pendarahan otak, apabila ini terjadi maka bisa mengakibatkan infeksi aliran darah. Gangguan lainnya pada penglihatan, gangguan fungsi motorik, dan penyakit paru-paru kronis.

Bagi ibu yang sedang mengandung untuk selalu mewaspadai kelahiran prematur, karena tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi pada anda. Selama hamil sebaiknya untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan pemeriksaan rutin kedokter supaya bisa mengetahui perkembangan bayi anda. Kelahiran prematur terjadi pada ibu yang memiliki riwayat kelahiran prematur sebelumnya, dan juga terjadi pada ibu yang mengandung bayi kembar. Dapat juga dipengaruhi dengan mengkonsumsi obat yang berbahaya bagi janin. Selain itu, melakukan aktifitas yang berat juga berpengaruh dalam kelahiran prematur.

Ada baiknya para ibu yang lagi mengandung buah hatinya, untuk mengetahui tanda-tanda kelahiran prematur sebagai berikut:
  • Sering mengalami kontraksi disaat usia kehamilan masih dibawah 37 minggu. Ada sekitar 4-5 kali mengalami kontraksi dalam kurun satu jam. 
  • Kram yang dirasakan pada bagian perut padahal usia kehammilan belum memasuki 42 minggu.
  • Nyeri pinggul yang dirasakan pada bagian bawah secara intensif, membuat ingin untuk buang air besar dan mengejan. 
  • Mengeluarkan cairan secara berlebihan pada daerah kewanitaan ketika usia kandungan belum memasuki 9 bulan dan terdapat flek merah terang. 
  • Vagina mengeluarkan cairan yang merembes kemana-mana. 
Sudah sepatutnya untuk selalu mewaspadai kelahiran prematur. Terus bagi ibu yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur untuk juga berhati-hati, kalau bisa menunda kehamilan berikutnya sampai kondisi ibu betul-betul stabil. Tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan info lebih lanjut. Demikianlah info seputar kehamilan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. 

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.