Sabtu, 23 November 2013

APAKAH SEBENARNYA PEKERJAAN YANG COCOK ITU?

APAKAH SEBENARNYA PEKERJAAN YANG COCOK ITU?

Ivan Taniputera
24 November 2013



Pada kesempatan kali ini, kita akan membicarakan mengenai pekerjaan yang cocok bagi kita. Beberapa orang berkonsultasi pada saya mengenai pekerjaan yang cocok. Tentu saja saya dapat menghitung pekerjaan yang cocok berdasarkan metafisika Barat dan Timur: Astrologi, Ziweidoushu, beserta Bazi. Namun yang terpenting bukanlah hal tersebut. Lalu apakah hal yang terpenting? Sesungguhnya pekerjaan yang cocok adalah:

PEKERJAAN YANG MEMBUAT KITA BAHAGIA

Jadi, hal terpenting bukan terletak pada apa yang dikatakan ilmu metafisika, melainkan apa yang dikatakan batin Anda sendiri. Ada orang yang bertanya pada saya apakah pekerjaan dijalaninya selama ini sudah cocok untuknya. Saya lalu bertanya, apakah ia sudah bahagia dan mantap dengan pekerjaan tersebut. Ia menjawab bahwa ia senang menekuni pekerjaan itu. Saya lalu menjawab bahwa jika ia sudah senang dengan pekerjaan tersebut, maka itu merupakan pekerjaan yang cocok baginya.

Kita boleh saja berkonsultasi pada ilmu metafisika. Hal itu tidaklah dilarang. Namun apa pun hasilnya semua berpulang pada diri kita sendiri. Ilmu metafisika hanya sekedar sarana yang dibuat oleh umat manusia. Jika seandainya hasil yang diberikan ilmu metafisika bertentangan dengan pekerjaan Anda sukai, maka tetap jalankanlah pekerjaan yang Anda sukai tersebut.

Tujuan utama dari bekerja adalah mengabdi pada masyarakat. Apa pun pekerjaan Anda, selama itu mengabdi pada masyarakat dan sesama, maka merupakan pekerjaan yang baik. Tetap ikuti kata hati Anda.

Ada juga yang bertanya apakah dengan berganti profesi yang sesuai menurut ilmu metafisika, ia akan bertambah makmur atau makin sukes? Kita hendaknya menjawab hal ini dengan logika. Segala sesuatu dibentuk oleh banyak faktor, demikian pula dengan kesuksesan. Hanya berpatokan pada ilmu metafisika saja apakah bisa menjamin kesuksesan? Anda bisa saja mengatur tempat usaha Anda berdasarkan kaidah-kaidah ilmu Fengshui, namun jika Anda bermalas-malasan dalam bekerja, apakah bisa sukses? Sekali pun pekerjaan itu sudah sesuai berdasarkan astrologi atau bazi Anda, tetapi bila Anda tidak memiliki keahlian yang memadai tentangnya, apakah akan berhasil menuai kesuksesan? Sebagai contoh, orang yang pekerjaan baiknya berelemen kayu, apakah akan sukses dengan semua pekerjaan berelemen kayu? Salah satu contoh pekerjaan berelemen kayu adalah dokter spesialis hati (hati berunsur kayu menurut teori lima unsur atau wuxing dalam metafisika China). Namun apakah setiap orang yang cocok dengan elemen kayu dapat menekuni pekerjaan tersebut? Tentu saja tidak, karena tidak setiap orang memiliki kesempatan atau senang menjadi dokter spesialis hati.

Karenanya, berdasarkan kenyataan di atas, memilih pekerjaan yang cocok itu ada banyak faktor dan pertimbangan. Kita jangan hanya berpatokan pada ilmu metafisika semata.

Demikianlah semoga dapat menjadi bahan renungan bagi kita. Semoga bermanfaat.

Artikel-artikel menarik lainnya silakan kunjungi dan bergabung dengan  https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.