Rabu, 11 Desember 2013

BUKU ENSIKLOPEDIA SOSIALISME

BUKU ENSIKLOPEDIA SOSIALISME

Ivan Taniputera
12 Desember 2013



Judul buku: Ensiklopedia Sosialisme
Pengarang: S. Surjountoro
Penerbit: Ksatrya, Surabaya, 1963
Jumlah halaman: 102

Ini merupakan buku yang membahas mengenai istilah-istilah dalam politik secara singkat. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

ANARCHISME. Mula-mula bertudjuan baik dan tinggi. Aliran ini berpendapat, bahwa manusia sebenarnja baik, tapi kemudian dirusak karena adanya negara jang menghalang-halangi perkembangannja. Karena menurut adjaran anarchisme, negara harus dibinasakan. Djiwa manusia harus berkembang sedemikian luhurnja, sehingga sendi dasar pergaulan adalah bakti dankasih sajang, berbakti kepada Tuhan dan kasih sajang sesama manusia......... (halaman 7)

HOLOPIS KUNTUL BARIS. Semangat holopis kuntul baris adalah termasuk salah satu diantaranja pengedjawantahannja kesedaran-sosial.-Dengan semangat holopis kuntul baris itu jang hakekatnja mempunjai persamaan dengan Gotong-rojong.-Holopis kuntul baris nampaknja adalah dalam mengerdjakan sesuatu, terutama jang besar-besar, setjara serentak beramai-ramai, (lihat: Gotong Rojong) (halaman 35).

MONTESQUIEU. Sardjana Perantjis diabad ke XVIII. Dia pentjipta adjaran Trias Politika, jakni sistim pembagian 3 kekuasaan jang masing-masing terpisah dalam bentuk pemerintahan negara. (lihat Trias Politika). (halaman 60).

Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.