Rabu, 25 Desember 2013

BUKU TENTANG PERISTIWA ANEH SERTA GAIB, MAKNA MIMPI, DAN LAIN SEBAGAINYA

BUKU TENTANG PERISTIWA ANEH SERTA GAIB, MAKNA MIMPI, DAN LAIN SEBAGAINYA

Ivan Taniputera
25 Desember 2013



Judul: 1001 Kedjadian Aneh dan Gaib
Penulis: Han Ngo Bie (Lioe An Tjoe)
Penerbit: Toko Buku Ho Kim Yoe, Semarang, 1948
Jumlah halaman: 106.

Buku ini berisikan mengenai beberapa peristiwa aneh serta gaib, tafsir mimpi, makna telinga berbunyi, hati berdebar-debar, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh pada halaman 24 diriwayatkan mengenai asal mula nama Sun Yat Sen:

"Kenapa dinamakan Sun Yat Sen?

Di dalam buku "Soen Boen Thoan" ada dituturkan tatkala Dr. Sun Yat Sen akan dilahirkan oleh ibunja, papa besarnja dapat mengimpi, ketemu satu orang tua jang bawa tungkat mengampiri padanja.
Itu orang tua bilang padanja, bahwa ia ada satu dewa jang sedang mengumbara, maka tatkala baji itu lahir, ia lantas kasih nama Yat Sen, artinja Dewa mengumbara, buat peringatkan impiannja itu.
Kalau dipikir-pikir nama itu sungguh surup sekali, sebab bolehlah dikata, sedari ketjil sampai tua, Dr. Sun selalu mengumbara dari satu ke lain tempat, dan djuga bukan lain dari ia jang telah bikin Tiongkok dari satu negeri Monarchie sampai djadi ..... Republiek, satu pekerdjahan besar jang tidak sembarang orang bisa lakukan: beberapa kali ia hampir dibinasakan oleh orang Manchu, tetapi saban kali ia bisa lolos sebagai ....... dewa."

Selanjutnya terdapat pula uraian mengenai berbagai firasat, misalnya di halaman 25 diuraikan mengenai makna kedutan di mata:

"Antara djam 1 sampai 3 malam, djika mata kiri kedutan: akan dapat warta duka atau kurang baik: kapan bagian kanan: dikenangkan orang..."

Pada halaman 33 terdapat "Alamat muka merasa panas":

"Djam 11 malam sampai djam 1 liwat tengah malam, firasat bakal dapat kabar girang, atawa setidak-tidaknja baik djuga..."

Pada halaman 42 terdapat "Impian jang berhubung dengan Bumi, Gunung, Batu, dan Pohon:

"Kapan mengimpi bumi bergojang dan tuan ada ada seorang jang mendjabat pekerdjahan negeri, tuan akan dipindah kelain tempat...."

Berikut ini adalah contoh salah satu halamannya:


Berminat foto kopi, hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.