Selasa, 31 Desember 2013

LANGIT BUMI MANUSIA

LANGIT BUMI MANUSIA

Ivan Taniputera
31 Desember 2013



Seseorang menanyakan mengajukan pertanyaan terhadap artikel Fengshui yang saya tulis, jika seluruh kaidah Fengshui telah dilaksanakan namun seluruh keturunannya bersikap malas, apakah mereka dapat menuai kesuksesan. Sebenarnya menurut ilmu metafisika terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keberuntungan seseorang, yakni:

  • Langit (天 Tian)
  • Bumi (地 Di)
  • Manusia (人 Ren)
Ini adalah tiga faktor yang saling terkait dan tidak terpisahkan serta harus dianalisa secara keseluruhan.

Faktor Langit ini secara umum adalah konfigurasi planet dan perbintangan saat seseorang dilahirkan. Hal ini dapat dihitung berdasarkan ilmu astrologi, baik Barat atau pun Timur. Parameter utamanya adalah jam dan tanggal kelahiran seseorang. Meskipun demikian, ini juga mencakup kondisi cuaca dan iklim atau faktor meteorologi. Kondisi cuaca tentunya juga sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Bahkan perang dan damai juga dipengaruhi oleh cuaca atau iklim. Sebagai contoh adalah serangan Napoleon yang gagal karena turunnya musim dingin. Pasukan Mongolia tercerai berai sebelum sanggup menaklukkan Jepang karena hembusan dashyat angin kamikaze. Demikianlah contoh-contoh betapa berpengaruhnya faktor Langit.

Faktor Bumi secara umum adalah kondisi kebumian tempat kediaman seseorang. Di China kita mengenal apa yang disebut Fengshui. Meskipun demikian, menurut saya ini juga mencakup kondisi negara tempat seseorang hidup dan dilahirkan. Meskipun seseorang dilahirkan pada tanggal dan jam yang sama, namun di negara berbeda, tentunya perjalanan hidup orang tersebut akan berlainan pula.

Faktor Manusia adalah segala sesuatu yang terkait pribadi seseorang, misalnya pendidikan, keterampilan, pola pikir, perilaku, dan lain sebagainya. Meski seseorang dilahirkan pada tanggal dan jam sama, namun memiliki tingkatan pendidikan berbeda, maka jalan hidup orang tersebut juga pasti berlainan.

Oleh karenanya, kita tidak dapat menganalisa hanya dari satu faktor saja. Pertanyaan apakah hanya dengan mematuhi kaidah Fengshui saja seseorang akan sukses hendaknya dijawab dengan TIDAK, karena kita belum menganalisa faktor Manusia dan Langit. Jika seseorang bermalas-malasan kendati menempati rumah dengan Fengshui baik, tentunya juga tidak akan membuahkan kesuksesan. 

Itulah sebabnya kita harus berusaha memaksimalkan faktor-faktor yang menentukan dalam kehidupan manusia tersebut.

Artikel menarik lain silakan kunjungi https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.