Jumat, 27 Desember 2013

MENGANGKAT DAN MENEKAN: SEPASANG PRINSIP FENGSHUI YANG PENTING

MENGANGKAT DAN MENEKAN: SEPASANG PRINSIP FENGSHUI YANG PENTING

Ivan Taniputera
28 Desember 2013




Dewasa ini karena semakin padatnya kawasan hunian, semakin sulit pula menemukan tanah atau rumah yang baik menurut kaidah Fengshui, apalagi faktor harga properti juga memiliki peran sangat menentukan. Ada seorang kawan berputar-putar mencari tanah yang baik menurut Fengshui dan terjangkau oleh kantong kawan tersebut. Ini bukanlah tugas yang mudah, setelah seharian berputar-putar mencarinya, tidak juga kunjung menemukan tanah atau rumah yang diharapkan. Jika ada yang sesuai dengan kaidah Fengshui, maka harganya tidak sesuai; sebaliknya jika ada yang murah maka harganya tidak sesuai.
Kasus lain adalah seseorang yang mendiami sebuah rumah. Sebenarnya rumah itu tidak begitu jelek menurut kaidah Fengshui. Kurang lebih 60 persen sudah memenuhi. Hanya saja ternyata setelah dilakukan kalkulasi berdasarkan metoda Bintang Terbang (Feixing) ruangan tempat ia tidur itu ditempati oleh bintang-bintang yang kurang baik. Pindah kamar tidur ke lokasi yang bagus tidaklah memungkinkan. Lalu apakah yang harus dilakukan?

Mengangkat dan menekan adalah dua prinsip penting dalam Fengshui. Kedua prinsip ini hendaknya dikuasai dengan baik oleh setiap praktisi Fengshui.  Apakah maksud keduanya?

  • Mengangkat berarti adalah meningkatkan energi-energi yang bagus dalam Fengshui, sehingga yang bagus akan semakin bagus.
  • Menekan berarti melemahkan energi-energi buruk dalam Fengshui, sehingga kekuatannya semakin berkurang atau melemah.

Kedua prinsip ini perlu digunakan secara simultan dan tepat, sehingga menghasilkan efek maksimal. Jikalau kita memahami dua prinsip ini, maka tidak masalah jika sebuah rumah atau tanah tidak benar-benar bagus menurut Fengshui. Semuanya masih dapat diakali. Cara-cara yang umum dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Dengan bentuk rumah. Bagian yang baik akan ditonjolkan, sedangkan bagian yang buruk akan dipotong.
  • Dengan topografi. Bagian yang baik dibuat lebih tinggi, sedangkan bagian yang buruk dibuat lebih rendah.
  • Dengan arah. Pintu diubah ke arah yang baik.
  • Dengan benda-benda atau simbol-simbol tertentu. Misalkan untuk mengatasi rumah "tusuk sate," menekan bintang-bintang buruk dan lain sebagainya.
  • Dengan menggunakan talisman atau hu.
  • Cara-cara lain yang bergantung dari masing-masing praktisi.
Oleh karenanya, kita tidak perlu khawatir apabila memiliki rumah yang tidak sesuai dengan kaidah Fengshui. Kita hendaknya berpikir rasional dan logis. Kriteria terpenting adalah apakah harga rumah tersebut terjangkau oleh kondisi keuangan kita. Jangan memaksakan diri membeli sesuatu yang mengakibatkan jebolnya pundi-pundi keuangan Anda, hanya demi Fengshui. Sebagian besar hal masih dapat diperbaiki, terkecuali yang sangat parah. Satu hal penting lagi, memperbaiki hal yang cacad secara Fengshui tidak harus mahal, banyak cara-cara yang murah dan meriah.

"Mengangkat" dan "Menekan" adalah ibaratnya pasangan yin-yang selaku wujud keseimbangan alam yang harus dikuasai dengan baik. Tentu saja prinsip ini juga harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Dengan demikian, kita juga pula melibatkan faktor penghuni, yakni dengan menganalisa pula Bazi, Ziweidoushu, dan astrologi para penghuni, sehingga hasil yang baik dapat dicapai.

Artikel-artikel menarik lainnya silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.