Senin, 27 Januari 2014

Asal Usul Nyi Roro Kidul

Asal Usul Nyi Roro Kidul Pada Jaman dahulu, ada seorang Ratu sangat cantik bagaikan Bidadari dan kecantikannya tak pernah pudar di sepanjang Zaman, dia adalah Nyi Roro Kidul.Di sebelah selatan pulau Jawa, letaknya dasar Laut, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang sangat besar dan Indah.

Sejarah adanya Nyi Roro Kidul.

Menurut cerita, ada seorang wanita sangat cantik, sampai orang-orang yang melihat begitu terpana akan kecantikannya.Karena kecantikannya, ia sering disebut Dewi Srengenge, yang artinya Matahari Jelita.

Kadita adalah putri Raja Munding Wangi, walaupun Kadita sangat elok akan wajahnya, tetapi Raja tetap berduka karena tidak mempunyai anak seorang laki-laki yang nanti sebagai penerus generasi sang Raja.Setelah Raja menikah dengan Dewi Mutiara, lahirlah seorang laki-laki yang di idam-idamkan oleh sang raja.Akan tetapi, karena merasa Dewi Mutiara mendapat perhatian penuh, dia mulai mengajukan tuntutannya, antara lain :Pertama memastikan putranya menggantikan tahta
Kedua Dewi Kadita harus di usir dari Istana.Permintaan pertama dikabulkan, tetapi permintaan kedua yaitu mengusir Dewi Kadita, sang Raja Munding Wangi tidak bersedia.

"Ini keterlaluan," sabdanya. "Aku tidak akan mengabulkan permintaanmu yang keji itu," sambungnya.Mendengar jawaban kasar dari sang Raja, Dewi Mutiara hanya tersenyum manis, sehingga kemerahan Raja perlahan-lahan hilang.Keesokan harinya, Dewi Mutiara pengutus inang memanggil seorang tukang sihir, namanya Jahlil.Si Jahlil diperintahkan, agar kepada Dewi Kadita dikirimkan guna-guna.

"Bikin tubuhnya berkudis dan berkurap," perintahnya. "Kalau berhasil melakukannya, ku beri hadiah besar untuk mu!" sambungnya. Si Jahlil menerima perintah Dewi Kadita.Malam harinya, saat Dewi Kadita tidur sangat lelap, masuklah angin semilir ke dalam kamarnya.Angin itu berbau sangat busuk, seperti bau bangkai.. Saat Kadita terbangun, ia begitu kaget, karena seluruh tubuh penuh dengan kudis, bernanah dan baunya sangat busuk.Saat Raja Munding Wangi melihat kondisi putrinya, dia sangat sedih dalam hatinya.Dia tahu bahwa yang diderita Kadita itu adalah guna-guna seseorang.

Sang Raja sangat yakin, bahwa Dewi Mutiara lah pelakunya, hanya saja, bagaimana membuktikannya?Atas desakan Patih, putri yang semula sangat cantik itu mesti dibuang jauh agar tidak menjadi aib.Maka berangkatlah Dewi kadita seorang diri, bagaikan pengemis yang di usir.Namun dia tetap percaya, bahwa Sang Maha Pencipta akan membantu suatu saat nanti.Siang & malam ia berjalan, Tujuh hari tujuh malam dia tempuh, hingga akhirnya dia tiba di Tepi Laut Selatan.Kemudian dia menatap laut itu, tiba-tiba dia mendengar ada suara yang memanggil agar ia menceburkan diri ke laut.

 
Panggilan itu ia patuhi, dan langsung menceburkan diri ke dalam Laut.Saat dia memasuki laut, tiba-tiba tubuhnya langsung pulih kembali seperti semula.Bukan hanya itu dia bisa menguasai seluruh lautan beserta isinya dan mendirikan kerajaan mewah, kokoh, indah dan berwibawa.saat itulah dia disebut sebagai Ratu Laut SelatanKonon Nyi Roro Kidul itu tak lain adalah seorang Jin yang mempunyai kekuatan Dahsyat. Hingga saat ini masih saja ada orang yang mencari kekayaan dengan jalan yang pintas yaitu menyembah Nyi Roro Kidul.Mereka yang menyembah akan mendapat kekayaan, tetapi harus mengorbankan seseorang & bahkan keluarganya sendiri.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.