Minggu, 12 Januari 2014

Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Cara memilih kosmetik yang aman – kosmetik tidak dapat dipisahkan dengan kaum wanita, hal ini dikarenakan wanita selalu ingin tampil cantik dan sempurna. Dengan menggunakan kosmetik kekurangan-kekurangan pada wajah dapat diminimalisir. Jadi jika anda memergoki teman wanita anda sedang bersolek ataupun membawa kosmetik jangan heran karena itulah memang kebiasaan kaum wanita.

Banyak merk dan macam kosmetik di pasaran dengan manfaat dan kandungan bermacam-macam. Namun apakah kosmetik yang anda pakai sudah aman?oleh sebab itu artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih kosmetik yang aman.

cara memilih kosmetik yang aman


Bagaimana sih cara memilih kosmetik yang aman?

      1. Cara memilih kometik yang aman pertama yaitu lebel halal
Cara memilih kosmetik aman yang pertama Anda harus mengamati lebel halal pada kemasan kosmetik, hal ini disebabkan kosmetik yang telah berlebel halal maka bahan-bahan yang digunakan pada kosmetik tersebut aman dan pastinya berguna bagi tubuh.

      2. Lihat kode kelegalan produk
Cara memilih kosmetik yang aman selanjutnya dengan melihat kode kelegalan produuk. Keamanan bagi pemakai produk dapat dipastikan dengan melihat ada tidaknya kode legal pada kemasan produk. Kode legal tersebut diberikan kepada pihak produsen oleh badan kesehatan dan badan pengawas obat serta makanan, dengan tahapan-tahapan tertentu hingga produk tersebut dapat dikatakan legas atau aman. Kode legal yang tercantum dapat meliputi

CD untuk kosmetik produksi lokal
CL untuk kosmetik impor
TR untuk produk yang tergolong jamu tradisional
TL untuk produk yang tergolong jamu impor

      3. Lihat tanggal kadaluarsa
Cara memilih kosmetik yang aman selanjutnya yaitu tanggal kadaluarsa merupakan batas waktu penggunakan efektif dari sebuah kosmetik (produk), jika kosmetik tersebut sudah habis tanggal kadaluarsa maka jelas kosmetik tersebut tidak aman. Begitu juga jika anda tidak melihat adanya tanggal kadaluarsa maka kosmetik tersebut jelas tidak aman bagi kesehatan kulit.

      4. Adanya alamat lengkap produsen
Cara memilih kometik yang aman berikutnya adalah alamat produsen, ini berguna ketika anda ingin malaporkan kepihak berwenang jika produk yang dikeluarkan ternyata sudah tidak layak pakai dan memberikan efek buruk terhadap anda.

      5. Perhatikan komposisi kosmetik
Cara terakhir dalam memilih kosmetik yaitu  komposisi bahan. Karena komposisi bahan yang digunakan akan berpengaruh pada si pemakai. Jadi anda harus tahu apa saja komposisi pada kosmetik.
-       Merkuri/ Hg. Hal ini termasuk logam berat berbahaya bagi tubuh. Pada kulit bisa menyebabkan bintik hitam, alergi, dan iritasi ringan, hingga berat. Merkuri tidak dapat diurai tubuh, menembus lapisan kulit dan dan menumpuk pada ginjal. Pada paparan jangka pendek saja bisa menyebabkan diare, dan kerusakan paru-paru, sementara pada pemakaian jangka panjang bisa merusak ginjal dan otak 
-        Hidroquinon. Zat ini termasuk obat keras. Di luar negeri sudah dilarang penggunaannya. Tetapi di Indonesia masih ditolerir hingga batas toleransi 2%. Paparan hidroquinon bisa menyebabkan iritasi kulit sehingga menjadi merah, terbakar. Lebih lanjut bisa menyebabkan kerusakan ginjal, kanker darah dan kanker hati.
-       Pewarna Merah K.10 (Rhodamin B) dan Zat Pewarna K.3; zat warnan sintetis yang umumnya ada pada industri tekstil dan bersifat karsinogen.
-         Lemak dan segala turunannya yang berasal dari hewan yang diharamkan.
-         Kolagen, Elastin, Ekstrak plasenta, amnion, gelatin, dan Chivet yang berasal dari hewan haram

Begitilah cara memilih kosmetik yang aman bagi anda, jadi setelah anda membaca artikel di atas anda dapat meminimalisir kemungkinan salah memilih kosmetik. Dan jangan lupa kunjungi juga artikel kami yang mengulas tentang cara menghilangkan jerawat. Sampai jumpa!

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.