Jumat, 24 Januari 2014

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Efektif

Cara mengatasi rambut bercabang - Seperti kata pepatah "Rambut adalah Mahkota wanita" memang benar terbukti. Bagi para kaum hawa, rambut menjadikan dirinya untuk memperindah penampilannya. Tapi, apa jadinya jika sang mahkota rusak akibat aktivitas sehari-hari atau kebiasaan buruk kita? Dari beberapa kasus yang ada, inilah beberapa faktor yang dapat membuat rambut bercabang dan rusak. Simak penjelasan perempuan2014.blogspot.com

cara mengatasi rambut bercabang

Penyebab Rambut Bercabang

  1. Penyebab utama adalah faktor iklim, sebaiknya hindari rambut terkena paparan sinar matahari langsung. Karena, jika terlalu sering terkena terik matahari ujung rambut akan pecah-pecah dan bercabang.
  2. Dengan alasan merapikan rambut atau mengubah gaya rambut, orang sering menggunakan alat catok sebagai medianya. Padahal hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut kering serta pecah-pecah. 
  3. Kekurangan nutrisi seperti protein dan vitamin bagi rambut akan menjadikan pertumbuhan terganggu, sebab jika nutrisi yang diperlukan rambut tidak terpenuhi otomatis rambut tidak akan tumbuh dengan normal. 
  4. Sering menggunakan bahan kimia seperti pewarna rambut juga salah satu penyebab rambut rusak dan bercabang.Semakin panjang rambut, maka umur rambut juga semakin bertambah. jika rambut semakin panjang tidak diikuti dengan perawatan yang baik, maka dapat dipastikan rambut akan rusak.
  5.  
Bagi anda yang masih memiliki rambut sehat, tidak ada salahnya jika anda mengikuti langkah-langkah cara mencegah rambut bercabang berikut sebelum terlambat.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

  1. Gunakan sisir yang bergigi renggang, dengan sisir bergigi jarang tarikan pada rambut akan diminimalisir. Pada saat sehabis keramas, lebih baik gunakan jari anda untuk meyisir dan merapikan rambut.
  2. Gunakan shampo yang mengandung pelembab/kondisioner, dengan begitu rambut anda akan terjaga kelembapanya dan terhindar dari rusaknya rambut yang disebabkan rambut kering dan kasar. 
  3. Hindari kebiasaan berenang di kolam renang umum yang kebanyakan mengandung klorin. Zat itulah yang menjadi penyebab rambut kita rusak seperti bercabang dan kasar. 
  4. Rapikan ujung rambut jika sudah ada tanda-tanda akan bercabang, dengan memotong sedikit ujung rambut. 
  5. Setelah keramas, keringkan rambut dengan mengusapnya saja. Hindari menggunakan handuk dengan menggosok-gosokan pada rambut.

Tidak hanya kebiasaan dan perawatan dari luar tubuh saja, lakukan juga perawatan dari dalam tubuh seperti memperbanyak minum air putih dan membiasakan konsumsi makanan kaya vitamin dan nutrisi untuk pertumbuhan rambut. Jika sudah terlanjur rusak dan bercabang, lakukan beberapa perawatan untuk memperbaikinya.

Perawatan Rambut Bercabang

  1. Gunakan pelembab serta minyak alami seperti minyak kelapa yang terbukti dapat melembutkan dan menghindari dari kerusakan rambut. Dengan rutin mengoles minyak alami sambil memijat ringan kulit rambut, dapat membuat sirkulasi darah lancar dan rambut akan mendapat nutrisi hingga ke ujungnya.
  2. Mayones ternyata tidak hanya berguna untuk penambah citra rasa makanan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan dan meningkatkan kadar minyak alami di rambut. Cukup dengan cara mengoleskan satu sendok makan mayones ke rambut secara merata dan bungkus rambut menggunakan handuk panas, biarkan mayones meresap ke dalam rambut selama 10-15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.
  3. Bir bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut bercabang yang bagus dan relatif cukup murah. Caranya, tuang bir ke dalam botol semprot lalu semprotkan ke rambut setelah keramas. Cara ini di klaim dapat membuat rambut kembali segar dan terhindar dari bercabang.
  4. Untuk memperhalus rambut, gunakan campuran minyak gandum dan cuka apel. dengan cara mengoleskan campuran tersebut sehabis keramas, diamkan 10menit lalu bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampo. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari.
  5. Menjaga pertumbuhan rambut dan memperbaiki rambut bercabang bisa menggunakan buah-buahan di sekitar anda, seperti pepaya. Caranya, haluskan pepaya sambil mencampurnya dengan yogurt dan madu, setelah itu berikan campuran tersebut ke rambut secara merata dan diamkan selama 30menit. Basuh lalu keringkan rambut dan lihat hasilnya.

Baca juga artikel lain kesehatan wanita seperti cara mengatasi bau badan dan menghilangkan "mata panda"

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengatasi rambut bercabang.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.