Kamis, 23 Januari 2014

SAAT YANG MENENTUKAN

SAAT YANG MENENTUKAN 

Ivan Taniputera
23 Januari 2014

Saat menentukan (decisive moment) adalah suatu peristiwa yang berpotensi mengubah jalan kehidupan seseorang atau suatu bangsa. Salah satu contoh saat menentukan dalam kehidupan seseorang adalah seorang teman yang telah bekerja di sebuah perusahaan nasional. Kariernya boleh dikatakan sudah mapan. Namun suatu ketika, ada teman lain yang mengajaknya berbisnis sendiri. Setelah mempertimbangkan matang-matang, teman tersebut dengan penuh keberanian keluar dari perusahaan dan mengawali usahanya sendiri. Kini ia telah menjadi seorang boss. Keputusannya keluar dari pekerjaan dan merintis bisnis sendiri itu merupakan saat menentukan dalam hidupnya.

Terdapat pula contoh lainnya yang saya dapatkan dari menonton tayangan di sebuah saluran televisi mengenai orang-orang yang kecanduan narkoba. Biasanya seseorang mengalami kecanduan karena menerima tawaran narkoba dari temannya. Akibat kecanduan tersebut kehidupan seseorang mengalami keruntuhan. Keputusannya mengonsumsi narkoba itulah merupakan saat menentukan dalam hidupnya.

Dengan demikian, saat menentukan itu dapat mengubah hidup kita secara positif dan negatif. Berdasarkan kenyataan ini ditinjau dari dampaknya kita dapat membedakan saat menentukan menjadi:

  • Yang membawa dampak positif
  • Yang membawa dampak negatif

Setiap keputusan yang kita ambil dalam hidup dapat merupakan saat menentukan yang berpeluang mengubah kehidupan kita secara drastis. Oleh karenanya, orang  berhasil adalah orang yang sanggup mengambil dan menangkap saat menentukan bernilai positif dalam hidupnya. Kita tidak pernah tahu kapan saat menentukan itu timbul. Terkadang saat menentukan itu harus kita temukan sendiri atau justru ia yang mendatangi kita dengan sendirinya. Dengan demikian, berdasarkan kemunculannya terdapat dua jenis saat menentukan:

  • Yang harus kita upayakan atau cari sendiri
  • Yang datang pada kita dengan sendirinya

Apa pun jenis saat menentukan itu, kita harus menelaahnya matang-matang. Kita harus dapat menganalisa dampak yang akan ditimbulkannya. Bagaimana cara kita menelahnya? Gunakan senjata 4 W dan 1 H:

What (Apa?)

Identifikasikan segenap keputusan Anda secara jelas. Misalnya Anda ingin merintis bisnis baru dalam bidang makanan. Maka Anda harus jelas terlebih dahulu APA yang dimaksud bisnis makanan tersebut. Makanan APA yang mau dijual dan lain sebagainya. Tanyakan APA sebanyak mungkin dan telaah apakah Anda dapat menjawabnya semua. Jika Anda tidak dapat menjawabnya, berarti pengetahuan Anda belum memadai dan harus mencari lebih banyak keterangan.

Where (Dimana?)

Di manakah Anda akan menjalankan keputusan tersebut? Pertanyaan ini dapat dijawab dengan sebuah tempat secara harafiah, atau sebuah tempat yang abstrak, termasuk di manakah kesiapan mental Anda saat ini?

Who (Siapa?)

Ini menanyakan SIAPA diri Anda, dalam artian apakah Anda adalah orang yang tepat dalam menjalankan keputusan tersebut.

Why (Mengapa?)

Mengapa Anda menjalankan keputusan tersebut? Analisa dahulu alasannya baik secara fisik mau pun moral.

How (Bagaimana?)

Bagaimana Anda menjalankan keputusan tersebut. Apakah Anda sudah punya metoda yang jelas atau hanya sekedar impian atau khayalan semata?

Gunakan senjatan di atas guna menelaah keputusan Anda. Jika sudah terjawab semua dengan memuaskan barulah Anda menjalankannya. Dengan demikian, Anda telah siap menapaki saat menentukan dalam kehidupan Anda menuju ke arah positif.

Satu hal penting sebagai penutup artikel ini adalah saat menentukan yang dapat mengubah kehidupan seseorang secara drastis menuju ke arah lebih baik hanya diperuntukkan bagi kaum pemberani saja. Berani tetapi bijaksana, bukan hanya asal berani saja.

Demikian semoga bermanfaat. Selamat menapaki saat menentukan dalam kehidupan Anda menuju ke arah positif.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.