Minggu, 19 Januari 2014

SIMBOL KEKUATAN GAIB DI MASA MENDATANG

SIMBOL KEKUATAN GAIB DI MASA MENDATANG

Ivan Taniputera.
19 Januari 2014

Misalkan di masa mendatang terjadi bencana dashyat yang memusnahkan sebagian besar peradaban manusia. Mereka yang tersisa akan kembali lagi ke zaman batu. Hampir seluruh kemajuan peradaban yang pernah dicapai umat manusia akan terlupakan.

Alkisah 10.000 tahun kemudian, terdapat sekelompok orang yang tanpa sengaja menemukan sisa reaktor nuklir dari abad kedua puluh. Mereka tidak menyadari bahwa sampah radioaktif dapat tetap aktif selama jutaan tahun. Kendati demikian, mereka tidak menyadarinya. Mereka mungkin menduga bahwa reruntuhan reaktor nuklir dari zaman puluhan ribu tahun lalu itu adalah sebuah kuil.

Sepulangnya dari mengunjungi reruntuhan reaktor tersebut, banyak orang jatuh sakit. Mereka mengalami penyakit mengerikan yang menggerogoti tubuh mereka secara perlahan. Akibatnya, orang di zaman itu akan menyangka bahwa tempat tersebut angker. Sewaktu mengamati situs tersebut mereka mungkin masih dapat menyaksikan gambar sebagai berikut terpampang di banyak tempat, dimana gambar tersebut tidak mereka ketahui maknanya.



Oleh karenanya, barangkali mereka akan menghubungkan simbol tersebut dengan kegaiban atau kekuatan gelap yang dapat menimbulkan penyakit. Mareka mungkin akan menganggap tempat beserta simbol tersebut sebagai sesuatu yang angker, keramat, atau suci (tergantung bagaimana persepsi mereka saat itu). Simbol zaman kita yang ternyata menggambarkan bahaya radioaktif tersebut, barangkali kelak akan menjadi pusat kultus pemujaan suatu agama baru. Yang pasti karena banyaknya orang jatuh sakit dan meninggal setelah mengunjungi tempat tersebut, sebelum mereka memiliki sains dan teknologi yang cukup guna memahami perihal radioktifitas, simbol tersebut sedikit banyak akan menimbulkan kegentaran serta rasa takut di hati mereka.

Orang-orang yang hidup di masa mendatang barangkali juga akan mengalami kesulitan dalam memahami simbol-simbol kita di masa sekarang, sebagaimana halnya kita juga kesulitan memahami simbol-simbol peninggalan nenek moyang kita puluhan ribu tahun lalu.

Semoga dapat menjadi bahan renungan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.