Kamis, 27 Februari 2014

BUKU JADUL PELAJARAN ILMU KIMIA

BUKU JADUL PELAJARAN ILMU KIMIA

Ivan Taniputera
27 Februari 2014




Judul: Ilmu Kimia Djilid 1B Azas-Azas Ilmu Kimia
Penulis: Dr. S. C. Bokhorst, Prof Ir. E. J. G. Schermerhorn, Ir. r. Goenarso
Penerbit: J.B. Wolters, Djakarta, Groningen, 1952
Jumlah halaman: 145

Ini adalah buku mengenai dasar-dasar ilmu kimia, yang saat itu diperuntukkan bagi sekolah menengah umum, sekolah guru, dan sekolah dagang (ekonomi), dll. Berikut ini adalah daftar isinya:



Buku ini tidak hanya mengajarkan teori-teori saja, melainkan juga bermanfaat bagi kalangan industri, sebagai contoh di halaman 93 diulas mengenai seluk beluk pembuatan kaca, yang mengandung Si (Silisium):

"Bangsa2 silika mempunjai arti penting dalam industri. Katja misalnja terdiri atas tjampuran garam2 silikat; kebanjakan natriumsilikat dan kalsiumsilikat. Tetapi djuga kaliumsilikat dan timbelsilikat kedapatan dalam katja. Dengan adanja kaliumsilikat ini katja lebih tahan terhadap pengaruh2 kimia. Maka dari itu alat2 dari katja jang dipakai dalam laboratorium kebanjakan mengandung sedjumlah kaliumsilikat jang tertentu.

Timbelsilikat memperbesar daja membias tjahaja dari katja. Maka dari itu timbalsilikat dipergunakan dalam matjam2 katja untuk ber-matjam2 linsa (pada alat2 poteret, mikroskop2 dll.), atau untuk intan tiruan permata2 lainnja.

Katja biasa dibuat dengan melebur tjampuran sedjumlah zat2 antara lain: soda Na2CO3; batu gamping, CaCO3; pasir SiO2, dll. Reaksi-reaksi jang berlangsung dapat kita lukiskan dengan persamaan2:

Na2CO3 + SiO2 ---> Na2SiO + CO2 /|\ ;
CaCO3 + SiO2 ---> CaSiO3 + CO2 /|\.

Dalam keadaan sebetulnja reaksinja lebih sulit dari pada jang diberikan di sini.
Pada temperatur jang lebih tinggi dari pada 400*, katja lambat-......"

Berikut ini adalah contoh halamannya:





Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.