Selasa, 04 Februari 2014

BUKU TENTANG SASTRAWAN ANGKATAN 45

BUKU TENTANG SASTRAWAN ANGKATAN 45

Ivan Taniputera
5 Februari 2014



Judul: Angkatan 45
Penulis: H.B. Jassin
Penerbit: Jajasan Dharma, 1951
Jumlah halaman: 20

Buku ini membahas sastrawan-sastrawan angkatan 45. Sebagai contoh pada halaman 3 dapat kita baca:

"Ada pula orang memadjukan keberatan: Apakah kita berhak membontjeng pada nama mentereng Angkatan 45, sedang kita belum tentu ikut berdjuang dengan perbuatan? Dan mereka mengemukakan indvidualisme Chairil Anwar, cynisme Indrus, aristokratisme Asrul Sani. Dan tahun 1945 alangkah fananya. Apakah sepuluh tahun lagi orang masih bisa membanggakan diri tergolong dalam Angkatan 45 itu?

Pada halaman 12:

"Hidup dalam sembojan-sembojan semasa Djepang dan revolusi sebagian Angkatan 45 ini achirnja mendjadi tjuriga dan bentji kepada sembojan-sembojan. Baik pada pelukis-pelukis maupun pada sasterawan2 kelihatan kebosanan kepada segala jang berbau propaganda atau disangka propaganda dan kritik jang setadjamnja dipergunakan untuk mengupas apa jang terkandung dalam kata-kata, istilah-istilah, sembojan2. Bahkan revolusi jang tadinja dipertanggungdjawabkan dengan seluruh djiwa raga lambat laun mendapat suatu nilai rasa jang tidak bisa dibanggakan karena banyaknja dan luasnja dan oleh karena djadi mendangkalnja makna perkataan itu...."

Pada halaman 17:

"Memang Angkatan 45 bukan suatu perkumpulan jang perlu orang hanja membajar kontribusi untuk diakui sebagai anggota. Angkatan 45 mewakili suatu gaja, suatu sikap hidup, suatu visi, suatu alampikiran...."

Berikut ini adalah contoh halamannya:



Berminat fotokopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.