Selasa, 04 Februari 2014

BUKU TENTANG SEJARAH ACEH MASA KEMERDEKAAN

BUKU TENTANG SEJARAH ACEH MASA KEMERDEKAAN

Ivan Taniputera
4 Februari 2014



Judul: Atjeh Sepintas Lalu
Penulis: Insider
Penerbit: F.A. Archapada, Djakarta, 1950
Jumlah halaman: 124

Buku ini membahas mengenai perkembangan Aceh semenjak Proklamasi Kemerdekaan hingga Pengakuan Kedaulatan. Berikut ini adalah daftar isinya.




Pada halaman 3 dapat kita baca sebagai berikut:

"Buku ketjil ini diterbitkan, denga maksud supaja ia dapat mendjadi alat perantara dalam menjampaikan kepada umum beberapa peristiwa dan kedjadian penting mengenai Atjeh dalam masa kurang lebih empat tahun, terhitung sedjak Proclamatie Kemerdekaan sampai Penjerahan Kedaulatan.
Peristiwa2 dan kedjadian2 jang akan diuraikan, dapat kiranja mendjadi bahan-sekalipun djauh dari lengkap,
pertama: bagi setiap Warga Negara jang ingin mengetahui dalam garis besarnja kesulitan2, sebagai akibat dari kedjadian2 dan peristiwa2 jang harus dihadapi dalam perkembangan sedjarah di Atjeh selama masa jang disebut tadi....."

Pada halaman 18 terdapat kutipan sebagai berikut:

"Harus diakui, harus diakui bahwa sikap beberapa anggota dari golongan Uleebalang adalah amat onsympathiek, segera sesudah mereka mendengar berita tentang capitulatie Djepang.
Mereka ini bersuka ria, ja melahirkan kebentjian mereka terhadap setiap Djepang; sekalipun pada masa pendudukan Djepang mereka bersikap sangat pro Djepang dan berusaha sedapat-dapatnja memperoleh perhubungan persahabatan dengan setiap orang Djepang....."

Pada halaman 39 terdapat kutipan sebagai berikut:

"Diantara sekian banjak nama2 jang telah mengambil peranan penting dalam menembus blokkade Belanda, tidak dapat dilupakan nama Major John Li, anggota "Angkatan Laut Republiek Indonesia."


Berikut ini adalah contoh halamannya:





Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.