Kamis, 20 Maret 2014

Es Lodeh, Kuliner Khas Jombang



Mendengar kata lodeh biasanya bayangan kita tertuju langsung pada sejenis masakan sayur berkuah santan yang berasa gurih dan sedikit pedas. Namun apa jadinya bila ada es lodeh? Bagaimana ya rasanya…?



Es lodeh merupakan salah satu kekayaan kuliner khas Jombang yang berupa minuman. Bentuk dan sajiannya tak ubahnya es campur ataupun es oyen, yang membedakan hanya pada es lodeh ini ada rasa manis dan pedasnya.



Minuman yang menyegarkan ini biasanya disajikan dalam mangkuk yang berisi full buah. Mungkin inilah jenis es yang cukup bergizi, karena terdapat berbagai jenis buah sebagai campuran isinya, antara lain: pepaya, nangka, apukat, garbis, degan, kolang kaling, sawo, juga tomat. Pelengkap isinya juga banyak, seperti: roti tawar, janggelan (cendol hitam), bubur mutiara, ketan hitam. Kesemuanya dijadikan satu lantas disiram dengan susu kental manis. Tak lupa es batu yang sudah diremukkan, tentunya.



Rasanya manis segar. Biasanya di Kedai Es Lodeh Pak Seger, salah satu penjual es lodeh khas Jombang yang ada di Jl. Patimura, depan SMPN 1 Jombang ini dibandrol Rp 3.000 per porsi. Setiap pengunjung yang datang di kedai Pak Seger ini selalu ditanya oleh peramusajinya, ”Mau yang manis atau yang pedas?”



Untuk yang manis rasanya sama dengan es campur atau es teler. Sedangkan untuk yang berasa pedas hanya ditambahkan sedikit sambal. Itu pun tidak menjadikan semua kuah berasa pedas, karena dominasi rasa manisnya tetaplah menonjol, dan pedas-pedas itu hanyalah sensasi di lidah saja.



Nah, untuk Anda yang ingin menikmati minuman lainnya yang tak kalah nikmat, bisa memesan jus nangka, rasanya juga sangat mantap. Segar dan harumnya cocok dinikmati saat cuaca terik. Tak heran bila depot Pak Seger ini selalu dipadati pembeli. Di sana juga tersedia menu-menu lain pengganjal perut seperti siomai, gado-gado, dan menu-menu reguler lainnya.



Selain di Jalan Patimura, Es Lodeh juga bisa dijumpai di kawasan Jombang lainnya, seperti di alun-alun Jombang. Di depan masjid jami’ kota Jombang itu, terdapat beberapa rombong-rombong (gerobak) yang menyediakan sajian es lodeh dan kawan-kawan. So, serasa belum lengkap mampir ke kota Jombang, sebelum menikmati kesegaran es lodehnya. 

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.