Selasa, 11 Maret 2014

Manfaat Tomat Untuk Wajah dan Kesehatan

Manfaat tomat untuk wajah - kali ini kami akan mengupas beberapa informasi yang berkaitan dengan buah tomat sebagai solusi kecantikan wanita. Sama seperti teh, buah tomat juga banyak sekali kegunannya, buah tomat bisa disayur, dibuat jus, bahkan bisa dimakan mentah-mentah. Manfaat dengan memakan buah tomat sendiri sangat banyak, karena tomat mengandung banyak nilai gizi.

http://2.bp.blogspot.com/-DeJeG8sNhdY/UCURIFHD4rI/AAAAAAAAAOk/gZ7deM4z0eE/s1600/manfaat-tomat.jpg

Satu buah tomat dengan ukuran sedang mengandung beberapa nilai gizi berikut.
  • 22 kalori
  • 0g lemak
  • 5g karbohidrat
  • 1g serat
  • 1g protein
  • 6mg sodium
Di samping kandungan gizi di atas, buah tomat juga mengandung vitamin diantaranya.
  • 40% Vitamin C
  • 20% Vitamin A
  • 2% Zat Besi
  • 1% Kalsium

Manfaat tomat untuk wajah


1. Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Komedo
Tomat diketahui memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo dan mengurangi komedo muncul lagi karena masker tomat  bisa mengurangi minyak pada kulit wajah. Jika buah tomat dikombinasikan dengan buah alpukat khasiatnya akan lebih dahsyat. Alpukat berfungsi sebagai pelembab alami dan memiliki zat anti kuman. Cara membuat racikannya tumbuklah satu buah tomat dan satu buah alpukat dengan halus, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah sebagai masker. Kemudian anda diamkan selama 20-30 menit. Kemudian anda bilas dengan air bersih. Ramuan ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan kering, karena perpaduan dari kedua bahan ini menghasilkan vitamin A, C dan E.

2. Sebagai Tabir Surya Alami
Ternyata manfaat tomat untuk wajah bisa digunakan sebagai tabir surya alami. Tabir surya alami ini  untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari yang panas. Tak hanya sebagai tabir surya alami, apabila kulit wajah Anda mengalami peradangan karena terbakar sinar matahari, Anda juga bisa menambahkan sedikit yogurt pada buah tomat yang sudah dihancurkan kemudian Anda balurkan pada bagian yang mengalami peradangan di wajah. Caranya cukup dengan menghancurkan buah tomat dan membalurkannya pada wajah yang terbakar sinar matahari secara langsung.

3. Mengatasi Kulit Berminyak
Jika kulit wajah anda mengalami masalah dengan kelebihan produksi minyak, maka tomat juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi wajah berminyak. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu parut atau blender sebuah tomat segar kemudian saring juicenya. Kemudaian tambahkan sedikit jus mentimun ke dalam sari tomat Anda lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas.

4. Untuk Wajah Berjerawat.
Selain itu, manfaat tomat untuk wajah tentu dapat juga dijadikan ramuan yang efektif untuk mengobati jerawat. Pada obat jerawat ditemukan kandungan Vitamin A dan vitamin C  dan pada tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K Keasaman pada buah tomat membantu Anda mengurangi dan membersihkan jerawat yang Anda miliki.. Jika Anda memiliki jerawat ringan, anda cukup menempelkan potongan buah tomat segar yand sudah di iris tipis  pada wajah Anda. Biarkan selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan aktivitas ini secara teratur, anda bisa melakukannya setiap hari.

5. Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah
Jika anda memiliki pori-pori wajah yang besar, tentunya ini akan memudahkan kotoran masuk ke bagian kulit wajah anda. Sehingga bisa meningkatkan resiko terkena infeksi kulit wajah oleh bakteri dan kotoran dari luar. Tapi jangan khawatir, alam sudah menyediakan obatnya dari tomat. Ramuannya adalah ambillah satu sendok makan jus tomat segar, lalu tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan kapas yang dibulatkan untuk mengoleskan ramuan tersebut pada wajah. Perhatikan, setelah di oleskan lalu pijat wajah anda dengan gerakan melingkar. Biarkan ramuan tersebut bertahan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan treatment ini secara teratur untuk hasil yang maksimal. Lakukan setiap hari atau dua hari sekali sudah cukup.

Manfaat tomat untuk kesehatan


1. Buah Tomat dapat menangkal penyakit kanker
Beberapa penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa ternyata dengan memakan buah tomat secara teratur dapat menghindari kemungkinan terkena penyakit kanker, terutama kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Karena dalam buah tomat terdapat zat yang bernama lycopene. Nah, dengan memakan buah tomat dicampur minyak zaitun dapat membantu lycopene diserap tubuh lebih baik.

2. Buah Tomat dapat mencegah kerusakan DNA dalam tubuh
Seperti yang telah dijelaskan di atas, buah tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C, vitamin inilah yang dapat membantu menangkal radikal bebas sehingga otomatis dapat mencegah kerusakan DNA. Kerusakan DNA biasanya terjadi pada orang yang telah berumur yang menyebabkan asterosklerosis dan diabetes.

3. Buah Tomat dapat mencegah penyakit jantung
Di dalam buah tomat terdapat beberapa nutrisi seperti niacin, asam volat dan vitamin B6. Nutrisi penting ini sangat membantu dalam menangkal penyakit jantung. Dalam sebuah studi diungkapakan, perempuan yang memakan buah tomat 7-10 buah setiap minggunya 29% lebih rendah resiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang memakan hanya 1 buah tomat setiap minggunya.

Sumber : 
http://www.manfaatdankhasiat.com/2013/06/manfaat-buah-tomat-bagi-kesehatan-tubuh.html
http://frackasyster.blogspot.com/2013/05/manfaat-tomat-untuk-wajah-anda.html

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.