Sabtu, 19 Juli 2014

Kelainan bentuk kaki pada Anak balita: Pengobatan dengan Terapi Sepatu atau Operasi?


Kaki pengkor (congenital talipes equinovarus CTEV) adalah deformitas yang kompleks yang mudah terlihat saat lahir dan dalam beberapa kasus didiagnosis dengan USG. Tujuan pengobatan adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan koreksi kaki pengkor sehingga pasien  terbebas dari rasa sakit, perbaikan  fungsional, dengan mobilitas yang baik dan tanpa kapalan, dan tidak perlu menggunakan alat khusus penopang kaki seumur hidupnya. Orang tua dari bayi yang lahir dengan clubfeet dan tidak ada masalah medis lainnya yang signifikan harus diyakinkan bahwa anak mereka, ketika diobati oleh ahli medis, akan memiliki kaki yang sepenuhnya kompatibel dengan kehidupan normal seperti anak lainnya. Namun, harus selalu diingat bahwa kaki pengkor tidak akan pernah menjadi kaki normal.

Anatomi dan Patofisiologi 
Semua clubfoot / kaki pengkor mempunyai penanganan yang berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya, meskipun semua Nampak memiliki penampilan umum yang sama. Kaki yang bengkok ke dalam sehingga bagian telapak kakai berada di samping dalam /  diatas. Sering kali ada lipatan ke dalam di bagian bawah midfoot.



Kiri, Perhatikan permukaan berat tubuh dari kaki adalah di sisi samping  dan Bagian punggung kaki pada anak ini dengan clubfeet bilateral. Kanan, Perhatikan lipatan dalam di bagian bawah midfoot pada anak ini dengan kaki pengkor unilateral.


Ini adalah gambar pasien setelah  koreksi kaki yang mengalami kaki pengkor bagian kiri. Perhatikan bahwa betis lebih kecil di sisi kiri dibandingkan dengan kaki kanan yang normal.
Kaki dan betis lebih kecil di kaki yang terkena dampak, yang lebih jelas pada anak dengan kaki pengkor hanya pada satu sisi.

Kaki pengkor dapat terjadi sebagai gangguan terisolasi (idiopatik) atau dalam kombinasi dengan berbagai sindrom dan anomali terkait lainnya seperti arthrogryposis dan myelodysplasia. Pemeriksaan kesehatan oleh dokter atau tes darah Anda harus dapat menentukan apakah kaki pengkor bayi Anda adalah idiopatik.

Kaki pengkor baik ringan atau berat dan semua kasus memerlukan pengobatan. Clubfoot tidak akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Kaki pengkor ini tidak menyakitkan untuk bayi yang belum berjalan.

Insiden kaki pengkor idiopatik diperkirakan 1-2 per 1.000 kelahiran hidup. Memiliki dominasi laki-laki –perempuan  2: 1 dan terjadi pada kedua kaki sekitar 50 persen. Ada kejadian yang jauh lebih tinggi jika pasien memiliki riwayat keluarga yang positif untuk kaki pengkor.

Etiologi kaki pengkor idiopatik tidak diketahui. Teori yang paling diterima secara luas adalah bahwa kaki pengkor disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Apakah Clubfoot merupakan penyakit Warisan? 
Ada riwayat keluarga yang positif dari kaki pengkor pada sekitar 25 persen dari semua pasien, menunjukkan dasar genetik untuk gangguan ini. Jika satu anak dalam keluarga memiliki kaki pengkor, kemungkinan anak kedua yang lahir dengan kaki pengkor sekitar 5 persen. Ketika salah satu orangtua terpengaruh dengan kaki pengkor, ada 3 persen sampai 4 persen kemungkinan bahwa keturunannya juga akan terpengaruh. Namun, ketika kedua orang tua yang terkena, anak-anak mereka memiliki kesempatan 15 persen yang lahir dengan kaki pengkor.

Sejarah alam 


Gambar dari anak yang berjalan menggunakan punggung kaki tanpa mendapatkan penanganan yang benar.
deformitas Kaki pengkor, terlepas dari etiologi atau masalah klinis yang terkait, menghasilkan kecacatan yang semakin  parah apabila tidak  dikoreksi.  Permukaan yang digunakan untuk menahan beban di kaki pengkor  adalah bagian punggung kaki.
Seorang anak dengan kaki pengkor yang tidak diobati akan berjalan menggunakan punggung kaki, minumbulkan masalah baru seiring berjalannya waktu, tidak dapat memakai sepatu dan memiliki kaki yang menyakitkan seumur hidup yang sering sangat membatasi aktivitas dan pekerjaan.

Pilihan bedah dan Nonsurgical 
Modalitas non-bedah termasuk manipulasi serial dan casting, merekam, terapi fisik dan belat, penggunaan sepatu koreksi dan gerakan pasif yang terus-menerus dengan alat. Pembedahan membutuhkan pelepasan jaringan lunak dan kontraktur sendi, pemanjangan tendon, dan memberikan fiksasi sementara pada kaki.

Manfaat Nonsurgical Treatment dan aturan-aturannya
Pengobatan awal untuk kaki pengkor, terlepas dari keparahannya, adalah nonsurgical. Manipulasi dan casting menggunakan metode Ponseti adalah teknik yang paling sering digunakan. Mayoritas clubfeet dapat diperbaiki pada masa bayi dalam waktu sekitar enam sampai delapan minggu dengan manipulasi lembut yang tepat dan plester casts. Teknik ini membutuhkan pelatihan, pengalaman, dan praktek.

Kurang dari 5 persen dari bayi yang lahir dengan clubfeet mungkin memiliki cacat yang sangat parah yang sangat susah untuk peregangan. Bayi-bayi ini akan memerlukan koreksi bedah.


Gambar seorang anak di plester gips pada sepanjang kaki bilateral untuk koreksi kaki pengkor.
Pengobatan harus dimulai segera setelah diagnosis, sebaiknya dalam minggu pertama kehidupan. Pengobatan untuk bayi baru lahir dengan kaki pengkor adalah dengan manipulasi untuk memperbaiki kondisi dan kemudian casting untuk mempertahankan koreksi. Casting dimulai pada usia lanjut mungkin lebih sulit karena contracture ligamen memburuk dan deformitas pada sendi. Plester gips sepanjang kaki yang digunakan untuk mempertahankan koreksi yang diperoleh melalui manipulasi.
Derajad koreksi berubah pada interval mingguan, dan sebagian besar cacat dikoreksi dalam dua bulan sampai tiga bulan. Sebelum menerapkan gips terakhir, yang akan dikenakan selama tiga minggu, tendon Achilles sering dipotong dalam prosedur untuk menyelesaikan koreksi kaki. Pada saat gips dilepas tendon telah diregenerasi untuk panjang yang sesuai. Setelah gip terakhir dilepas, kaki dalam kondisi terkoreksi maksimal.

Meskipun pengobatan awal berhasil, clubfeet memiliki kecenderungan alami untuk kambuh kembali. Sepatu koreksi diperlukan selama beberapa tahun untuk mencegah kekambuhan.

Ada beberapa sepatu koreksi / sepatu ortopedi yang berbeda yang umumnya diresepkan. Sepatu koreksi terdiri dari bar (sepanjang jarak antara bahu kanan ke bahu kiri anak) dengan sepatu, sandal, atau orthoses custom-made terpasang di ujung bar di sekitar 70 derajat rotasi eksternal. Bar dapat berupa statis (kedua kaki bergerak bersama) atau dinamis (setiap kaki dapat bergerak secara independen). Sepatu koreksi dipakai 23 jam sehari selama tiga bulan dan kemudian pada malam hari selama tiga sampai empat tahun. Penjepit ini terdiri dari bar (panjang dari yang jarak antara bahu anak) dengan sepatu berujung terbuka.


Kiri: The Markell Penculikan Brace. Kanan: The Mitchell Penculikan Brace
Kiri: Courtesy dari Markell Company. Kanan: Courtesy of MD Orthopaedics
Pada anak-anak dengan hanya satu kaki pengkor, sepatu untuk kaki normal adalah tetap pada bar di 40 derajat rotasi eksternal. Sepatu koreksi sangat penting dalam mempertahankan koreksi clubfeet tersebut. Jika sepatu tidak dipakai kemungkinan 90% kaki akan kembali ke bentuk semula.

Bayi mungkin akan rewel selama beberapa hari pertama setelah menggunakan sepatu ortopedi ini, dan akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Hal ini penting untuk memeriksa kaki anak Anda beberapa kali sehari setelah memulai treatment untuk memastikan tidak ada lecet pada tumit.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sepatu Orthopaedi:


Contoh Sepatu Dennis Brown Splint / Foot Abduction Brace (FAB):



Untuk konsultasi masalah kelainan kaki pada balita dan pemesanan sepatu koreksi / sepatu orthopaedi, bisa menghubungi Bp. Nugroho Hp. 0858 6737 4002
pin BB :74D605CD 

Atau bisa melihat produk sepatu orthopaedi di www.orthoshoping.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.