Kamis, 28 Agustus 2014

Untuk orang tua dengan anak yang mengalami kaki pengkor / kelainan kaki bengkok masuk ke dalam

Orang tua dari bayi yang lahir dengan kondisi kaki pengkor (club foot dlm bahasa inggrisnya) dapat diyakinkan bahwa bayi mereka, bisa kembali normal, ketika diobati oleh para ahli akan memiliki kaki tampak normal dengan fungsi normal untuk semua tujuan mobilitas.  kaki pengkor bisa sepenuhnya seperti sembuh  dan kompatibel dengan kehidupan  aktif normal.

Gambar bayi berusia 1 Clubfoot 2 hari dengan clubfeet bilateral

Mayoritas clubfeet dapat diperbaiki pada masa bayi dalam waktu sekitar enam sampai delapan minggu dengan manipulasi lembut tepat dan gips plester. Pengobatan ini didasarkan pada pemahaman yang baik tentang anatomi fungsional kaki dan respon biologis otot, ligamen dan tulang perubahan posisi korektif secara bertahap diperoleh dengan manipulasi dan casting.

Kurang dari 5% dari bayi yang lahir dengan clubfeet mungkin sangat parah, pendek, kaki gemuk dengan ligamen kaku, dengan lipatan kulit melintang dalam di telapak kaki dan lipatan lain di atas tumit. Bayi-bayi ini memerlukan perlakuan khusus dan mungkin perlu koreksi bedah. Hasilnya lebih baik jika tulang dan operasi sendi dapat dihindari sama sekali. Bedah di kaki pengkor yang selalu diikuti oleh jaringan parut, kekakuan dan kelemahan otot yang menjadi lebih parah dan melumpuhkan setelah masa remaja.

Pengobatan harus dimulai pada minggu pertama atau dua hari kehidupan dalam rangka mengambil keuntungan dari elastisitas yang menguntungkan dari jaringan yang membentuk ligamen kapsul sendi dan tendon. Dengan struktur pengobatan ini selama beberapa minggu, dan soft manipulasi.  Pengegipan  diterapkan selama beberapa  minggu untuk mempertahankan tingkat koreksi yang diperoleh dan untuk melunakkan ligamen. Dengan demikian, tulang yang tidak normal,  secara bertahap dibawa ke arah yang tepat.


Gambar 2 ClubfootFourth gips diterapkan setelah manipulasi

Lima sampai tujuh gips plester memanjang dari jari kaki ke paha atas dengan posisi lutut membentuk sudut kea rah kanan harus cukup untuk memperbaiki deformitas kaki pengkor. Bahkan kaki yang sangat kaku memerlukan tidak lebih dari 8 atau 9 plester gips untuk mendapatkan koreksi yang maksimal. Sebelum menerapkan gips terakhir yang akan dikenakan selama tiga minggu, tendon Achilles sering dipotong untuk menyelesaikan koreksi kaki. Pada saat gips dilepas tendon telah diregenerasi untuk panjang yang tepat. Setelah dua bulan pengobatan, kaki harus muncul overcorrected. Baru-baru ini kami menemukan bahwa pengobatan dapat dipersingkat dengan mengganti plester gips setiap lima hari.


Gambar 3 Clubfood2 1/2 bulan, kaki bayi dikoreksi

Setelah koreksi, deformitas kaki pengkor cenderung kambuh. Untuk mencegah kekambuhan, ketika plester terakhir dilepas,  sepatu ortopaedi /sepatu koreksi harus dikenakan selama dua sampai tiga bulan dalam kurun waktu 23 jam perhari. dan setelah itu pada malam hari selama 2 sampai 4 tahun. Sepatu ortopaedi / sepatu koreksi terdiri dari bar (panjang jarak antara bahu bayi) dengan sepatu ujung terbuka tinggi (seperti bot) terpasang di ujung bar di sekitar 70 derajat rotasi eksternal. Sebuah strip Plastizote harus terpaku di dalam counter sepatu di atas tumit bayi untuk mencegah sepatu dari tergelincir. Bayi mungkin merasa tidak nyaman pada awalnya ketika mencoba untuk gerakanmenendang kaki. Namun, bayi segera belajar untuk menendang kedua kaki secara bersamaan dan terasa nyaman. Pada anak-anak dengan hanya satu kaki pengkor, sepatu untuk kaki normal adalah tetap di bar di 40 derajat rotasi eksternal. Pada siang hari anak-anak memakai sepatu biasa.



Gambar 4 sepatu koreksi dan bar

Karena ahli bedah dapat merasakan dengan jari-jarinya posisi tulang dan derajat koreksi, sinar-X kaki tidak diperlukan kecuali dalam kasus yang kompleks.

Hasil buruk dari penerapan teknik ini dan perawatan manipulatif dari clubfeet di banyak klinik menunjukkan bahwa upaya koreksi belum memadai karena teknik yang digunakan adalah salah. Tanpa pemahaman yang menyeluruh tentang anatomi dan kinematika dari kaki normal dan deviasi dari tulang-tulang di kaki pengkor, kelainan ini sulit untuk diperbaiki. Manipulasi dan casting yang buruk akan lebih memperparah deformitas kaki pengkor.


Gambar 5 Clubfoot38 tahun tua tampak normal kaki dengan fungsi normal dan tidak ada rasa sakit

Ahli bedah dengan pengalaman terbatas dalam pengobatan kaki pengkor tidak harus berusaha untuk memperbaiki deformitas. Mereka mungkin berhasil dalam mengoreksi clubfeet ringan, tapi kasus yang parah memerlukan tangan berpengalaman. Rujukan ke pusat dengan keahlian dalam koreksi non-bedah kaki pengkor harus diutamakan sebelum mempertimbangkan operasi.

contoh sepatu orthopaedi:





untuk pemesanan dan melihat detail harga sepatu koreksi/sepatu ortopaedi, silahkan masuk ke website toko kami di www.orthoshoping.com

atau hubungi Bp. Nugroho Hp. 085 867 374 002

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.