Kamis, 30 Oktober 2014

Rahasia Al-Fatihah Pada Kehidupan

Allah menjelaskan “inilah sebagian ayat-ayat kami bacakan kepadamu, dan peringatan yang penuh hikmah”.(Q.S. Ali-Imran : 58). Membaca Al-Fatihah dari umur taman kanak-kanak (TK). Orang-orang dewasa sudah mengamalkan terutama wajib dibaca diamalkan setiap shalat wajib maupun sunat. Pentingnya kandungan Al-Fatihah dalam ibadah, memanai dan memahami surat tersebut, bukan sebatas dalam ibadah tetapi, pada kehidupan perlu diterapkan jangan seperti apa yang diucapkan anak-anak TK, adalah sekedar membaca.
 
Sesungguhnya memahami apa bukan kandungan Al-Fatihah itu tergantung kepada pembacanya. Orang dewasa yang belum dapat memahami kandungan Al-Fatihah artinya sama saja dengan anak-anak Tk. Hanya sekedar hafal membaca, tetapi belum mampu memahami secara baik dan benar. Al-Fatihah, Sang Ibu Al-Quran yang merupakan intisari Al-Quran Al-Karim. Al-Fatihah berarti pembuka yang sempurna bagi segala macam keberhasilan dan kebaikan. Al-Fatihah adalah pedoman dasar bagi segala kecemerlangan hati atau akhlak manusia, Al-Fatihah adalah pemelihara dari hati dan pikiran manusia. Al-Fatihah juga merupakan bekal yang maha penting untuk mencapai cita-cita dan harapan


Tidak hanya itu, Al-Fatihah juga adalah ungkapan rasa syukur dari hasildan pencapaian. Pujian kepada Allah yang diwujudkan didalamnya membangkitkan sumber-sumber suara hati pemberi informasi yang maha penting. Juga pembisik kebenaran yang adil. Al-Fatihah perwujudan dari harapan atau permohonan. Inilah jadi daya dorong dalam diri seorang muslim.
Kalimat akhir dari surat Al-Fatihah yakni Amin (kabulkanlah). Ikhlas, tetap ikhlas untu menerima segala hasil yang telah dicapai apapun hasilnya. Terimalah dengan baik karena semuanya datang dari Allah sesuatu yang turun dari Allah untuk manusia, hikmahnya tetap baik dan sempurna Allah SWT. Bersifat dengan sifat Pengasih Penyayang, hanya manusia, tidak semuanya dapat menangkap rahasia-rahasia turun dari Allah, karena kebanyakan masih ditutup dosa-dosa penghalang menangkap rahasia-rahasia Allah tersebutpada kehidupan yang sedang berjalan. Dituntut perbanyaklah ibadah demi kedekatan seseorang dengan Allah SWT. Bila dirasakan kedekatan dengan Allah ikhlas akan jadi pakaian sehari-hari, semua permohonan dikabulkan Allah (Amin).

Setiap kali membaca Al-Fatihah dituntut pergunakanlah seluruh suara hati, untuk menyerap sekaligus untuk melatih serta mempertajam spiritual yang dipunyai atau mampu membentangkan jembatan rohani kepada Allah SWT. Sebab tubuh yang halus(rohani) lebih dekat kepada Allah SWT. Daripada tubuh yang kasar disebut badan yang kasar, tangan, kaki umpamanya.
Setiap ayat Al-Fatihah yang dibaca melalui mata hati itu akan mampu melahirkan langkah-langkah menuju pembangunan karakter mulia, yang dilandasi prinsip Ke-Esaan Allah SWT. Serta akan menemukan kembali karakter dasar dari Asmaul Husna yang mungkin telah tertutup selama ini kemungkaran dilakukan.
Mamfaat bacaan Al-Fatihah ini setiap hari sebagai sebuah training diri suatu pelatihan abadi sepanjang hidup. Bacalah perlahan-lahan dengan hati dan perasaan, bukan dengan mata atau kepala. Evaluasi setiap pemikiran dan langkah tersebut berdasarkan Al-Fatihah dan sempurnakanlah kembali segalanya hingga hasilnya lebih baik lagi, inilah ajaran Islam Ajaran Al-Fatihah dengan membaca Al-Fatihah serta mengulanginya 17 kali sehari semalam dalam shalat lima waktu akan dapat secara langsung dalam diri rahasia Al-Fatihah yang sesungguhnya. “ dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Quran yang Agung”. (Q.S. Al-Hijr : 87).

Nikmat rahasia kandungan Al-Fatihah ini sehingga dalam ibadah utama shalat wajib diwajibkan membaca artinya siapa terlupa atau tidak membacanya. Surat Al-Fatihah sewaktu shalat, shalat dikerjakan jadi batal, sia-sia adanya.
Sesibuk apa tugas keduniaan dihadapi perlu menyisihkan waktu untuk mempelajari ayat per ayat dari rahasia kandungan Al-Fatihah pada kehidupan yang akhirnya mengantarkan seseorang kepada mahligai kekasih Allah SWT. Selamat didunia akhiratmasuk surga Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.