Minggu, 18 Januari 2015

5 Makanan Penambah Darah Yang Kaya Zat Besi

Gaya hidup yang tidak teratur dan tidak mengontrol jadwal makanan dengan nutrisi yang tepat adalah salah satu penyebab tubuh lemas dan tidak ada energi. Sangat bermanfaat jika mengumpulkan berbagai macam tips kesehatan untuk membuat tubuh selalu dalam kondisi yang baik.

Tubuh lemas dan tidak ada energi yang biasanya disebabkan oleh kekurangan darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi berbagai macam makanan penambah darah yang dapat mempercepat produksi darah merah dalam tubuh memainkan peran penting untuk membuat tubuh kita menjadi segar dan bugar. Hal ini dapat menambah darah dengan cara yang praktis dan mudah, atau dengan mengkonsumsi obat penambah darah atau obat anti-anemia, hanya ingat! Selalu ada efek samping dari obat kimia, walau yang paling aman sekalipun!

Kita dapatkan melihat di sekitar apakah makanan penambah darah bisa membuat tubuh kita memproduksi lebih banyak darah! Salah satu makanan penambah darah yang paling mudah dan sederhana namun cukup efektif adalah kismis. Makanan yang terbuat dari anggur kering ini tampaknya mampu membuat tubuh kita memproduksi darah baru yang pasti akan membuat tubuh kita kembali dalam kondisi yang baik. Selain itu, Apel, melon, jeruk dan limau juga merupakan makanan penambah darah atau memiliki fungsi dan manfaat yang sama.

Makanan penambah darah berikutnya yang dapat menghasilkan zat besi serta dapat mencegah tubuh lemah karena kekurangan darah atau anemia adalah daging dan ikan segar. Tapi kita jangan terlalu sering makan ikan dalam keadaan mentah seperti berbagai menu masakan Jepang, bukan? Salah satu jenis ikan yang terdapat kandungan zat besi tinggi yaitu ikan baronang. Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Sementara ikan salmon dan tuna adalah sumber utama protein dan asam lemak omega 3.

Makanan Penambah Darah


Di bawah ini dijelaskan 5 makanan penambah darah untuk meningkatkan produksi darah dalam tubuh, yaitu:

Bit
Bit kaya zat besi dan protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan sel-sel darah dan meningkatkan aliran darah. Itu adalah racun alami dan pembersih darah. Jadi, masukan buah bit dalam makanan Anda sehari-hari untuk menambah darah dalam tubuh Anda. Daun bit adalah sumber dari vitamin A yang baik dan akar bit adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C.

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran seperti bayam, seledri, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, kangkung, selada dan ubi jalar sehat bagi tubuh. Anda dapat mengontrol berat badan dan juga dapat menambah darah dalam tubuh. Sayuran berdaun hijau juga menjaga sistem pencernaan aktif.

Kacang Almond
Kacang ini kaya akan zat besi dan dapat menambah darah dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Konsumsi satu ons almond sehari-hari berarti mengkonsumsi 6% dari kebutuhan zat besi harian.

Buah
Orang dengan anemia disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran daun hijau. Hal ini tidak hanya bergizi, tetapi juga merupakan makanan penambah darah yang dapat meningkatkan jumlah produksi darah dalam tubuh. Terdapat pada buah aprikot, semangka, apel, anggur, kismis, plum dan ara kering. Sertakan makan makanan penambah darah ini dalam makanan sehari-hari Anda.

Makanan Kaya Zat Besi
Merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi tidak hanya membuat tulang kuat tetapi juga memasok oksigen dalam sistem tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Zat besi terdapat pada daging merah segar, asparagus, kurma, almond, tiram, kentang, Ara dan kismis.

Selain jenis makanan penambah darah diatas yang mengandung zat besi yang tinggi, kita juga dituntut untuk menjaga pola istirahat dan menghindari stres.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.