Senin, 12 Januari 2015

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Orang-orang dari segala usia bisa memperoleh keuntungan dari melakukan beberapa jenis olahraga. Sangat penting bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah bagian dari kehidupan bagi anak-anak, orang dewasa dan orang tua.

Tidak perlu melakukan olahraga keras dan Anda dapat menemukan cara untuk menyesuaikan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Ini bisa yang sederhana seperti berjalan kaki ke toko, bukan menggunakan mobil atau motor. Jika Anda belum pernah melakukannya atau belum untuk sementara waktu, tidak perlu mengambil banyak usaha untuk memulai. Oleh karna itu, melakukan beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali. Bahkan melakukan olah raga sedikit lebih banyak dari biasanya dapat membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu dalam jangka panjang.

Mengapa Saya Harus Tetap Aktif?

Manfaat olahraga bagi kesehatan, seperti olahraga jalan kaki, olahraga renang, olahraga bersepeda, olahraga sepak bola, olahraga lari atau gerakan senam aerobik dapat membantu mencegah sejumlah kondisi jangka panjang. Olahraga aerobik adalah segala sesuatu yang melibatkan otot-otot tubuh Anda bergerak berulang kali, seperti berlari, berenang atau senam. Apakah Anda baru memulai atau selalu aktif berolahraga?, pastikan Anda mengambil langkah-langkah untuk menghindari cedera dan mampu melakukan yang terbaik untuk Anda. Nutrisi dan hidrasi memainkan peran kunci dalam hal ini. Sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang benar untuk menyediakan bahan bakar tubuh yang Anda butuhkan untuk berolahraga, serta minum cukup air untuk mencegah dehidrasi.

Beberapa manfaat olahraga bagi tubuh dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung
  • Manfaat olahraga yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Banyak orang meninggal karena stroke dan penyakit jantung koroner setiap tahun. Orang yang tidak aktif memiliki risiko lebih tinggi kematian akibat penyakit jantung.
  • Manfaat olah raga teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda akan lebih mudah untuk mengalami stroke atau gagal jantung. Jika Anda berada di risiko tinggi terkena tekanan darah tinggi, dengan berolahraga, mungkin ini tidak berkembang dengan cepat.
  • Manfaat olahraga, Anda dapat membantu meningkatkan keseimbangan kolesterol Anda. Ada dua jenis kolesterol - low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL sering disebut kolesterol jahat. Kolesterol HDL sering disebut kolesterol baik. Tingginya kadar LDL dan rendahnya kadar HDL meningkatkan risiko penyakit jantung. Tetapi, kabar baiknya adalah olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol HDL.

Manfaat Olahraga Bagi Tulang Dan Sendi
  • Sekitar satu dari tiga orang mengalami nyeri punggung bawah setiap tahun, tetapi orang-orang yang aktif berolahraga cenderung tidak mengalaminya. Jika Anda mengalami sakit punggung bagian bawah, olahraga dapat membantu mengurangi itu.
  • Aktivitas fisik yang sedang, termasuk berjalan, berenang dan bersepeda, dapat membantu untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoarthritis. Ini adalah bentuk umum dari arthritis.
  • Aktivitas fisik pada orang muda dan anak-anak dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan membantu untuk mempertahankan tulang yang kuat. Hal ini juga memperlambat degenerasi tulang di kemudian hari. Manfaat olahraga teratur dapat membantu mencegah osteoporosis yaitu ketika tulang Anda menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap patah tulang. Tapi jika Anda sudah memiliki osteoporosis, lebih baik memilih olahraga seperti berjalan atau olahraga senam aerobik.
Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Kanker
  • Anda cenderung lebih rentan terkena kanker tertentu jika Anda tidak aktif secara fisik. Risiko kanker payudara dan kanker usus adalah sekitar 25 persen lebih rendah jika Anda aktif dibandingkan dengan orang yang tidak aktif. Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, prostat dan endometrium (lapisan rahim).
  • Ada studi yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi kelelahan selama dan setelah pengobatan untuk kanker payudara atau kanker prostat.

Manfaat Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Diabetes
  • Sangat banyak orang mengidap penyakit diabetes, tetapi rutin melakukan olahraga dapat membantu mencegah kondisi tersebut. Manfaat olahraga juga dapat mengurangi faktor-faktor lain yang menempatkan Anda pada risiko diabetes, seperti obesitas.
  • Manfaat olahraga baik untuk Anda jika Anda sudah memiliki diabetes. Olahraga secara teratur dapat membantu mengontrol sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin dan menurunkan tekanan darah Anda.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan
  • Tujuan olahraga membantu mencegah dan mengobati beberapa kondisi kesehatan mental. Diperkirakan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko depresi dan demensia. Hal ini juga dapat membantu untuk mengobati depresi jika Anda sudah memiliki kondisi tersebut.
  • Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.
  • Anda cenderung merasa lebih bahagia, memiliki citra diri dan kesejahteraan yang lebih baik jika Anda aktif secara fisik.

Manfaat Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan
  • Melakukan olahraga teratur dapat membantu Anda untuk mengendalikan berat badan Anda dan membuat tubuh Anda lebih ideal. Aktivitas fisik membakar kalori dan membantu untuk menciptakan keseimbangan energi yang sehat. Olahraga sangat penting untuk semua orang untuk menjaga berat badan yang sehat.
  • Anda cenderung menjadi gemuk jika Anda tidak aktif. Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Tetapi jika tidak membantu menurunkan berat badan, berolahraga masih bermanfaat bagi kesehatan Anda. Anda dapat merasakan bahwa dengan menggabungkan olahraga dan diet sehat akan lebih efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Manfaat Olahraga Bagi Anak-Anak

Aktivitas fisik di masa kecil memiliki sejumlah manfaat. Ini merangsang perkembangan otot, tulang dan sendi, serta jantung dan paru-paru. Olahraga juga membantu anak-anak mempertahankan berat badan yang sehat dan memberikan mereka kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan yang menempatkan tekanan pada tulang anak-anak, termasuk melompat dan berjalan, dapat membantu melindungi terhadap osteoporosis di kemudian hari dan menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat olahraga dapat meningkatkan seberapa baik anak-anak berkonsentrasi di sekolah. Namun, bukti ini masih terbatas dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan bagaimana aktivitas fisik mempengaruhi konsentrasi anak di sekolah.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.