Selasa, 20 Januari 2015

Penyebab Gejala Penyakit Wasir Dan Cara Mengobati Wasir Luar Dalam

Apa itu wasir? Wasir adalah pembesaran pembuluh darah dan membengkak di dalam atau di sekitar rektum dan anus, juga disebut sebagai ambeien. Kotoran padat (feses atau tinja) disimpan dalam rektum sebelum keluar dari tubuh melalui anus.

Wasir dapat menyebabkan:
  • Pendarahan saat buang air besar
  • Perasaan gatal di sekitar anus
  • Sakit
Pembuluh darah yang normal dari anus (bagian terakhir dari usus) dan bersama dengan jaringan lain di area ini membantu untuk menjaga anus tertutup. Namun, pembuluh darah dapat menjadi bengkak, sering sebagai akibat dari susah buang air besar.

Jenis Wasir

Wasir dapat bervariasi dalam ukuran dan dapat terjadi secara internal ( wasir dalam ) atau eksternal ( wasir luar ). Wasir dalam terjadi 2-4cm di atas pembukaan anus. Wasir luar (hematoma perianal) kurang umum dan terjadi di tepi luar dari anus.

Wasir dalam (internal)

Wasir internal diklasifikasikan menggunakan sistem penilaian dari satu sampai empat.
  • Wasir stadium 1 adalah pembengkakan kecil yang sering di dalam lapisan anus Anda. Ia tidak bisa dilihat dan sangat umum. Dalam beberapa kasus, ia akan membesar menjadi wasir stadium 2.
  • Wasir stadium 2  berukuran lebih besar namun masih dalam anus Anda. Kadang-kadang ia terdorong keluar ketika Anda buang air besar, tetapi akan kembali masuk ke dalam.
  • Wasir stadium 3 muncul di luar anus Anda. Anda mungkin bisa merasakan satu atau lebih benjolan kecil. Ia juga disebut sebagai wasir prolaps. Anda biasanya mungkin dapat mendorong ia kembali ke dalam menggunakan jari Anda.
  • Wasir stadium 4 dapat menjadi sangat besar dan tetap berada di luar anus Anda secara permanen. Mereka tidak dapat didorong kembali ke dalam dan perlu dirawat oleh dokter

Wasir luar (eksternal)

Wasir eksternal, juga dikenal sebagai hematoma perianal, adalah benjolan kecil yang berkembang di tepi luar dari anus. Ia dapat menjadi semakin gatal. Jika bentuk gumpalan darah di dalamnya (ambeien eksternal), dapat menyebabkan rasa sakit, membutuhkan perawatan segera. Ini jenis ambeien yang kurang umum.

Gejala Wasir

Hemoroid (wasir) biasanya tidak parah dan dalam banyak kasus, gejala wasir akan hilang dengan sendiri dalam beberapa hari. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari mereka mengalami wasir karena mereka tidak mengalami gejala apapun.

Gejala wasir meliputi:
  • Gatal di sekitar anus (pembukaan pada akhir dari sistem pencernaan dimana kotoran keluar dari tubuh)
  • Ketidaknyamanan di sekitar anus Anda, seperti terasa sakit atau tampak merah
  • Ketegangan berlebihan ketika buang air besar
  • Pendarahan setelah Anda buang air besar
  • Keluarnya lendir setelah buang air besar
  • Terasa sakit saat buang air besar 
Anda juga bisa merasakan benjolan keras di sekitar anus Anda. Benjolan ini terdiri dari gumpalan darah terbentuk di area kecil (dikenal sebagai ambeien eksternal) dan bisa sangat menyakitkan. Hubungi dokter atau ke klinik wasir jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan sebagai akibat wasir. Juga yang terbaik segera menghubungi dokter jika terdapat darah atau lendir dalam kotoran Anda, karena hal ini dapat menjadi tanda kondisi kesehatan yang lain.

Penyebab Gejala Penyakit Wasir Dan Cara Mengobati Wasir Luar Dalam


Penyebab Wasir

Hemoroid (wasir) terjadi karena peningkatan tekanan dalam pembuluh darah di anus Anda (area penyimpanan yang menahan tinja) dan anus (pembukaan pada akhir dari sistem pencernaan dimana kotoran keluar dari tubuh). Hal ini sering karena ketegangan ketika mencoba untuk buang air besar. Pembuluh darah di dalam dan sekitar anus menjadi meradang (merah dan bengkak). Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami wasir meliputi:
  • Kelebihan berat badan
  • Sedang sembelit (tidak dapat mengosongkan perut Anda) secara teratur, sering karena kurangnya serat dalam diet Anda
  • Diare berkepanjangan
  • Sering mengangkat benda berat
  • Kehamilan, di mana Anda mengalami peningkatan tekanan perut pada pembuluh darah panggul, menyebabkan pembuluh darah Anda membesar (wasir sering menghilang setelah melahirkan)
  • Usia lebih dari 50 tahun (penuaan dapat membuat struktur pendukung dalam jaringan tubuh Anda lemah, membuat wasir lebih rentan terjadi)
  • Memiliki riwayat keluarga penyakit wasir, misalnya Anda mungkin telah diwarisi sesuatu dari orang tua Anda yang membuat penyakit wasir lebih rentan terjadi pada Anda, seperti memiliki pembuluh darah yang lemah.

Cara Mengobati Wasir

Hemoroid (wasir) biasanya terjadi dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Namun, ada sejumlah perawatan yang akan mengurangi gatal dan ketidaknyamanan yang dapat menyebabkan wasir. Perubahan gaya hidup yang biasanya merupakan langkah pertama pengobatan wasir tanpa operasi.

Perubahan pola makan

Jika wasir Anda adalah hasil dari sembelit (tidak mampu untuk mengosongkan perut Anda), cobalah untuk membuat kotoran Anda tidak keras, dengan membuat perubahan makanan Anda:
  • Menambah jumlah serat dalam makanan Anda. Makan 25-30g serat larut setiap hari seperti roti gandum dan sereal, atau buah-buahan mentah dan sayuran.
  • Minum banyak air. Minum enam sampai delapan gelas air setiap hari dan hindari konsumsi terlalu banyak kafein (yang ditemukan dalam teh, kopi dan coca-cola).

Obat Wasir Dan Cara Mengatasi Wasir

Obat-obatan seperti obat wasir alami atau obat tradisional wasir buatan sendiri mungkin dapat digunakan untuk mengobati wasir. Anda juga dapat menggunakan obat wasir herbal yang di jual di apotik. Kombinasikan obat wasir dengan makanan sehat dan perawatan diri di atas agar penyembuhan wasir lebih cepat. Hanya sedikit bukti yang menunjukkan bahwa dengan satu cara pengobatan lebih ampuh mengobati wasir daripada dengan kombinasi pengobatan atau perawatan diri. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang obat apa yang cocok untuk Anda, dan selalu membaca petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan obat tersebut sebelum menggunakannya. Jangan menggunakan lebih dari satu produk obat pada saat yang sama, karena mungkin mengandung bahan-bahan yang sama. Dokter atau apoteker dapat memberitahu Anda tentang produk yang dapat dengan aman digunakan.

Operasi wasir seringkali digunakan untuk mengobati wasir dalam (internal) yang sangat besar atau stadium tiga atau empat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.