Saturday, February 14, 2015

Acanthosis Nigricans Menimbulkan Gejala Gatal dan Bau Tubuh

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan daerah gelap, beludru warna dalam tubuh lipatan. Kulit yang terkena bisa menjadi menebal dan mungkin bau. Paling sering, acanthosis nigricans mempengaruhi ketiak Anda, pangkal paha dan leher.

Perubahan kulit ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas atau menderita diabetes. Anak-anak yang mengembangkan kondisi berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Lebih jarang, nigricans acanthosis dapat menjadi tanda peringatan dari tumor kanker di organ internal, seperti perut atau hati.

Acanthosis nigricans adalah yang paling umum di penduduk asli Amerika, orang kulit hitam dan Hispanik. Tidak ada pengobatan khusus untuk acanthosis nigricans. Pengobatan kondisi yang mendasarinya dapat mengembalikan beberapa warna normal dan tekstur untuk daerah yang terkena kulit.

Perubahan kulit adalah satu-satunya tanda acanthosis nigricans. Anda akan melihat gelap, menebal, kulit beludru di lipatan tubuh dan lipatan - biasanya dalam ketiak Anda, pangkal paha dan leher. Perubahan kulit tampak perlahan-lahan, kadang-kadang selama beberapa bulan atau tahun. Kulit yang terkena juga mungkin bau atau gatal.

Ketika ke dokter
Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda melihat perubahan di kulit Anda - terutama jika perubahan muncul tiba-tiba. Anda mungkin memiliki kondisi yang mendasarinya yang memerlukan perawatan. 

Acanthosis nigricans telah dikaitkan dengan:

     Resistensi insulin. Kebanyakan orang yang memiliki nigricans acanthosis juga telah menjadi resisten terhadap insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas yang memungkinkan tubuh Anda untuk memproses gula. Resistensi insulin inilah yang akhirnya menyebabkan diabetes tipe 2.
     Obesitas. Kebanyakan orang yang mengembangkan nigricans acanthosis kelebihan berat badan atau obesitas, yang merupakan faktor risiko yang kuat untuk mengembangkan resistensi insulin.
     Gangguan hormonal. Acanthosis nigricans sering terjadi pada orang yang memiliki gangguan seperti kista ovarium, tiroid kurang aktif atau masalah dengan kelenjar adrenal.
     Obat-obatan tertentu. Obat-obatan seperti kontrasepsi oral dan kortikosteroid, seperti prednison, acanthosis nigricans dapat menyebabkan - seperti dosis tinggi kaleng niacin.
     Kanker. Acanthosis nigricans juga kadang-kadang terjadi ketika tumor kanker mulai tumbuh di organ internal, seperti perut, usus atau hati.

Acanthosis nigricans faktor risiko antara lain:

     Obesitas. Makin berat Anda, semakin tinggi risiko acanthosis nigricans.
     Race. Acanthosis nigricans adalah yang paling umum pada Indian Amerika, Hispanik dan kulit hitam.
     Genetics. Beberapa jenis nigricans acanthosis tampak turun-temurun.

Orang yang memiliki nigricans acanthosis jauh lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Mereka juga harus benar-benar diperiksa untuk jenis kanker yang telah dikaitkan dengan gangguan tersebut.

Acanthosis nigricans biasanya terdeteksi saat pemeriksaan kulit. Jarang, sampel kulit kecil dihapus (dibiopsi) untuk pemeriksaan di laboratorium. Jika penyebab acanthosis nigricans tidak jelas, dokter anda dapat merekomendasikan tes darah, sinar-X atau tes lain untuk mencari kemungkinan penyebab.

Dalam banyak situasi, mengobati masalah mendasar dapat membantu memudar perubahan warna. Contoh mungkin termasuk:

     Menurunkan berat badan. Jika nigricans acanthosis Anda disebabkan oleh obesitas, kehilangan berat badan dapat membantu.
     Minum obat. Gejala dapat dihilangkan dengan pengobatan untuk masalah mendasar dengan ovarium Anda, kelenjar adrenal atau tiroid.
     Bedah. Jika acanthosis nigricans dipicu oleh tumor kanker, pengangkatan tumor sering membersihkan sampai perubahan warna kulit.

Jika Anda khawatir tentang penampilan kulit Anda atau jika lesi menjadi tidak nyaman atau mulai bau, dokter mungkin akan menyarankan:

     Krim resep untuk meringankan daerah bencana
     Sabun antibakteri atau antibiotik topikal untuk mengurangi bau
     Obat jerawat Oral
     Terapi laser untuk mengurangi ketebalan kulit    (migre.me/hgAgZ)
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.