Rabu, 04 Februari 2015

Penggunaan Hormon Pertumbuhan Dan Resikonya

Hormon pertumbuhan manusia adalah zat yang mengontrol pertumbuhan tubuh Anda. hormon pertumbuhan dibuat oleh kelenjar hipofisis, yang terletak di dasar otak. Hormon pertumbuhan membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi (juga disebut pertumbuhan linear), meningkatkan massa otot, dan menurunkan lemak tubuh.

Pada anak-anak dan orang dewasa, hormon pertumbuhan juga membantu mengontrol metabolisme, proses tubuh dimana sel-sel mengubah makanan menjadi energi dan membuat zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh.

Jika anak-anak atau orang dewasa memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon pertumbuhan, mereka mungkin memiliki masalah kesehatan. Kekurangan hormon pertumbuhan (hormon pertumbuhan terlalu sedikit) dan beberapa masalah kesehatan lainnya dapat diobati dengan sintetis hormon pertumbuhan (diproduksi). Terkadang hormon pertumbuhan digunakan secara ilegal untuk tujuan non-medis.


Bagaimana terapi hormon pertumbuhan digunakan?

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui pengobatan hormon pertumbuhan untuk kondisi tertentu. hormon pertumbuhan hanya tersedia dengan resep dokter dan disuntikkan. Sintetis hormon pertumbuhan tampaknya aman dan efektif bila digunakan untuk kondisi yang disetujui FDA.

Penggunaan Hormon Pertumbuhan Dan Resikonya

Pada anak-anak, hormon pertumbuhan digunakan untuk mengobati:
  • Kekurangan hormon pertumbuhan 
  • Kondisi yang menyebabkan perawakan pendek (lebih pendek daripada anak-anak dari usia yang sama), seperti penyakit ginjal kronis, sindrom Turner, dan lain-lain

Pada orang dewasa, hormon pertumbuhan digunakan untuk mengobati:
  • Kekurangan hormon pertumbuhan
  • Pengecilan otot (hilangnya jaringan otot) karena HIV
  • Sindrom usus pendek

Selain menggunakan untuk ini, dokter di luar Amerika Serikat kadang-kadang meresepkan hormon pertumbuhan untuk masalah kesehatan lainnya. (Ketika dokter meresepkan obat untuk kondisi selain yang secara resmi disetujui, proses ini disebut "off-label" digunakan).

Jika Anda khawatir tentang kekurangan hormon pertumbuhan pada Anda atau anggota keluarga, berbicaralah dengan dokter.


Apakah penggunaan hormon pertumbuhan sesuai untuk orang dewasa yang sehat?

Studi tentang orang dewasa yang sehat menggunakan hormon pertumbuhan telah menghasilkan hasil yang bertentangan. Beberapa studi jangka pendek menunjukkan bahwa orang dewasa meningkatkan daya tahan dan kekuatan mereka, dengan peningkatan otot dan penurunan massa lemak. Namun penelitian lain tidak menunjukkan manfaat yang sama. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat dan risiko dari hormon pertumbuhan digunakan pada orang dewasa yang sehat.

Selain penggunaannya dalam studi penelitian, resep atau menggunakan hormon pertumbuhan off-label adalah ilegal di Amerika Serikat. Orang dewasa dapat mencapai peningkatan kesehatan, komposisi tubuh, kekuatan, dan daya tahan dengan mengikuti pola makan yang sehat dan sering berolahraga.


Bagaimana hormon pertumbuhan disalahgunakan?

Orang kadang-kadang menggunakan hormon pertumbuhan secara ilegal untuk menghentikan atau membalikkan efek penuaan atau untuk meningkatkan kinerja atletik. Beberapa atlet percaya penggunaan hormon pertumbuhan saja tidak akan mencapai hasil yang diinginkan, sehingga mereka menggunakan itu bersama dengan anabolic steroid (jaringan banggunan) dalam upaya untuk membangun otot, meningkatkan kekuatan, dan menurunkan lemak tubuh.

Beberapa atlet juga menggunakan insulin untuk meningkatkan efek otot hormon pertumbuhan, yang merupakan praktek berbahaya karena menurunkan gula darah.


Apa resiko penyalahgunaan hormon pertumbuhan?

Orang bisa mengalami efek samping yang berbahaya ketika penyalahgunaan hormon pertumbuhan. Efek samping dari penggunaan jangka pendek meliputi nyeri sendi dan otot, cairan menumpuk, dan pembengkakan pada sendi. Jika pemakaian hormon pertumbuhan disuntikkan dengan jarum yang sama, orang mungkin dapat terkena HIV, AIDS, atau hepatitis. Penggunaan dosis tinggi hormon pertumbuhan selama waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit jantung.

Hormon pertumbuhan yang dijual secara ilegal mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak diketahui dan berpotensi berbahaya. Misalnya, jika orang menggunakan hormon pertumbuhan yang berasal dari jaringan manusia, mereka berisiko mengalami penyakit otak yang fatal yang mirip dengan penyakit sapi gila.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.